Sudah Sering Dilakukan, Tapi Sudahkah Anda Paham Tarik Tunai Adalah?

Sebarkan artikel ini

Bagi Anda yang sudah membuka rekening di bank, maka fasilitas yang akan didapatkan salah satunya adalah ATM. Dengan adanya ATM, maka transaksi yang dilakukan pun bisa lebih praktis dan mudah. Nah, salah satu bentuk mudahnya transaksi menggunakan ATM adalah tarik tunai.

Biasanya, penarikan tunai untuk pemegang kartu ATM silver dibatasi senilai Rp 5 juta saja. Nah, lantas apa saja  yang perlu diperhatikan mengenai tarik tunai? Yuk, bahas bersama tentang tarik tunai di bawah ini!

Tarik Tunai Adalah…

ATM adalah fasilitas layanan yang diberikan pada nasabah agar bisa melakukan transaksi lebih mudah. Fasilitas tersebut meliputi transfer uang, cek saldo rekening, tarik tunai, hingga membayar tagihan.

Tarik tunai adalah transaksi yang dilakukan oleh nasabah dengan perantara mesin ATM guna mengambil uang yang terdapat dalam rekening tabungan. Untuk melakukan transaksi ini, maka nasabah perlu memasukkan pin rahasia terlebih dulu.

Berapa banyak uang yang bisa diambil oleh nasabah tergantung dari jenis kartunya. Ada yang memungkinkan seseorang mengambil uang senilai Rp 5 juta dalam sehari, ada juga yang mencapai Rp 15 juta bahkan lebih dari itu.

Tarik tunai adalah penarikan uang melalui mesin ATM yang tidak dikenakan biaya. Hal tersebut berlaku apabila Anda mengambil uang dari mesin ATM bank yang sama. Sedangkan melalui ATM bank berbeda, maka akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 6.500,- setiap kali melakukan transaksi.

Sebagai contoh, apabila Anda merupakan nasabah BRI dan mengambil uang di ATM BRI, maka biayanya gratis. Sedangkan jika Anda nasabah BRI dan mengambil uang di ATM Mandiri, maka biaya admin akan dikenakan dalam transaksi tersebut senilai Rp 6.500,-.

Bagaimana Cara Melakukan Tarik Tunai?

Tarik tunai adalah salah satu layanan dari Bank untuk memudahkan Anda mengambil uang sesuai dengan keinginan. Kapan saja dan dimana saja, Anda bisa menarik uang tersebut. Lantas, bagi yang baru saja memiliki ATM tentu bingung bagaimana cara melakukan penarikan uang.

Tak perlu khawatir, kali ini, kami telah merangkumkan cara untuk melakukan tarik tunai melalui mesin ATM:

1. Pertama, Temukan Mesin ATM

Tentunya, dalam mencari mesin ATM, Anda harus menyesuaikan dengan bank mana Anda menabung. Nah, jika Anda menabung di BNI, cari lah ATM dengan logo bank BNI maupun ATM bersama. Untuk lebih memudahkan Anda, berikut adalah jaringan ATM bersama di Indonesia:

  • ATM Link meliputi Mandiri, BRI, BNI, Danamon, dan CIMB Niaga
  • ATM Prima yang meliputi BRI, BNI, BCA, CIMB Niaga, dan Mandiri
  • ATM Alto meliputi Maybank, Danamon, Permata Bank, Citibank, dan BTN.

2. Melakukan Tarik Tunai Menggunakan Kartu Debit

Jika mesin ATM sudah ditemukan, maka pastikan Anda bawa kartu debit atau kartu ATM. Tentukan juga pecahan nominal yang akan diambil apakah Rp 50 ribu ataulah Rp 100 ribu. Uniknya, di ATM BNI ada pecahan Rp 20 ribu yang dapat Anda pilih.

Jika sudah, maka masukkan kartu ATM ke mesin. Jangan sampai kartu tersebut terbalik. Kartu yang tepat penempatannya adalah yang mana nomor kartu ATM menghadap atas.

Selanjutnya, Anda pilih bahasa yang digunakan ada pilihan Indonesia dan English. Selanjutnya, masukkan PIN ATM, lalu pilih jumlah uang yang akan ditarik. Setelah itu, layar akan menampilkan nominal yang langsung dapat diambil.

Jika tidak ada nominal yang sesuai, pilih lah menu “transaksi lain” lalu “penarikan” dan “jumlah lain”. Selanjutnya, masukkan jumlah uang yang akan diambil.

Pilihlah cetak receipt apabila Anda menginginkan struk transaksi untuk dicetak. Setelah itu, uang pun akan keluar dari mesin dan silakan untuk segera mengambil uangnya. Untuk mengakhiri transaksi, tekan cancel pada keyboard mesin ATM, maka kartu akan keluar secara otomatis.

3. Melakukan Tarik Tunai Tanpa Menggunakan Kartu

Meskipun pada dasarnya tarik tunai adalah fasilitas yang mengharuskan nasabah untuk menggunakan kartu ATM. Namun, karena semakin majunya teknologi, maka tarik tunai bisa dilakukan tanpa menggunakan kartu.

Cara inipun sudah semakin dikembangkan oleh pihak bank sehingga kemudahan transaksi dapat meningkat. Sehingga, apabila kartu Anda ketinggalan, lupa tidak dibawa, dan hilang. Uang di dalam tabungan tetap bisa diambil melalui mesin ATM.

Caranya adalah mendapatkan kode tarik tunai terlebih dahulu dari bank yang bersangkutan. Caranya dengan membuka aplikasi (dicontohkan melalui bank BCA) BCA mobile, lalu pilih m-BCA dan masukkan kode akses. Kemudian, pilih menu Cardless dan menu tarik tunai. Kemudian, masukkan nominal yang akan ditarik melalui ATM. Pilih Ok untuk mengonfirmasi dan masukkan PIN m-BCA. Setelah itu, akan muncul kode transaksi yang aktif dalam waktu 1 jam.

Jika sudah, temukan mesin ATM BCA. Lalu, pilih menu “transaksi tanpa kartu”. Jika sudah, pilih mneu “BCA Mobile”. Selanjutnya, masukkan nomor HP yang sudah terdaftar pada BCA Mobile, lalu tekan “benar”. Selanjutnya, masukan kode tarik tunai, lalu tekan “benar”. Apabila transaksi sudah selesai, maka uang akan keluar dari mesin.

Tarik tunai adalah layanan bank demi nasabah lebih merasa mudah dan cepat dalam bertransaksi melalui bank tersebut. Sehingga, Anda bisa memanfaatkannya dengan baik. Untuk itu, bijak lah dan kenalilah bagaimana cara tarik tunai yang benar. Baik melalui mesin ATM bank terkait ataupun melalui ATM bank lainnya.


Demikian informasi mengenai pemahaman tarik tunai yang bisa Anda pelajari. Anda bisa juga lho, memiliki layanan tarik tunai anti ribet cukup dengan menggunakan aplikasi Fastpay! Aplikasi Fastpay bisa dijadikan sebagai bentuk usaha baru dengan keuntungan bonus komisi setiap transaksinya. Semoga bermanfaat!

Segera cek official Toko Modern Fastpay di :
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF