Tips Mendapatkan Untung Besar dari Toko Kelontong Modern

Sebarkan artikel ini

Toko kelontong merupakan salah satu bentuk usaha rumahan dengan skala kecil yang banyak dijajal oleh sebagian orang. Tak jarang banyak orang yang menjadikan toko kelontong sebagai usaha sampingan yang dinilai cukup menguntungkan.

Terlebih untuk para ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktu di rumah, menjalankan bisnis ini akan mengisi waktu luang namun tetap menghasilkan keuntungan, didukung lagi dengan modal yang dikeluarkan tergolong kecil.

Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menambah omset dari kelontong yang Anda miliki adalah dengan membangun toko kelontong modern. Toko ini bisa Anda dirikan dengan menggunakan aplikasi bisnis menguntungkan.

Lalu apa saja tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan untung yang besar dari toko kelontong modern yang Anda miliki? Sebelum mengetahui tips dan trik nya, alangkah baiknya Anda mengetahui hal apa saja yang kiranya menjadi daya tarik dari toko kelontong.

Daya Tarik Toko Kelontong

  1. Lokasi strategis, bisa dekat jalan ataupun di lingkungan perumahan
  2. Barang dijual grosir dan eceran
  3. Pelayanan ramah dan baik
  4. Tempat yang nyaman bisa digunakan untuk ngobrol ataupun basa basi dengan konsumen
  5. Meskipun tidak melayani hutang, namun sesekali beri diskon atau promo kepada konsumen.

Setelah melihat poin-poin yang cukup menunjang untuk menciptakan daya tarik konsumen terhadap toko Anda, selanjutnya poin-poin tersebut dikembangkan lagi menjadi sebuah tips agar toko Anda bisa meraih keuntungan yang lebih.

Tips Meraup Keuntungan di Toko Kelontong Modern

1. Update Stock

Salah satu cara yang dinilai cukup menjanjikan keuntungan adalah dengan cara mengupdate stok dengan varian yang terbaru. Agar omset toko Anda bisa berkembang pesat, carilah produk-produk yang sekiranya sedang menjadi trend dikalangan masyarakat. Namun poin yang juga jangan sampai dilewatkan adalah Anda benar-benar menjual barang yang banyak dibutuhkan.

2. Lokasi Strategis

Langkah selanjutnya adalah Anda harus bisa mempertimbangkan pemilihan lokasi sebelum memutuskan untuk membuka toko. Pastika lokasi yang Anda pilih benar-benar strategis dan ramai oleh lalu lalang masyarakat.

Apabila rumah Anda sudah cukup strategis untuk membuka sebuah toko, maka itu sudah menjadi bonus. Anda bisa memanfaatkan garasi atau ruangan yang berada di depan untuk tempat And berjualan.

Namun pastikan Anda benar-benar memisahkan toko dengan ruangan lain. Karena sudah bisa dipastikan meskipun sudah ditata rapi, namun toko kelontong sering identic dengan barang-barang yang berantakan.

3. Percantik Toko

Meskipun barang yang Anda jual adalah sembako yang merupakan kebutuhan pokok sehari-hari, namun hal ini bukan berarti Anda bisa menyusunnya dengan sembarangan. Warung yang kotor dan terlalu berantakan tentu  memungkinkan minat pembeli untuk datang bisa menciut.

Susunlah produk-produk yang Anda jual dengan rapi sesuai dengan jenisnya masing-masing. Hal ini juga akan membantu Anda supaya tidak kebingungan ketika akan mengambil sebuah barang.

Rutin membersihkan rak tempat memajang produk karena biasanya akan sangat rawan debu. Jangan lupa juga untuk menyortir barang dan melihat tanggal kadaluarsanya. Jangan sampai Anda memberikan barang yang sudah lewat tanggal kadaluarsa kepada pembeli.

4. Pilih Supplier Murah

Dengan mendapatkan supplier grosiran yang murah, tentu Anda bisa menjual barang dengan harga yang bersaing. Supplier dengan harga grosir bisa Anda temukan di pasar, atau jika tidak mau repot Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis menguntungan untuk mencari supplier toko Anda.

