Rekomendasi Ide Bisnis Modal Kecil Untuk Tambahan Penghasilan

Masalah modal sering menjadi alasan kenapa seseorang belum memulai bisnis yang diinginkan. Ya, cukup banyak mereka yang mengeluh ingin membangun bisnis namun tidak memiliki modal yang memadai.

Nah, jika kamu berada di posisi demikian, tentu kamu harus berpikir kreatif. Memang, bisnis dan usaha memerlukan modal. Hanya saja, ada bisnis modal kecil yang bisa dijadikan opsi.

Ide-ide bisnis dengan modal kecil tersebut tentu saja bisa menjadi pertimbangan bagi kamu untuk memilih bisnis yang cocok untuk dijalankan. Jika kamu masih ragu ataupun bingung, berikut ada beberapa rekomendasi ide bisnis dengan modal kecil untuk dijadikan referensi.

Apa saja ide bisnis tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Ragam Ide Bisnis Dengan Modal Kecil

Ada cukup banyak ide bisnis dengan modal kecil yang bisa dijadikan referensi. Adanya beberapa ide tersebut tentu akan membuat kamu cenderung lebih leluasa menentukan mana bisnis yang cocok untuk dijalankan berdasar keinginan dan kesesuaian dengan beberapa faktor lainnya.

Beberapa ide bisnis dan peluang usaha dengan modal kecil yang bisa dijadikan referensi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Reseller dan Online Shop

Bisnis reseller

Salah satu ide bisnis dengan modal yang kecil adalah reseller. Secara singkat, reseller dipahami sebagai bisnis dengan menjual kembali barang atau produk dari orang lain. Tentu saja, kamu bisa memilih produk apa yang akan dijadikan item untuk memulai bisnis ini.

Reseller adalah bisnis jual barang tanpa modal harus stok barang. Kamu bisa memanfaatkan marketplace yang ada sebagai lapak atau tempat jualan.

Reseller menjadi ide bisnis yang cukup menarik dewasa ini. Hanya saja, memang kamu perlu bijak dan berpikir jauh tentang pemilihan objek bisnis agar bisnis kamu memiliki keunikan sendiri serta bisa bertahan dari banyaknya persaingan.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk reseller dan rebrand. Artinya, kamu mengambil produk dari orang lain lalu kamu membubuhkan nama brand kamu sendiri. Dengan ide ini, maka keunikan produk akan cenderung terlihat.

2. Menjadi Agen PPOB

Menjadi agen PPOB Fastpay

Bisnis lain dengan modal kecil dan potensi keuntungan yang besar lain untuk dijadikan pertimbangan adalah menjadi agen PPOB. Apakah kamu pernah mendengar apa itu PPOB sebelumnya?

Secara singkat, PPOB adalah Payment Point Online Bank. Nah, untuk bisnis ini, nantinya kamu menyediakan layanan pembayaran beragam keperluan, seperti PLN, PDAM, pulsa, internet, BPJS, paket data dan lainnya. Sekilas, ide bisnis ini adalah seperti kamu jualan pulsa namun dengan layanan yang lebih lengkap.

Menjadi agen PPOB cukup menarik dan menguntungkan, terlebih jika kamu bergabung dengan Fastpay. Ya, tidak hanya modal kecil yang diperlukan, namun Fastpay akan memberikan fasilitas yang lengkap, termasuk bonus yang besar untuk aneka transaksi serta harga dasar item deposit yang lebih murah dibandingkan provider lainnya.

Bisnis PPOB adalah bisnis yang mudah dikelola, resiko dan modal kecil, komisi dan bonusnya menguntungkan, bisa dijalankan dimana saja, kapapun dan dimanapun oleh semua orang hanya menggunakan HP atau smartphone. Sistem bisnis PPOB mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.

Bisnis PPOB Fastpay kamu bisa menjalankan 7 layanan bisnis sekaligus dengan pendapatan yang besar. Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis bayar tagihan, bisnis pulsa, bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, bisnis voucher game, bisnis top up saldo emoney, dll.

