Tips Memilih Aplikasi Warung

Sebarkan artikel ini

Saat ini, hal terpenting dalam bisnis bukan hanya manajemen yang baik. Namun, tampilan toko yang menarik dengan sistem yang modern menjadi perhatian tersendiri bagi para pebisnis. Bahkan, bisnis dalam skala yang kecil seperti warung sekalipun. Orang-orang cenderung senang berbelanja di tempat yang nyaman dan mudah. Untuk itu, sangat penting bagi pemilik warung untuk mulai menggunakan aplikasi gratis untuk warung.

Mengapa aplikasi gratis? Sebab, aplikasi yang tidak berbayar tentu saja ramah di kantong. Selain itu, usaha dengan skala kecil hingga menengah tidak membutuhkan sistem aplikasi yang kompleks karena penjualannya pun belum terlalu besar.

Kebutuhan aplikasi POS tidak hanya membuat warung Anda menjadi lebih modern. Namun, juga bisa memudahkan Anda dalam mempercepat proses serta melakukan peningkatan akurasi penjualan. Namun, hal ini hanya bisa diperoleh jika Anda memilih aplikasi warung yang tepat. Bagaimana cara menentukannya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Melakukan Riset

Hal pertama yang mesti Anda lakukan untuk memilih aplikasi gratis untuk warung adalah melakukan riset dahulu. Yang mana riset dalam hal ini merupakan mencari tahu informasi mengenai pengembang software tersebut.

Jika ada seseorang yang berusaha menawarkan aplikasi penjualan, sebaiknya cari tahu perusahaan mana yang mengembangkan aplikasi itu. Anda perlu mengetahui informasi terkait sejak kapan perusahaan berdiri, berapa jumlah klien yang pernah menggunakan aplikasi, serta hal yang yang berkaitan dengan kualitas dari perusahaan tersebut.

Dengan begitu, Anda akan mengetahui kredibilitas dari aplikasi. Sehingga, Anda bisa menentukan apakah aplikasi tersebut bisa digunakan untuk warung atau tidak. Berapa banyak klien juga akan menjadi acuan untuk tahu pengalaman dari perusahaan dalam menangani klien mereka.

2. Memilih Fitur Sesuai Kebutuhan Warung

Berbagai aplikasi gratis untuk warung sudah memiliki fitur yang bermacam-macam. Fitur tersebut akan membantu Anda melakukan proses transaksi nantinya. Cobalah cari tahu mengenai fitur aplikasi yang akan Anda gunakan.

Setelah tahu apa saja fitur yang ada dalam aplikasi tersebut, Anda pun bisa menentukan apakah software itu cocok untuk kebutuhan warung. Pastikan Anda tidak hanya memilih aplikasi yang memiliki banyak fitur tetapi pada kenyataannya tidak sesuai dengan kebutuhan. Alih-alih membantu, aplikasi tersebut justru akan menghambat proses transaksi nantinya.

3. Aplikasi yang Mudah Digunakan

Aplikasi POS Anda memiliki fitur yang sempurna dan kompleks? Bukan jaminan bisa memudahkan proses transaksi! Aplikasi gratis untuk warung tidak akan ada gunanya jika sulit dioperasikan baik oleh diri Anda ataupun karyawan.

Sebab, pada dasarnya, tujuan digunakannya aplikasi kasir adalah untuk membuat transaksi lebih mudah dan cepat. Sehingga, sangat disarankan bagi Anda untuk mencari aplikasi penjualan yang lebih mudah dipakai. Pun, pakailah aplikasi yang mempunyai tampilan dan desain yang user-friendly.

Maka dari itu, Anda pun bisa mudah memahami penggunaan aplikasi hanya dalam hitungan menit.

4. Pilih Aplikasi dengan Penyedia Jasa yang Mudah Dihubungi

Sebagaimana aplikasi lainnya, sebuah perangkat lunak sudah pasti akan mengalami kerusakan suatu waktu. Mulai dari aplikasi yang tidak bisa berjalan secara mendadak, terdapat fitur yang tidak dapat diakses, hingga keluhan lain yang membutuhkan penanganan.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda memilih penyedia aplikasi yang mudah dihubungi. Perhatikan juga kecepatan penyedia aplikasi dalam merespon pelanggan. Apabila respon yang dilakukan secara cepat, maka aplikasi yang Anda pilih sudah sangat tepat.

5. Memilih Aplikasi yang Fleksibel

Fleksibel dalam hal ini dimaksudkan kemudahan mengakses data yang diinginkan kapan saja dan dimana saja. Hal ini penting untuk pemilik bisnis dikarenakan dalam mengambil keputusan yang penting di dalam bisnis, Anda perlu pertimbangand ari data yang telah masuk ke dalam aplikasi. Pastikan aplikasi tersebut berbasis cloud sehingga bisa diambil datanya kapan saja.

