Segala Tentang Token PLN yang Perlu Diketahui

Sebarkan artikel ini

Dalam kehidupan sehari-hari, listrik merupakan kebutuhan primer yang harus terpenuhi, karena listrik merupakan sumber energi utama untuk berbagai perlengkapan rumah tangga atau lainnya. Berkaitan dengan hal tersebut, apalagi saat ini PLN juga mulai mengembangkan sistem listrik baru, salah satunya sistem listrik prabayar, yang mengharuskan pengguna untuk mengisi token lebih dulu sebelum memakainya.

Apa token listrik? Token listrik  memang belum lama diberlakukan oleh PLN, sehingga masih jarang masyarakat yang mengetahuinya. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui tentang token listrik PLN, maka simak penjelasan berikut ini tentang berbagai hal mengenai token listrik, dari pengertian sampai bagaimana cara mengisi ulang token listrik!

Pengertian Token Listrik

Secara sederhana, token listrik  adalah nominal atau pulsa listrik, dimana sistem ini memang baru dimulai sejak tahun 2012. Pencetusan sistem listrik  baru ini, terinspirasi dari kartu prabayar yang dilakukan oleh berbagai provider di Indonesia.

Dengan kata lain, sama seperti kartu prabayar yakni menggunakannya dahulu baru bayar kemudian, maka sistem listrik baru ini pun sama, yakni Anda menggunakan listrik terlebih dahulu baru membayarnya setelah pemakaian.

Dari uraian diatas, maka jelas terlihat perbedaan dari listrik prabayar dan pascabayar yakni terletak dalam cara pembayarannya. Dimana jika pasca bayar Anda membayarnya setelah memakai, maka pada sistem prabayar ini Anda harus membayarnya lebih dahulu sebelum menggunakannya. Sehingga tak heran, jika saat ini prabayar lebih dipilih, karena lebih hemat dalam pemakaiannya.

Cara Membeli Token Listrik

Sama halnya dengan pasca bayar, cara membeli token listrik untuk prabayar pun sangat mudah dan praktis. Adapun cara yang bisa Anda lakukan yakni:

  1. Melalui Situs Online

Saat ini tak jarang situs online atau aplikasi yang menyediakan fitur terbaru yakni pembelian token listrik, tak terkecuali Fastpay. Ya, bagi Anda yang tak ingin ribet mencari counter untuk membeli token listrik, cukup dengan unduh Fastpay di Play store. Hanya dengan beberapa klik saja, token listrik bisa Anda dapatkan.

Lebih dari itu, bahkan Fastpay juga mengajak Anda untuk gabung menjadi agen jual token listrik. Sehingga ini bisa menjadi peluang untuk Anda mendapatkan penghasilan sampingan. So, sekarang juga daftarkan diri Anda di Fastpay, untuk menjadi agen token listrik yang sukses.

  1. Loket PPOB

Selain melalui aplikasi, Anda juga bisa membeli token listrik secara online melalui loket PPOB. Dimana PPOB memang merupakan loket yang dikhususkan untuk sistem pembayaran secara yang memanfaatkan fasilitas perbankan, seperti pembayaran tagihan PLN, Telkom, PBB, dan PDAM. Salah satu Loket PPOB yang menerima pembelian token listrik ada di sini.

  1. Melalui ATM

Bagi Anda pengguna ATM, token listrik juga bisa dibeli melalui ATM. Bahkan di Indonesia sendiri rata-rata ATM telah menyediakan fitur ini untuk nasabahnya agar memudahkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  1. Melalui SMS Banking

Selain bisa membeli token listrik melalui ATM, Anda juga bisa membeli melalui SMS banking, atau bahkan internet banking yang disediakan oleh suatu bank.

  1. Melalui Minimarket

Perkembangan minimarket telah sampai ke penyedia token listrik. Yaps, Anda bisa mendapatkan token listrik  melalui minimarket seperti, Alfamart dan Indomaret.

  1. Counter Pulsa di Sekitar Rumah

Saat ini pihak PLN juga telah mengizinkan counter pulsa untuk menjual token listrik. Sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkan token listrik  melalui counter pulsa di sekitar rumah.

Harga Token Listrik

Pada dasarnya, setiap agen penjualan token listrik  memiliki harga yang berbeda. Namun untuk ketentuannya,  pembelian token mulai dari nominal 20 ribu, 50 ribu, 100 ribu, 500 ribu, sampai 1 juta rupiah. Untuk setiap nominalnya sudah termasuk dengan:

  • KWH
  • Pajak Penerangan Jalan(PPJ)
  • Biaya materai yang terbagi 2, yakni untuk nominal 250 ribu hingga 1 juta dibebani dengan biaya materai sebesar 3 ribu, sedangkan untuk nominal diatas 1 juta dibebani dengan biaya materai sebesar 6 ribu.
  • Serta biaya administrasi yang dihitung berdasarkan masing-masing agen.

 

Merek Meteran dan Cara Cek Sisa Token

Agar Anda tak kehabisan token listrik, tentunya Anda harus rajin mengeceknya. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, setiap merek meteran memiliki cara pengecekan yang berbeda. Adapun cara cek sisa token sesuai dengan merek meterannya yakni:

  • Meteran merek Hexing. Cara cek sisa token yakni dengan tekan angka 801 lalu enter, maka sisa token akan terlihat.
  • Meteran merek Conlog, bisa langsung terlihat sisa token pada layar, tanpa perlu menggunakan angka ataupun kode.
  • Meteran merek Star, yakni dengan menekan angka 07 lalu enter, maka sisa token akan tampil di layar.
  • Meteran merek Itron, sama seperti merek Conlog, yakni dapat langsung terlihat sisa token pada layar, tanpa perlu menggunakan kode ataupun angka tertentu.

Bagaimana, tertarik ingin menggunakan token listrik atau listrik prabayar? Ya, penggunaan sistem listrik ini memang terbilang lebih murah serta mudah pemakaiannya. Nah, jika Anda sudah menggunakannya, dan khawatir kehabisan token, maka bisa pasang aplikasi Fastpay. Sebab hanya dengan satu klik saja, token sudah terisi.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Segala Tentang Token PLN yang Perlu Diketahui


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! 

facebook-sentra-bisnis-fastpay Segala Tentang Token PLN yang Perlu Diketahui

Tim SBF