Takut Mabuk Laut? Begini Tips Naik Kapal Laut yang Wajib Anda Perhatikan

Sebarkan artikel ini

Mendengar pengalaman naik kapal laut dari orang lain terkadang membuat Anda ragu memilih moda transportasi laut satu ini untuk bepergian. Terlebih waktu tempuh yang dibutuhkan oleh perjalanan kapal laut biasanya lebih panjang jika dibandingkan dengan pesawat terbang. Untuk kenyamanan dan keamanan perjalanan dengan kapal laut, tips naik kapal laut ini wajib Anda perhatikan.

Persiapan sebelum berangkat:

Kesehatan

Kesehatan menjadi faktor utama yang akan memengaruhi kenyamanan dan keamanan Anda selama berada di atas kapal laut. Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan dengan kapal laut, sebaiknya pastikan Anda berada dalam kondisi yang fit. Jangan ragu untuk memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter atau puskesmas di dekat tempat tinggal Anda sebelum naik kapal laut.

Sesuaikan waktu/jadwal

Umumnya, perjalanan yang ditempuh menggunakan kapal laut akan menghabiskan cukup banyak waktu. Lama perjalanan dengan kapal laut sebetulnya tidak berbeda jauh dengan moda transportasi darat, seperti bus atau mobil pribadi. Ada baiknya jika Anda telah menyesuaikan waktu perjalanan agar bisa tiba di destinasi tujuan tepat waktu.

Obat-obatan

Tidak ada yang pernah tahu kapan Anda akan mengalami gangguan kesehatan selama naik kapal, mulai dari masuk angin hingga mabuk laut. Untuk itu, selalu sediakan obat-obatan di dalam tas Anda. Bawa juga jaket dan minyak angin, mengingat hembusan angin cukup kencang ketika Anda berada di tengah laut lepas atau bahkan samudera.

Untuk mencegah mabuk laut, Anda dapat memilih tempat duduk di bagian tengah. Anda juga bisa mencari kabin atau tempat duduk dekat dengan jendela agar dapat menghirup udara segar lebih mudah.

Keamanan

Bagi Anda yang baru pertama kali naik kapal laut, sebaiknya selalu menjaga barang-barang bawaan dengan baik. Hindari membawa barang berharga serta memakai perhiasan secara berlebihan. Pasalnya, hal tersebut justru akan mengundang kejahatan yang akan mengancam keselamatan Anda sendiri. Pastikan selalu meletakkan tas di bagian depan tubuh Anda. Saat duduk, letakkan di tempat yang dekat dengan Anda.

Menghadapi mabuk laut:

Obat anti mabuk

Selama berada di atas kapal laut, biasanya penumpang yang belum terbiasa akan merasakan sakit kepala yang luar biasa. Ditambah kondisi ombak yang tak menentu, membuat isi perut serasa dikocok-kocok selama perjalanan. Tak heran jika kemudan Anda merasa mual yang berlebihan. Kondisi inilah yang dinamakan dengan istilah mabuk laut. Untuk menghadapi mabuk laut, Anda dapat mengonsumsi obat anti mabuk yang biasa dijual di apotek.

Perut selalu terisi

Tips naik kapal laut yang selanjutnya adalah dengan memastikan perut Anda selalu terisi. Namun, jangan sampai berlebihan, ya! Biasanya, perut yang kosong atau terlalu penuh lebih mudah memicu rasa mual selama perjalanan. Hindari juga untuk mengonsumsi minuman seperti kopi, teh, dan soda yang bersifat deuretik sehingga membuat Anda ingin cepat buang air kecil yang memicu dehidrasi dan rasa mual.

Berbaring untuk menghilangkan mual

Pengalaman naik kapal laut yang sayang untuk dilewatkan adalah kesempatan untuk menyaksikan sunrise dan sunset secara langsung di laut lepas. Anda bisa mendapatkan pengalaman menyenangkan ini di dock kapal. Sayangnya, beberapa orang akan merasa pusing dan mual saat berdiri di area tersebut. Nah, untuk mengatasi rasa mual, cobalah untuk berjalan kembali ke tempat duduk dan berbaring sejenak.

Ingin mencoba bepergian dengan menggunakan moda transportasi laut? Anda dapat memesan tiket PELNI di Toko Modern Fastpay. Mudah, murah, dan pasti untung bersama Fastpay!

Tim SBF