Tips dan Cara Mengatasi Kelebihan Berat Bagasi di Pesawat

Sebarkan artikel ini

Salah satu hal yang wajib diperhatikan saat hendak traveling ke luar kota menggunakan pesawat adalah bagasi. Ya, terkadang, hal yang satu ini seringkali dilupakan dan seringkali pula membuat seseorang mendapatkan kerugian. Pasalnya, bagasi pesawat dibatasi. Artinya, barang-barang yang harus dibawa harus dipikirkan dengan matang.

Kelebihan bagasi menjadi masalah yang kerap kali terjadi karena detail bagasi pesawat yang cenderung diabaikan. Jika hal ini terjadi, tentu ada fee yang harus dibayarkan untuk membayar kelebihan bagasi tersebut. Apakah Anda tidak merasa rugi dengan hal ini? Nah, oleh karenanya, mengetahui cara mengatasi kelebihan berat bagasi di pesawat menjadi hal yang cukup penting.

Dengan pemahaman terkait cara untuk mengatasi kelebihan bagasi pesawat, tentu Anda akan bisa lebih bijak membawa barang-barang Anda dan terhindar dari tambahan fee. Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi masalah ini? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ragam Cara Mengatasi Kelebihan Berat Bagasi di Pesawat

Ada beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelebihan berat bagasi di pesawat yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Beberapa cara yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:

1. Memilih Tas atau Koper

Cara pertama untuk mengatasi kelebihan berat bagasi di pesawat adalah dengan memilih tas atau kopor. Ini adalah hal penting yang harus menjadi perhatian Anda. Keduanya, baik tas ataupun kopor memang sama-sama dibutuhkan. Namun, Anda harus bijak untuk memilih mana yang tepat untuk membawa barang yang Anda butuhkan selama perjalanan.

Jika barang-barang yang Anda bawa tidak terlalu banyak, tas tentu menjadi ide yang paling tepat untuk digunakan. Pasalnya, selain lebih fleksibel, tas juga cukup aman untuk membawa aneka barang.

Namun, jika Anda hendak membawa barang yang cukup banyak, maka gunakan kopor. Nah, untuk cara mengatasi kelebihan berat bagasi di pesawat Anda harus lihai dalam memilih koper. Perlu diketahui bahwa berat bagasi tidak hanya dihitung dari isian kopor, tetapi juga berat koper itu sendiri. Pilihlah koper yang tidak terlalu tebal namun kuat untuk menghindari berat yang berlebihan.

2. Membawa Tas Kecil

Pilihan cara mengatasi kelebihan berat bagasi di pesawat yang cukup efektif adalah membawa tas kecil. Dalam hal ini, Anda bisa membawa tas jinjing ataupun ransel sebagai tambahan dari kopor yang Anda bawa. Perlu diketahui bahwa ada peraturan di mana Anda bisa membawa tas dengan berat maksimal 7 kilogram ke dalam kabin.

Tentu, ini adalah hal yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengatasi kelebihan berat bagasi di pesawat. Dalam hal ini, bawalah tas khusus untuk membawa beberapa barang terutama barang berharga. Dengan demikian, bobot barang yang ada di bagasi pesawat bisa dikurangi.

3. Mengenakan Pakaian Berkantong Banyak

Mengenakan pakaian atau jaket yang memiliki kantong banyak adalah trik dan cara mengatasi kelebihan berat bagasi di pesawat yang unik dan bisa Anda coba. Ya, keuntungan dari mengenakan jaket berkantong banyak adalah adanya kantong-kantong yang bisa dimanfaatkan.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan kantong tersebut sebagai tempat untuk menyimpan beberapa barang yang berukuran kecil.

Ya, dengan menyimpan di kantong jaket atau pakaian tersebut, berat barang yang ada di bagasi pun bisa dikurangi. Meskipun barang kecil, namun jika dikumpulkan tentu akan berpengaruh pada berat bagasi secara keseluruhan.

4. Membawa Barang yang Penting Saja

Tentu, cara mengatasi kelebihan berat bagasi di pesawat yang paling efektif adalah dengan mengurangi barang yang dibawa. Dengan hanya membawa barang-barang yang penting saja, maka Anda akan terhindar dari masalah kelebihan berat barang di bagasi pesawat.

Memang, penting atau tidaknya suatu barang yang akan dibawa sangat subjektif atau tergantung dari diri Anda sendiri. Oleh karena itu, pikirkan dengan masak apa saja yang akan Anda bawa saat bepergian tersebut. Jangan sampai Anda justru membawa barang-barang yang sekiranya tidak terlalu Anda butuhkan.

5. Bergabung dengan Program Frequent Flyer

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kelebihan berat bagasi di pesawat adalah dengan bergabung pada program frequent flyer. Ini adalah program yang sangat menarik dan memberikan cukup banyak manfaat untuk Anda. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari program ini adalah adanya tambahan berat pada bagasi yang bisa dimaksimalkan.

Selain itu, melakukan check in lebih awal juga bisa menjadi trik. Umumnya, petugas akan cenderung lebih permisif kepada penumpang yang melakukan check in lebih awal. Artinya, seringkali ada semacam pemakluman jika ada sedikit overweight pada bagasi yang dibawa.

Nah, beberapa poin di atas bisa menjadi tips dan cara mengatasi kelebihan berat bagasi di pesawat yang bisa Anda lakukan. Terapkan tips di atas dan dapatkan pengalaman terbang yang menyenangkan tanpa khawatir adanya kelebihan berat bagasi. Semoga bermanfaat.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Tips dan Cara Mengatasi Kelebihan Berat Bagasi di Pesawat

Tim SBF