Tips Membuka Toko Modern yang Baik Agar Selalu Laris

Sebarkan artikel ini

Seiring dengan perkembangan zaman maka berbagai sisi kehidupan masyarakat juga mengalami perubahan. Salah satunya adalah bentuk toko yang berubah dari toko konvensional menjadi toko modern. Toko modern merupakan jenis toko yang pelayanannya dilakukan secara mandiri. Berbeda dengan toko konvensional yang masih serta-merta pemilik toko melakukan berbagai aktivitas di toko, dari mencari, mengambil dan memilah barang.

Contoh toko modern yang banyak di Indonesia seperti supermarket, minimarket, hypermarket, department store, dan lain sebagainya. Bahkan saat ini masyarakat cenderung lebih senang berbelanja di toko modern daripada harus berbelanja di toko konvensional. Untuk itulah banyak sekali orang yang ingin mendirikan toko modern. Berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membuka sebuah toko modern.

  1. Analisis Biaya Pengeluaran
    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menganalisis biaya pengeluaran. Pastikan bahwa kemungkinan biaya pengeluaran harus diperhitungkan dengan cermat. Biaya pengeluaran yang dimaksud seperti biaya untuk membuat meja, rak, kalkulator, timbangan, dan lain sebagainya. Dengan mempertimbangkan biaya pengeluaran maka Anda bisa memperkirakan biaya atau modal awal yang dibutuhkan.
  2. Tentukan Lokasi yang Strategis
    Selain menganalisis biaya pengeluaran, Anda juga harus menentukan lokasi strategis untuk toko modern yang hendak didirikan. Lokasi strategis yang hendak dipilih tidak harus di lokasi kota yang ada banyak orang, akan tetapi lokasi di strategis yang dimaksud bisa berada di lingkungan sekitar rumah Anda. Justru toko modern yang dibangun di sekitar rumah akan memudahkan Anda untuk mengurusnya.
  3. Tentukan Modal dan Barang yang Hendak Dibeli
    Hal penting yang harus Anda perhatikan adalah menentukan barang yang hendak dibeli. Setelah menentukan barang apa yang hendak dibeli maka akan bisa menentukan pula perkiraan modal yang dibutuhkan. Saat berbelanja barang untuk toko modern sebaiknya membeli langsung dari supplier besar agar Anda bisa menjualnya lagi dengan harga terjangkau namun tetap mendapatkan untung.
  4. Menentukan Nama Toko
    Nama toko juga bisa menjadi faktor penentu laris atau tidaknya toko modern yang Anda buat. Pastikan bahwa Anda mempertimbangkan dengan benar nama toko apa yang sesuai dan bisa membawa hoki. Sebaiknya pilih nama toko yang mudah diingat oleh masyarakat agar lebih mudah dikenal melalui namanya.
  5. Strategi Penjualan yang Tepat
    Strategi yang digunakan dalam penjualan sangat menentukan berhasil tidaknya Anda dalam membuka toko modern. Salah satu cara yang paling ampuh dalam penjualan adalah dengan menjual barang dengan harga yang lebih murah daripada toko lain.
    Walaupun hanya berselisih sedikit, para pembeli akan mengatakan bahwa barang di toko Anda lebih murah. Tentu saja hal ini akan menjadi salah satu teknik penjualan yang ampuh untuk dilakukan dan akan banyak orang yang membeli di toko Anda.
  6. Tawarkan Paket Sembako Hemat
    Untuk Anda yang memutuskan untuk menjual bahan sembako maka bisa menawarkan sembako hemat untuk para pembeli. Paket sembako hemat tersebut dapat berupa minyak kelapa, beras, gandum, gula, teh, mie instan, kopi, teh, dan sebagainya. Dengan begitu maka warung sembako Anda akan memiliki banyak pelanggan.
    Paket sembako hemat tersebut dapat dijadikan bulanan, sehingga harga yang ditawarkan juga bisa lebih hemat daripada membeli eceran seperti biasanya.
  7. Lakukan Pelayanan dengan Baik
    Pasalnya pelayanan yang baik merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat hendak membuka toko modern. Dengan melakukan pelayanan yang baik maka para pembeli akan merasa senang saat berkunjung ke toko. Pelayanan yang baik tersebut dapat berupa keramahan terhadap pembeli dan memberikan pembeli keleluasaan dalam memilih barang yang dibutuhkan.
  8. Atur Barang Dagangan dengan Rapi
    Sebagai seorang pemilik toko modern sebaiknya Anda mengatur barang dagangan yang dijual dengan rapi. Tujuannya agar para pembeli lebih mudah dalam mencari barang yang dibutuhkan. Selain itu, barang dagangan yang diatur dengan rapi juga akan membuatnya cepat laku, karena terlihat lebih terawat.
    Selain rapi pastikan juga agar barang-barang yang dijual tersebut dapat diambil dengan mudah oleh para pembeli. Barang yang susah diambil akan membuat pembeli enggan untuk membelinya karena sulit dijangkau. Akan lebih baik jika Anda meletakkan beberapa barang yang menarik di depan toko modern, agar para calon pembeli bisa melihatnya dan memancing untuk membeli di toko Anda.

Demikianlah ulasan tentang hal-hal yang harus diperhatikan saat hendak membuka sebuah toko modern. Semoga bermanfaat untuk Anda yang akan membuka toko modern dan dapat dijadikan sebagai referensi serta pertimbangan. Melakukan riset dengan matang terlebih dahulu sangat dianjurkan sebelum memulai sebuah usaha, karena semua hal akan lebih terencana dengan baik.

Mengingat toko modern saat ini lebih diminati oleh masyarakat dari pada toko konvensional pastinya peluang ini akan sangat menguntungkan. Terlebih lagi jika Anda bisa menerapkan beberapa hal di atas dengan tepat, maka keuntungan yang diperoleh begitu menjanjikan.

Nah jika Anda ingin membuka toko modern, Toko Modern Fastpay bisa menjadi solusi Anda untuk memulainya. Di Toko Modern Fastpay Anda bisa mendapatkan 8 layanan bisnis sekaligus, grosir sembako tanpa stok, penjualan barang, pembayaran tagihan online, pengiriman pandai, laku pandai bank. Dengan modal terbatas Anda bisa memiliki toko modern lengkap.

Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Tips Membuka Toko Modern yang Baik Agar Selalu Laris

Tim SBF