Bisnis PPOB bersama Fastpay adalah bisnis yang terlengkap dengan keuntungan yang besar. Bisnis PPOB menjadi bisnis yang dibutuhkan masyarakat sekitar karena kewajiban bayar tagihan dan kebutuhan digital lainnya. Kamu bisa bergabung sekarang menjalankan bisnis PPOB ini.

3. Hampers

Bisnis hampers

Hampers juga termasuk bisnis yang cukup menarik untuk dijalankan. Terlebih, bisnis ini bisa dikatakan juga tidak perlu modal yang cenderung besar. Nah, dengan menjalankan bisnis ini, maka ada potensi mendapatkan keuntungan yang cukup besar yang bisa kamu dapatkan.

Dalam hal ini, hampers umumnya digunakan sebagai bingkisan dalam beragam acara yang berbeda. Cukup sering ditemukan aneka hampers pada acara lebaran, natal, pernikahan, baby born, wisuda dan lainnya. Hampers merupakan hadiah yang menarik dengan variasi produk dan tentunya kreatifitas dalam merangkainya.

Dari banyaknya penggunaan hampers tersebut, artinya peluang dan pasar bisnis ini cenderung terbuka dan bisa dimanfaatkan dengan maksimal. kamu hanya perlu memilih mana produk hampers yang ingin kamu jadikan ide bisnis serta menerapkan strategi promosi yang tepat.

Kamu bisa mempromosikan produk hampers-mu melalui media sosial Instagram, Facebook atau marketplace.

4. Budidaya Ikan Hias

Bisnis ikan hias

Beberapa waktu belakangan, ikan hias menjadi trend yang cukup booming di masyarakat. Peminat ikan hias diketahui cukup meningkat dengan harga ikan hias yang tentu saja juga turut meningkat.

Nah, jika kamu menyukai dunia ikan dan terbiasa memelihara ikan, membudidayakan ikan hias bisa menjadi ide bisnis sampingan dengan modal kecil yang menarik. Terlebih, keuntungan dari bisnis ini cukup menggiurkan.

Ikan hias yang bisa dipilih untuk dijual jika kamu menargetkan konsumen menengah dan menengah kebawah adalah ikan hias yang hidup di air tawar karena tidak terlalu memerlukan perawatan yang ekstra dan biaya yang besar

Beberapa bisnis ikan hias yang booming dan meraup cuan seperti: ikan cupang, ikan mas koki, ikan koi, dll.

Mulailah dari satu jenis ikan dulu agar kamu fokus. Fokus terhadap satu jenis ikan hias tapi dengan jaminan keuntangan yang lumayan tentu saja lebih baik daripada mencoba mengembangbiakan berbagai jenis ikan hias dalam waktu yang bersamaan.

Kamu bisa memulai dari mempelajari seluk-beluk dunia budidaya ikan hias. Setelah itu, bangun media budidaya yang diperlukan dan mulai budidaya. Bisa dikatakan bisnis ini termasuk salah satu ide bisnis life time karena peminat ikan hias senantiasa ada dari masa ke masa.

Dalam bisnis ikan hias itu kamu bisa maksimalkan dengan ikut berjualan bibitnya, makanannya sampai tempatnya (akuarium atau toples kaca). Kamu juga bisa berjualan obat-obatan untuk ikan hias sampai aksesoris akuarium.

5. Budidaya Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias

Sama seperti budidaya ikan hias, jenis tanaman hias juga menjadi trend yang booming di masyarakat. Bahkan harga tanaman hias yang ada bikin geleng-geleng kepala.

Memulai bisnis tanaman hias pun tidaklah sulit karena modalnya yang tidak terlalu mahal, potensinya yang bagus dan sedang banyak digemari, membuat bisnis tanaman hias menjadi bisnis yang cocok banget bahkan untuk kamu yang belum pernah berbisnis sebelumnya.

Selain pengetahuan tentang bertanam, juga perlu tahu tentang tren tanaman hias. Ketahui apa saja tanaman hias yang sedang populer dikalangan pencinta tanaman saat ini dan perbanyak jumlahnya karena meskipun persaingannnya tinggi tapi permintaan pasar akan selalu ada.

