Terkuak! Inilah 6 Tips Cerdas Memilih Jasa Pengiriman Barang

Sebarkan artikel ini

Jasa pengiriman barang atau jasa ekspedisi saat ini semakin berkembang pesat seiring peningkatan e-commerce atau pasar online di Indonesia. Peningkatan jumlah toko online dipengaruhi oleh budaya masyarakat Indonesia yang secara signifikan beralih untuk berbelanja secara online. Dengan demikian, semakin banyak orang berbelanja secara online, semakin banyak transaksi jual-beli, maka semakin tinggi pula transaksi pengiriman barang atau paket menggunakan jasa ekspedisi.

Dengan kondisi tersebut, semakin banyak pula jasa ekspedisi baru yang bermunculan dengan layanan terbaiknya untuk menarik minat masyarakat. Beberapa diantaranya bahkan menjadi penakluk pasar dengan beragam promo maupun fasilitas lain, sehingga semakin banyak pengguna jasa ekspedisi tersebut. Dari berbagai jasa ekspedisi yang sudah ada terkadang membuat kita bingung untuk memilih yang terbaik dari yang baik bukan? Nah, oleh karena itu kita perlu tahu cara memilih jasa ekspedisi dengan bijak dan paling tepat, sehingga kita dapat menikmati layanan terbaik dan memuaskan pada setiap pengiriman yang kita lakukan. Bagaimana cara memilih jasa ekspedisi paling mantap? Yuk, simak tips berikut:

  1. Pilih Jasa Pengiriman dengan Jangkauan Pengiriman Luas

Beberapa jasa ekspedisi yang populer di kalangan masyarakat telah memiliki rute dan fasilitas pengiriman yang lebih beragam dan lengkap. Dengan demikian, semakin lengkap dan baik layanan juga mempengaruhi kualitas jasa ekspedisi. Dengan rute yang lengkap pula, kita tak perlu risau jika ingin mengirim paket ke daerah terpencil sekalipun. Layanan ini bisa kita lihat dari website jasa ekspedisi, karena saat ini kita bisa cek rute maupun cek harga secara online.

  1. Standar Ongkos Kirim yang Jelas

Jasa ekspedisi yang terpercaya dan unggul biasanya memberikan informasi detail biaya pengiriman langsung dari website. Hal ini tentu menjadi nilai plus dari pelanggan karena sangat membantu untuk menghitung total pembelian dan ongkos kirim untuk pelanggan. Ketentuan tarif jasa pengiriman paket bergantung dari jarak daerah tujuan pengiriman dan bobot barang yang akan dikirimkan. Sekarang perusahaan jasa pengiriman paket banyak yang telah memiliki situs perusahaan sendiri dan kita bisa mengecek atau menghitung tarif jasa pengiriman paket dengan mengakses website perusahaan jasa pengiriman tersebut.

  1. Cari Tahu Kecepatan Pengiriman

Kecepatan pengiriman menjadi tanggung jawab dari e-commerce sebagai wujud pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Salah satunya dengan berusaha mengirimkan paket tepat waktu sesuai tanggal yang telah ditentukan. Maka dari itu, e-commerce harus benar-benar mencari tahu tentang jasa ekspedisi yang cepat dan tepat. Biasanya jasa pengiriman paket yang terpercaya dan berpengalaman telah memiliki standar pengiriman yang baik yang membuat kemungkinan keterlambatan dalam proses pengiriman barang bisa dikurangi, bahkan tersedia juga update informasi keberadaan paket dalam proses pengiriman. Semakin tepat waktu, semakin puas para pelanggan, semakin baik popularitas jasa ekspedisi tersebut.

  1. Adanya Paket Pengiriman yang Beragam

Bagi pelanggan yang ingin barang pesanannya cepat sampai, mereka rela membayar ongkos lebih mahal untuk pengiriman ekspres. Namun, beberapa pelanggan lebih memilih jasa reguler atau biasa dengan biaya pengiriman yang lebih terjangkau. Untuk mengakomodir semua keinginan pelanggan, e-commerce harus bisa memilih jasa ekspedisi yang memiliki beragam pilihan paket pengiriman sesuai kebutuhan. Dengan beragam pilihan yang disediakan, makan semakin mudah pula kita menentukan pilihan pengiriman dengan menyesuaikan uang kita atau urgensi dari barang tersebut.

  1. Adanya Jaminan Keamanan Barang yang Dikirimkan

Produk yang ditawarkan bisnis online tidak hanya barang-barang biasa seperti baju, sepatu, tas, atau produk fashion saja. Bisnis online juga ada yang melengkapi koleksi produknya dengan menjual produk yang membutuhkan perhatian dan penanganan khusus seperti makanan, gadget, atau perhiasan ketika dalam proses pengiriman. Hal ini mengharuskan bisnis online memilih dan menggunakan jasa ekspedisi yang memberikan jaminan asuransi atas adanya kerusakan atau kehilangan terhadap barang yang dikirimkan. Dengan adanya asuransi atau jaminan keamanan, kita tidak akan terlalu khawatir jika barang berharga yang kita beli salah kirim, rusak, atau hilang, karena jasa ekspedisi akan bertanggungjawab terhadap barang kiriman tersebut.

  1. Fasilitas Melakukan Tracking

Seiring perkembangan teknologi, pengiriman barang juga semakin mudah dan efektif, salah satunya melalui fasilitas track and trace atau pelacakan. Adanya fasilitas sistem tracking yang disediakan oleh perusahaan jasa ekspedisi sangat memudahkan pelanggan yang ingin mengetahui di mana posisi barang pesanannya berada. Kita hanya perlu memasukkan nomor resi pengiriman ke menu pelacakan yang tertera di website, kemudian kita bisa memantau keberadaan paket kita dengan detail informasi yang disediakan jasa ekspedisi.

Nah, itu tadi 6 tips cerdas memilih jasa ekspedisi untuk kelancaran pengiriman barang. Berbagai jasa ekspedisi pasti menawarkan layanan terbaik untuk memikat pelanggan dan meningkatkan transaksi. Semakin banyak transaksi maka semakin untung.

Namun di sisi lain, jika kita memiliki bisnis e-commerce dan terkadang repot membawa tumpukan pesanan ke jasa ekspedisi plus antrean di loket, maka kita juga merasa buang tenaga dan waktu. Pasti akan lebih mudah jika barang kita dijemput oleh kurir. Belum lagi setiap transaksi pengiriman kita tak perlu mengeluarkan banyak biaya, tapi berharap bisa mendapat keuntungan dari setiap transaksi. Pasti sangat menguntungkan bukan?

Tapi bagaimana caranya? Tenang, semua fasilitas dan kemudahan tersebut ditambah 6 nilai unggul seperti tips di atas kini telah tersedia hanya di Layanan Ekspedisi Fastpay. Dengan bergabung dengan Fastpay, kita dapat menyulap rumah atau toko kita menjadi jasa ekspedisi. Jadi siapapun yang akan kirim barang bisa datang ke loket kita, dan akan ada kurir yang menjemput seluruh paket tersebut. Layanannya pun beragam dengan komisi menggiurkan di setiap transaksi yang pasti akan menguntungkan sebagai penghasilan tambahan. Mantap kan?

So, jangan sampai ketinggalan. Ambil kesempatan emas ini dengan menjadi agen Ekspedisi Fastpay sekarang juga di sini!

 

Tim SBF