Program Cashless Semakin Marak. Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Sebarkan artikel ini

Cara bertransaksi masyarakat di Indonesia tampaknya sudah mulai menunjukan perubahan. Peralihan sistem transaksi ini tidak lain merupakan bentuk campur tangan Bank Indonesia mengenai uang elektronik seperti yang disebutkan di tahun 2009 lalu.

Perancangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, dan juga lembaga pemerintah serta pelaku bisnis untuk menggunakan sarana pembayaran nontunai. Meski memang fenomena mengenai Program Cashless Society sebenarnya bukan menjadi hal baru.

Hadirnya opsi pembayaran non tunai ini dianggap memberikan kemudahan untuk masyarakat dalam bertransaksi. Meskipun tak jarang juga orang yang masih bertahan untuk tetap menggunakan uang tunai dalam proses pembayaran.

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan ketika menghadapi era cashless society terutama yang memilih menggunakan e-wallet seperti sekarang ini? Simak di bawah ini:

  1. Harus Familiar dengan Jenis E-Wallet
    Dewasa ini terdapat banyak sekali program cashless dalam bentuk e-wallet. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi dan menginstalnya di ponsel Anda. Lakukan aktivasi dan segera isi saldo minimalnya maka Anda akan langsung bisa menggunakan e-wallet tersebut.

    Ketika menghadapi era ini, langkah awal yang perlu Anda lakukan ialah  harus familiar dengan berbagai jenis e-wallet. Dimulai dengan mencari tahu keuntungan dari masing-masing e-wallet yang akan digunakan. Jangan lupa juga diimbangi dengan mencari tahu perihal kerugian yang bisa ditimbulkan.

  2. Aktifkan E-Wallet Paling Sering Digunakan
    Apakah Anda memiliki program cashless lebih dari satu? Jika iya maka Anda harus berpikir ulang untuk mengaktifkan serta menggunakan semuanya dalam satu waktu.  Mungkin awalnya Anda akan berpikiran jika memiliki lebih dari satu e-wallet bisa mendapatkan keuntungan serta promo yang lebih banyak. Namun nyatanya hal tersebut justru akan membuat saldo Anda terbuang sia-sia.

    Contoh nyatanya, ketika Anda menggunakan 3 jenis cashless e-wallet secara bersamaan. Dan suatu ketika Anda sedang melakukan transaksi di sebuah toko yang menggunakan salah satu e-wallet yang Anda gunakan.

    Tapi ternyata saldo e-wallet tersebut saldonya tidak mencukupi untuk melakukan pembayaran, kemudian Anda mencoba untuk menawarkan pembayaran dengan menggunakan e-wallet yang lainnya.

    Namun sayangnya, toko tersebut tidak men-support atau tidak menerima pembayaran dengan menggunakan e-wallet jenis lain. Akhirnya mau tidak mau Anda harus membayarnya dengan menggunakan uang tunai. Tentu saja hal ini akan membuat saldo e-wallet lain yang sudah diisi akan terbuang sia-sia.

  3. Belajar Cara Bertransaksi dengan e-wallet
    Mengapa harus belajar cara bertransaksi dengan e-wallet? Hal ini karena biasanya setiap e-wallet memiliki prosedur aktivasi serta cara penggunaan yang berbeda. Beberapa diantaranya hanya perlu melakukan transfer kredit atau saldo saja.

    Namun sisanya perlu melakukan scan kode QR terlebih dahulu agar bisa melakukan transaksi. Bahkan terkadang proses scan kode QR antara satu e-wallet dengan e-wallet lainnya juga memiliki sedikit perbedaan.

    Belum lagi ada jenis e-wallet yang langkah-langkah penggunaannya lebih rumit namun ada juga yang hanya perlu sekali klik sudah bisa menikmati berbagai fiturnya dan proses pembayaran pun selesai.

    Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menjadi pelanggan dari salah satu program cashless tersebut, hendaknya Anda mempelajari terlebih dahulu bagaimana prosedur aktivasi dan cara bertransaksinya.

  4. Isi Saldo
    Isilah saldo Anda setidaknya yang cukup untuk digunakan satu minggu. Mengapa perlu mengisi saldo bahkan setiap minggu? Karena Anda tidak perlu tahu barangkali terdapat sebuah pengeluaran penting secara tiba-tiba.

    Belum lagi jika pengeluaran tersebut membutuhkan pengeluaran biaya yang tidak sedikit. Jadi sebagai cara antisipasi, akan lebih baik dan tenang jika Anda menyiapkan saldo yang setidaknya cukup untuk jangka waktu hingga satu minggu.