Berikut beberapa jenis tanaman hias popular yang bisa kamu pilih untuk dibudidayakan dan dijual sebagai langkah awal bisnis mu:

  • Anthutium
  • Palem kuning
  • Monstera
  • Lidah mertua
  • Peperomia obtusifolia
  • Cycads
  • Siklok

6. Jasa Laundry

Bisnis laundry

Bisnis lain yang bisa dijadikan ide untuk mendapatkan penghasilan dengan modal yang tidak terlalu besar adalah jasa laundry. Ide bisnis ini bisa dijadikan pilihan jika kamu tinggal terutama di lingkungan perkotaan atau perumahan.

Bisa dikatakan jika mobilitas yang cenderung tinggi membuat banyak orang yang tinggal di kawasan perkotaan atau perumahan tidak memiliki waktu cukup untuk mencuci pakaian dan memilih laundry sebagai solusi. Hal inilah yang membuat bisnis laundry cocok untuk dijadikan ide bisnis yang baru.

Selain pangsa pasar yang cukup besar, ide bisnis ini tidak memerlukan modal yang cukup besar. Oleh karenanya, dengan menjalankan ide bisnis ini, ada potensi yang menjanjikan untuk bisa balik modal dengan cepat.

7. Bahan Dekorasi Rumah

Bisnis bahan dekorasi rumah

Menjual bahan dekorasi rumah bisa menjadi ide bisnis yang cukup menarik saat ini. Tidak dimungkiri memang bahwa saat ini, keinginan seseorang untuk memiliki dekorasi rumah yang unik semakin meningkat. Banyak dari mereka yang mencari barang-barang hias yang menarik guna mempercantik rumah yang dihuni.

Dengan fakta tersebut, tentu saja menjual bahan dekorasi rumah bisa mendatangkan penghasilan yang cukup menjanjikan. Terlebih, kamu bisa menyediakan beberapa jenis bahan dekorasi rumah yang menarik.

Beberapa bahan dekorasi rumah yang bisa menjadi ide bisnis diantaranya adalah gorden, sarung bantal, tanaman hias, aksesoris ruang tamu, alat masak lucu, dan lainnya. Bahkan, jika kamu memiliki keterampilan, kamu bisa membuat aneka aksesoris serta bahan dekorasi rumah sendiri dan mendapatkan margin keuntungan yang lebih besar.

Untuk mempromosikan bisnis bahan dekorasi rumah ini kamu bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook dan marketplace yang ada untuk memasarkan jualan.

8. Jasa Mengajar

Bisnis lek private

Saat ini, banyak sekolah yang masih melakukan pembelajaran secara daring. Nah, masalah yang banyak ditemukan dari pembelajaran daring adalah proses pembelajaran yang tidak maksimal serta anak didik yang tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Ditambah lagi banyak orang tua yang belum berpengalaman untuk mengajar anak.

Jika kamu memiliki basic/dasar pendidikan dan memiliki kemampuan mengajar, menawarkan jasa mengajar secara privat bisa menjadi ide yang sangat menarik untuk dijalankan. Dengan ide bisnis ini, tentu saja kamu bisa meningkatkan kemampuan kamu untuk mengajar dan juga mendapatkan penghasilan dari kegiatan tersebut. Tentu, modal yang diperlukan untuk ide bisnis ini pun bisa dikatakan sangat minim.

Tentu saja, kamu harus mempersiapkan materi yang cukup beragam. Tidak jarang jika orang tua dari siswa menanyakan pemberian materi yang lebih lengkap untuk meningkatkan pemahaman anaknya terkait pelajaran di sekolah.

Beberapa ide bisnis dengan modal kecil di atas bisa menjadi pertimbangan bagi kamu untuk memulai bisnis baru dan mendapatkan tambahan penghasilan. Kamu bisa membandingkan beberapa ide bisnis di atas dan memilih mana ide bisnis yang cocok dan sesuai dengan kemampuan kamu serta mana yang menurut kamu menjanjikan. Semoga bermanfaat.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/