Tips Mengatur Jangkauan Indihome Dengan Mudah

Sebarkan artikel ini

Indihome adalah salah satu ISP atau internet support provider yang sangat terkenal dan banyak digunakan untuk internet rumahan dan kantor. Hal ini cukup beralasan karena jangkauan Indihome yang luas hingga ke pelosok. Namun, meskipun demikian, Indihome terus melakukan pembangunan dan perluasan jangkauan untuk memperkuat koneksi mereka.

Telah diketahui bersama bahwa Indihome kini menggunakan fiber optik sebagai sambungan internet –yang sebelumnya menggunakan tembaga. Penggunaan fiber optik ini merupakan suatu perubahan yang sangat signifikan, dimana akan membuat sinyal internet Indihome cenderung lebih bagus dengan kecepatan internet yang lebih stabil.

Faktor jangkauan Indihome yang luas inilah yang menjadikan masyarakat cenderung memiliki Indihome sebagai penyedia jaringan Wi-Fi mereka di rumah. Dengan jangkauan luas dan menyeluruh, tentu pengalaman berselancar di dunia maya akan terasa lebih asyik dan menyenangkan.

Membatasi Jangkauan Indihome Untuk Keperluan Pribadi

Pembatasan jangkauan Indihome bisa dilakukan untuk keperluan pribadi. Pembatasan ini bukan merupakan upaya mengurangi kualitas dari internet yang disediakan oleh Indihome, melainkan untuk membatasi range penggunaan jaringan internet. Biasanya, pembatasan jangkauan ini dilakukan agar Wi-Fi tidak digunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Berbincang tentang pembatasan pada jangkauan jaringan Indihome, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan saat pembatasan jangkauan ini. Beberapa keuntungan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membatasi Pengguna Jaringan Wi-Fi

    Sebagaimana disinggung di awal bahwa pembatasan jaringan Wi-Fi Indihome ini bertujuan untuk membatasi pengguna dari jaringan Wi-Fi. Misalnya, saat seseorang memasang Wi-Fi Indihome di rumahnya, ia bisa melakukan setting untuk jarak jangkauan internet. Dengan demikian, tetangga yang ada di sekitar rumahnya tidak bisa mengakses internet.

  • Meningkatkan Kecepatan Wi-Fi

    Pembatasan jangkauan Indihome yang dilakukan akan membuat pengguna yang memanfaatkan jaringan Wi-Fi tersebut menjadi lebih sedikit. Ini adalah salah satu keuntungan di mana kecepatan Wi-Fi yang dimiliki akan cenderung lebih meningkat daripada dipakai oleh banyak pengguna sekaligus.

  • Menghindari Trouble

    Perlu diketahui bahwa Indihome menyediakan paket dengan beragam detail yang berbeda. Ada beberapa paket yang memang mensyaratkan saran jumlah device maksimal untuk penggunaannya. Saran ini bertujuan untuk memastikan bahwa Wi-Fi bisa bekerja optimal dan bebas dari masalah.

    Sebagai contoh, Wi-Fi dengan kecepatan 10 Mbps bisa digunakan dengan lancar oleh maksimal 10 device secara bersamaan. Jika lebih dari 10 device, maka jaringan akan melemah dan bisa saja terkendala. Oleh karena itu, pembatasan jangkauan Indihome ini bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk memastikan jaringan Wi-Fi tetap baik.

Beberapa tujuan di atas tentu bisa menjadi alasan kenapa pembatasan jangkauan Wi-Fi Indihome terkadang perlu untuk dilakukan. Dengan pembatasan tadi, Anda selaku pelanggan Indihome bisa menikmati koneksi Wi-Fi yang stabil, kencang dan bebas dari masalah.