Inilah pentingnya aplikasi warung gratis yang terhubung dengan server cloud dna internet. Selain itu, alasan keamanan data akan terjamin karena adanya security level server cloud yang canggih.

6. Mencari Review dari Pebisnis Lain

Aplikasi yang baik tentu saja digunakan oleh banyak orang (memiliki track record dan testimoni yang baik). Salah satu cara bagi Anda untuk menentukan aplikasi warung gratis yang terbaik adalah dengan mencari review dari pebisnis lain.

Review dari orang lain akan meyakinkan diri serta dapat memberi informasi lebih detail mengenai aplikasi. Review pengguna lain mungkin tidak akan Anda dapatkan dari tempat lain.

Memilih aplikasi kasir yang paling tepat adalah dengan pertimbangan lima hal, yakni: penggunaan yang mudah, fleksibel, data yang aman, daya tahan perangkat, dan kualitas customer service-nya. Akan tetapi, meyakinkan diri untuk memilih aplikasi tersebut adalah dengan memberikan pertanyaan berupa: apakah sistem aplikasi sudah sesuai dengan kebutuhan bisnis? Adakah biaya yang akan dibebankan?

7. Perhatikan Keamanannya

Salah satu jenis bisnis yang berpotensi memakai aplikasi kasir yakni warung retail. Untuk itu, Anda perlu memastikan aspek keamanannya bagus. Sebab, kerap kali terjadi pencurian nominal dalam bisnis ini. Maka dari itu, sangat penting untuk memastikan keamanannya dengan adanya fitur jalur audit (audit trails).

Dengan fitur tersebut, Anda bisa lebih mudah untuk melacak masalah. Selain itu, apabila usaha bisnis Anda berupa jasa pengiriman barang, maka cari aplikasi yang mendukung tarif pajak untuk mengingatkan diri mengenai pajak berbagai negara.

8. Mengaplikasikannya Secara Langsung

Tersebab aplikasi yang akan Anda pilih adalah yang tidak berbayar alias gratis, silahkan mencoba metode trial and error. Pilih aplikasi yang sekiranya sudah memenuhi kebutuhan warung Anda. Jika sudah, langsung saja Anda implementasikan sistem tersebut.

Nah, aplikasi kasir semacam ini (yang berbayar sekalipun) biasanya memiliki masa uji coba seperti 15 hari gratis. Untuk itu, langsung saja menerapkannya selama itu juga, Jika memang cocok, lanjutkan! Jika tidak, Anda bisa memilih aplikasi lain yang menurut perkiraan memang bagus.

Pentingnya Menggunakan Aplikasi Warung Gratis

Aplikasi penjualan atau POS (Point of Sale) merupakan perangkat lunak yang digunakan dalam proses transaksi jual beli langsung. Jika sebelumnya, transaksi di kasir diproses manual serta rentan mengalami kesalahan dan berlangsung lama.

Dengan munculnya berbagai aplikasi warung gratis (aplikasi kasir), maka seluruh transaksi bisa mengalami proses yang instan dan mudah. Bahkan, aplikasi ini bisa dioperasikan di smartphone dan tablet. Sehingga, tidak perlu lagi adanya mesin kasir dan komputer.

Penggunaan aplikasi warung gratis juga tidak hanya bisa digunakan untuk bisnis retail saja. Melainkan juga bisa digunakan di apotek, restoran, kedai kopi, salon, restoran, kedai, dan sebagainya. Sebab, saat ini semua bisnis butuh aplikasi yang bisa mencatat penjualan secara otomatis.

Aplikasi warung bukan dimaksudkan untuk hanya melakukan modernisasi saja. Namun, lebih penting lagi, yakni untuk efektivitas dan efisiensi bisnis. Meskipun, pada dasarnya, modernisasi dibutuhkan untuk menarik pelanggan. Hanya dengan investasi aplikasi penjualan, Anda pun akan mendapatkan berbagai keuntungan baik dari segi tenaga, waktu, dan finansial.

Demikian pembahasan mengenai tips memilih aplikasi warung. Nah, meskipun yang diulas pada poin-poin di atas adalah aplikasi warung gratis, tetapi saat ini banyak yang sudah memiliki kualitas bagus.

Dari tips di atas, yang paling penting adalah menggunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan warung Anda. Silakan lakukan step by step-nya sehingga Anda akan mendapatkan pengelolaan bisnis yang cepat dan lebih optimal!


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINIImage

banner Tips Memilih Aplikasi Warung

Tim SBF