    Selain itu, ketika melakukan top-up saldo dari bank manapun pasti dikenakan biaya administrasi. Semakin sering Anda melakukan top-up maka akan semakin banyak uang yang terbuang untuk biaya admin.

    Dari yang tadinya berniat untuk lebih hemat malah menjadi lebih boros. Oleh karenanya, Anda disarankan mengisi saldo satu minggu sekali agar bisa menekan biaya admin yang dibebankan.

  5. Tetap Menyimpan Uang Tunai
    Walaupun sekarang sudah semakin banyak yang mendukung akses ke program cashless dengan menggunakan e-wallet, namun tidak ada salahnya Anda tetap menyimpan uang tunai ketika sedang bepergian.

    Hal ini juga memiliki tujuan untuk berjaga-jaga dan supaya Anda tidak kelimpungan jika sewaktu-waktu kehabisan e-wallet atau untuk kepentingan mendadak lainnya. Selain itu Anda tidak perlu susah-susah mencari keberadaan ATM untuk mengambil uang ataupun untuk isi saldo.  Jadi meskipun dalam jumlah yang tidak banyak, Anda tetap disarankan untuk membawa uang ketika bepergian.

Keuntungan Menjadi Cashless Society

Sudahkan Anda menjadi bagian dari program cashless society? Mari simak apa saja keseruan yang akan didapatkan ketika Anda menjadi bagian dari cashless society:

  1. Banyak Promo
    Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan ialah Anda bisa menikmati banyak promo karena sudah banyak merchant yang menawarkan berbagai potongan harga serta cashback. Hal ini akan membuat harga barang-barang yang akan Anda beli cenderung lebih murah. Tentunya akan lebih hemat bukan?

  1. Pengeluaran Lebih Teratur
    Dengan menggunakan pembayaran non tunai selain prosesnya lebih cepat dan efisien, juga akan memungkinkan Anda agar bisa memonitor berbagai macam transaksi yang pernah dilakukan sebelumnya.

  1. Meminimalisir Biaya Admin
    Program cashless bukan hanya bisa digunakan untuk proses pembayaran saja. namun juga bisa digunakan untuk transaksi transfer antar bank. Bahkan dengan menggunakan sistem cashless ini bisa menekan biaya administrasi ketika proses transfer.

    Sehingga dengan memanfaatkan layanan ini Anda bisa dengan leluasa melakukan transfer kemanapun kapanpun dan dimanapun tanpa harus risau akan biaya admin. Yakin belum mau menjadi bagian dari cashless society?

  1. Tidak Perlu Antri Tol
    Selain kenikmatan bertransaksi dan bebas biaya admin, keuntungan menjadi bagian dari cashless society ternyata belum berhenti sampai disitu saja. Sejak pemerintah memberlakukan sistem pembayaran di semua pintu tol menggunakan e-money, maka para pengendara mobil sudah wajib tergabung dalam program cashless dan memiliki e-money yang berbentuk kartu.

  1. Buka Rekening Tanpa ke Bank
    Ketika ingin membuka sebuah rekening baru, Anda sudah tidak perlu repot-repot lagi mendatangi bank, mengambil nomor antrian dan mengantri giliran panggilan. Karena sekarang sudah terdapat layanan elektronik atau digital dari bank. Dimana nasabah bank dapat melakukan segala bentuk aktivitas perbankan secara mandiri tanpa harus mendatangi kantor bank yang bersangkutan.

  1. Lebih Aman dan Efisien
    Meskipun kemudahan merupakan hal yang penting, namun Anda juga tidak boleh mengesampingkan nilai keamanan yang menjadi faktor utama yang harus terjamin. Pada awalnya mungkin memang banyak orang yang masih ragu untuk bertransisi dari menggunakan uang tunai dan beralih menjadi uang elektronik.

    Mereka akan berpikir apakah keberadaan uang mereka akan aman dan tidak akan tersedot oleh pihak-pihak nakal yang tidak bertanggung jawab? Bagi Anda para anggota cashless society, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah OTP atau one time password.
    Dimana fitur tersebut dapat membantu verifikasi kepemilikan yang tentunya meningkatkan tingkat keamanan rekening Anda.

Nah demikianlah pembahasan mengenai program cashless dan apa saja yang perlu diperhatikan untuk menghadapi era cashless seperti sekarang ini. Mari siapkan diri Anda untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi setiap waktunya.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! 

facebook-sentra-bisnis-fastpay Program Cashless Semakin Marak. Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Tim SBF