Cara Membatasi Jangkauan Indihome Dengan Mudah

Pembatasan pada jangkauan jaringan Indihome untuk keperluan pribadi ini bisa dilakukan dengan mudah. Secara umum, cara yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan setting ulang pada modem yang digunakan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mengurangi jangkauan Wi-Fi Indihome tersebut pada modem fiber-home. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk hal ini adalah:

  1. Pertama, buka browser menggunakan device seperti laptop atau smartphone. Ketik alamat IP 192.168.11 guna membuka halaman konfigurasi pada modem fiber-home yang Anda gunakan tersebut.
  2. Jika sudah, maka Anda akan menemukan menu isian untuk dilengkapi. Dalam hal ini, isi username dan juga password dengan kata admin. Nah, selanjutnya, tekan login.
  3. Tunggu beberapa saat hingga Anda dihubungkan dengan tab menu yang baru. Jika sudah, maka pilih menu network yang ada di bagian layar Anda
  4. Setelah itu, ada beberapa pilihan dari menu network yang sudah terbuka. Pilih Wi-Fi control untuk masuk dalam pengaturan Wi-Fi yang Anda inginkan.
  5. Saat berada di menu Wi-Fi control, Anda bisa mengubah persentase dari kekuatan sinyal Wi-Fi untuk melakukan pembatasan. Setting default pada modem adalah 100%. Dalam hal ini, Anda bisa mengubahnya sesuai dengan persentase yang Anda inginkan. Misalnya, Anda mengubah kekuatan sinyal menjadi hanya 40%. Dengan demikian, jangkauan Wi-Fi akan berkurang hingga 60% dari kekuatan sebelumnya
  6. Jika sudah, tekan tombol apply untuk memastikan setting baru tersebut selesai

Dengan detail di atas, tentu, cara untuk membatasi jangkauan Indihome bisa dikatakan sangat mudah. Modem akan melakukan penyesuaian beberapa saat setelah setting ulang sehingga mungkin jaringan akan turun sebelum akhirya stabil lagi.

Cara ini tentu bisa diandalkan untuk membatasi penggunaan Wi-Fi yang tidak Anda inginkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan koneksi Wi-Fi dengan privasi yang lebih baik.

Lalu, bagaimana dengan modem lain yang juga digunakan oleh Indihome? Nah, Indihome memang menggunakan beberapa modem yang berbeda untuk layanan Wi-Fi mereka, salah satunya adalah modem ZTE F609.

Nah, untuk modem ZTE F609, cara yang bisa dilakukan guna melakukan pembatasan jangkauan dari Wi-Fi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Buka browser dengan menggunakan device seperti laptop atau smartphone. Masuk ke dalam modem Indihome yang digunakan dengan mengetikkan alamat IP. Setelah itu, login dengan mengisi username dan juga password standar.
  2. Jika sudah berhasil login, maka Anda akan menemukan beberapa pilihan informasi dengan jumlah yang cukup banyak. Diantara pilihan tersebut, klik network.
  3. Setelah itu, Anda akan menemukan lagi beberapa pilihan poin dalam menu network yang bisa dipilih. Dalam hal ini, klik pada bagian basic. Selanjutnya, Anda akan dihubungkan dengan menu lain di dalam modem tersebut.
  4. Setelah memilih menu basic, pilih fitur transmitting power yang ada di bagian layar Anda. Fitur inilah yang digunakan untuk mengubah atau melakukan setting ulang terkait jangkauan dari Wi-Fi Indihome tersebut.
  5. Nah, di dalam menu ini, Anda bebas melakukan setting berapa persentase sinyal Wi-Fi yang diinginkan. Secara default, Indihome menggunakan persentase maksimal atau 100% untuk kekuatan sinyal mereka. Dalam hal ini, Anda bisa mengubahnya sesuai keinginan seperti 40%, 60% atau yang lainnya.
  6. Jika sudah, maka klik submit untuk approval dalam melakukan perubahan jangkauan sinyal tadi. Lalu, restart modem. Dengan demikian, modem akan melakukan penyesuaian terkait jangkauan jaringan sebelum nantinya bisa digunakan kembali secara normal
  7. Selesai.

Pembatasan yang dilakukan pada jangkauan Indihome kini kerap menjadi solusi, terlebih untuk mengatasi orang-orang yang kurang bertanggungjawab untuk menggunakan Wi-Fi secara gratis. Terutama, mereka yang suka memanfaatkan Wi-Fi gratis untuk hal-hal yang relatif buruk.

Nah, perlu diketahui bahwa semakin kecil transmitting power, maka semakin kecil pula kekuatan Wi-Fi yang dikeluarkan. Namun, pembatasan jangkauan Indihome ini tidak berdampak negatif baik pada modem ataupun pada kualitas jaringan tersebut. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir akan terjadi kerusakan apapun saat melakukan pembatasan jaringan ini. Semoga bermanfaat.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! 

Tim SBF