Tips Belanja Online Paling Hemat Untuk Keuangan yang Sehat

Sebarkan artikel ini

Belanja sudah menjadi gaya hidup bagi semua orang untuk memenuhi kebutuhan. Terlebih dengan adanya pasar online yang terus berkembang semakin memberikan kemudahan bagi seseorang untuk berbelanja. Saking mudahnya untuk mendapatkan sesuatu, cukup sering seseorang merasa khilaf dalam berbelanja dan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Efeknya, tentu pengeluaran menjadi membengkak dan bisa jadi menyesalinya karena pengeluaran yang berlebih.

Oleh karena itu, Anda harus bisa berusaha meredam keinginan berbelanja tersebut agar pengeluaran Anda tetap stabil dan tidak membuat kantong makin tipis. Nah, dalam kesempatan ini akan dibahas mengenai beberapa tips belanja online paling hemat yang bisa Anda terapkan setiap hari. Tentu, tips ini akan membantu Anda memiliki keuangan yang lebih sehat.

Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini yuk

  1. Periksa Kebutuhan

Hal paling pertama yang harus Anda lakukan saat hendak berbelanja online adalah memeriksa kebutuhan. Ya, tips belanja online paling hemat yang pertama ini mutlak untuk Anda lakukan. Sebagaimana diketahui, cukup banyak kalangan yang khilaf berbelanja tanpa melihat prioritas karena tergiur kemudahan.

Memang, banyaknya iklan di media sosial atau platform lain membuat Anda merasa tertarik dengan apa yang dijual. Akan tetapi, Anda harus memiliki prioritas kebutuhan untuk dipenuhi. Jika hal ini tidak dilakukan, tentu akan lebih sulit bagi Anda untuk mengatur pengeluaran dalam belanja online.

Ada cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat prioritas. Jika Anda cenderung susah untuk mengingat prioritas, menulis daftar kebutuhan Anda bisa menjadi solusi yang tepat. Adanya tulisan mengenai prioritas, tentu bisa menjadi pengingat agar Anda tidak khilaf saat belanja online.

  1. Membuat Rekening Khusus Belanja Online

Membuat rekening yang secara khusus digunakan untuk belanja online adalah cara yang efektif guna mengontrol pengeluaran Anda. Ini adalah salah satu tips belanja online paling hemat yang bisa Anda lakukan.

Dengan adanya rekening khusus yang dibuat, tentu Anda bisa mengontrol pengeluaran Anda. Selain itu, rekening khusus tersebut juga bisa membuat keuangan pribadi menjadi lebih aman dan stabil. Nah, dalam hal ini, Anda bisa menyisihkan sebagian pendapatan per bulan dan mengirimkannya ke rekening tersebut untuk kebutuhan belanja online.

Jika dilihat sekilas, memang tips belanja online paling hemat ini cukup ribet karena Anda harus pergi ke bank dan mengurus beberapa hal. Namun, jika dilihat dari manfaatnya, tips ini tergolong cukup baik dan sangat membantu untuk menghemat pengeluaran.

  1. Temukan Penjual Online Termurah

Faktor penjual juga perlu diperhatikan untuk menghemat pengeluaran belanja online. Dalam hal ini, salah satu tips belanja online paling hemat yang bisa Anda lakukan adalah berusaha menemukan penjual online termurah. Tidak dipungkiri bahwa kini banyak sekali penjual online yang menjajakan dagangannya.

Nah, dengan banyaknya pedagang online, tentu Anda akan memiliki banyak pilihan. Bandingkan penjual satu dengan lainnya untuk mendapatkan barang yang sama dengan harga yang lebih murah. Selain itu, Anda juga bisa mencari penjual yang menyediakan diskon untuk barang yang mereka display.

  1. Mengajak Teman Berbelanja

Tips lain yang bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran saat berbelanja online adalah mengajak teman berbelanja. Ide ini mungkin terdengar aneh namun cukup efektif untuk menekan pengeluaran saat berbelanja online. Perlu diketahui bahwa ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan dari tips belanja online paling hemat ini.

Keuntungan pertama yang akan Anda peroleh adalah bisa menghemat ongkos kirim. Jika Anda berbelanja bareng dengan teman, maka ongkos kirim menjadi tanggungan bersama. Selain itu, Anda bisa mendapatkan harga grosir saat berbelanja karena mengambil barang dengan jumlah yang lebih banyak. Sangat menarik, bukan?

  1. Memanfaatkan Promo

Beberapa platform belanja online sering memberikan promo yang bisa digunakan. Nah, memanfaatkan promo bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk menghemat pengeluaran Anda saat belanja online. Ada cukup banyak jenis promo yang ditawarkan, seperti cashback, diskon, gratis biaya pengiriman dan lainnya.

Bahkan, kini, platform belanja online juga memberikan kesempatan flash sale atau belanja kilat. Harga barang saat flash sale bisa berkurang hingga 70% lebih. Nah, untuk Anda yang ingin menghemat belanjaan, memanfaatkan flash sale bisa menjadi solusi. Hanya saja, flash sale biasanya hanya berlangsung sebentar dan menawarkan stok yang cukup terbatas.

  1. Bijak Memilih Kurir

Sebagai tambahan, salah satu cara yang cukup tepat untuk menghemat belanja online adalah bijak memilih kurir. Terkadang, seseorang merasa berat saat harus membayar ongkos kirim yang mahal.

Solusi untuk masalah ini adalah pilih kurir yang menawarkan biaya hemat meskipun waktu sampai selisih satu hingga dua hari. Selain itu, Anda bisa menggunakan alamat teman untuk pengiriman jika alamat sendiri mengharuskan Anda membayar kurir dengan biaya lebih mahal.

Nah, demikian beberapa tips belanja online paling hemat yang bisa Anda lakukan. Dengan beberapa tips di atas, tentu, Anda bisa mengatur keuangan pribadi dengan lebih baik. Tidak hanya itu, Anda juga terhindar dari sifat boros dan khilaf yang disebabkan oleh kemudahan yang ditawarkan oleh ide belanja online tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menjadi agen belanja online untuk para sahabat, tetangga maupun kerabat. Caranya? Pilih Toko Modern Fastpay. Jutaan produk bisa Anda beli melalui HP dan Anda juga bisa menjualnya untuk rang lain untuk mendapat untung tambahan. Menarik bukan? Yuk pakai Fastpay sekarang juga! Klik di sini

Tim SBF