Ketika Anda berhasil mendapatkan harga yang lebih murah, maka sesekali Anda bisa mengadakan promo ataupun diskon produk-produk tertentu. yang pastinya akan semakin menarik minat konsumen berbelanja di toko Anda.

5. Pelayanan yang Baik

Poin yang tidak boleh dilewatkan agar bisnis Anda tetap berjalan dengan baik adalah memberikan pelayanan yang baik kepada pembeli. Apabila segala cara diatas sudah dilakukan dengan baik namun pelayanan terhadap konsumen Anda buruk, maka semua akan sia-sia.

Pelayanan yang ramah tentunya akan membuat pembeli merasa nyaman dan tak segan untuk kembali berbelanja di toko Anda. 

6. Gunakan Layanan Online

Teknologi yang kian hari kian canggih ini harus bisa dimanfaatkan untuk meraup keuntungan, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk berjualan atau bahkan berjualan secara online dengan aplikasi bisnis menguntungkan agar bisa mempermudah konsumen dalam berbelanja.

Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa melakukan pelayanan pesan antar kepada konsumen atau jika keduanya tidak ingin ribet bisa menggunakan jasa kurir. Hal ini tentunya menjadi poin tambahan karena dengan berbelanja di toko Anda menjadi lebih praktis tanpa harus mengunjungi toko secara langsung.

7. Sediakan Barang Menarik

Meskipun toko kelontong identic dengan kebutuhan pokok, namun tidak ada salahnya pula untuk menambahkan beberapa barang yang menarik. Contohnya koran atau majalah karena barang tersebut masih sering dicari oleh konsumen.

Bukan hanya majalah dan koran saja yang bisa Anda sediakan, Anda juga bisa menyulap toko kelontong modern yang Anda miliki dengan menjual berbagai macam barang yang sekiranya menjadi kebutuhan sekunder para konsumen.

Diantaranya Anda bisa mencoba menambahkan beberapa barang lain seperti alat tulis kantor (ATK), alat untuk bersih-bersih rumah seperti sapu, kain pel dan sebagainya. Anda juga bisa menambahkan mainan anak, atau jika memungkinkan bisa ditambah dengan menyediakan fresh food.

8. Promosi

Meskipun jenis usaha nya adalah toko kelontong, namun Anda jangan sampai meninggalkan poin yang satu ini yakni promosi. Apabila letak toko Anda ada di daerah perumahan, maka strategi yang cukup jitu adalah dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut.

Anda bisa memberi tahu tiap konsumen yang datang, jika Anda memiliki usaha toko kelontong yang menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok yang mereka butuhkan.

Atau bisa dengan memanfaatkan aplikasi bisnis menguntungkan, maka promosi bisa Anda lakukan melalui gadget. Dengan media social promosi akan lebih cepat tersampaikan dan jangkauan yang dicakup pun akan semakin luas.

8. Pembukuan

Kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh pemilik toko kelontong adalah menyepelekan pembukuan. Meskipun didirikan hanya untuk menambah pendapatan dan mengisi waktu luang, namun ketika pembukuan diabaikan hal tersebut cukup berakibat fatal.

Pasalnya, perputaran antara modal dan juga penjualan barang tidak bisa dilihat dan dicek. Padahal dengan pembukuan, jumlah barang, jumlah modal, jumlah penjualan, jumlah pembiayaan, jumlah keuntungan akan terlihat jelas dan lebih mudah. Pengelolaan toko juga akan lebih riil.

Anda juga bisa mencatat pengeluaran yang berhubungan dengan pembelian aset seperti mengganti rak baru, membeli mesin kasir dan lain sebagainya. Dengan demikian, toko kelontong modern yang Anda anggap sebagai sambilan ini tidak boleh dijadikan sebagai alasan bahwa toko dilakukan hanya asal jalan saja.

Namun, harus tetap memperhatikan pembukuan yang jelas agar Anda juga bisa melihat perkembangan yang terjadi di toko dari waktu ke waktu.

Demikianlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan dari toko kelontong modern yang Anda miliki. Dengan memanfaatkan aplikasi bisnis menguntungkan, akan menjadikan toko kelontong modern Anda meraup lebih banyak keuntungan dan mendapatkan kenaikan omset setiap bulannya.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINIImage

banner Tips Mendapatkan Untung Besar dari Toko Kelontong Modern

Tim SBF