Perlu Tahu, Ini 5 Alasan Pentingnya Investasi Sejak Dini

Sebarkan artikel ini

Sekarang ini, belum banyak anak muda yang telah memikirkan investasi. Padahal, investasi yang dilakukan sekarang akan berdampak panjang hingga masa tua Anda nantinya. Hal ini memang umum terjadi, banyak anak muda yang belum memikirkan tentang pekerjaan, pun, kebutuhannya masih sedikit.

Bayangkan saja begini, jika Anda memulai investasi di usia 40 tahun, dan masa depan mendapatkan 50 juta, maka jika Anda memulai sejak usia 20 tahun, tentu hasil yang akan diperoleh adalah 100 juta.

Hal-hal semacam ini tentu harus dipikirkan sejak dini, apalagi mengingat semakin maju perkembangan zaman, investasi akan semakin ramai saingan, sehingga dengan berbekal sejak dini, tentunya Anda tak perlu takut dengan investor baru yang akan bersaing nantinya.

Alasan mengapa investasi perlu dilakukan sejak dini tentu sangat beragam, dan bagi kalangan muda tentu investasi dapat dikatakan sebagai ‘harta karun’ di masa tua mendatang untuk menghadapi ketidakpastian kehidupannya. Ya, tentu Anda tak akan tahu, sampai kapan masih bisa bekerja secara aktif serta mampu mengumpulkan uang. Sebab tak banyak orang mampu bekerja sampai masa pensiunnya tiba.

Untuk lebih meyakinkan Anda akan pentingnya investasi sejak dini, simak ulasan berikut ini!

  1. Keuntungan yang Didapatkan Semakin Besar

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa semakin Anda memulainya lebih awal, maka keuntungan yang akan didapatkan semakin besar. Tak hanya itu saja, usia yang terbilang masih mudah, merupakan usia yang paling produktif. Karena mempunyai banyak waktu untuk terus belajar demi mengembangkan investasinya.

Nah, jika nantinya terjadi kesalahan, maka mereka memiliki kesempatan untuk bisa mengganti dan memperbaiki instrumen investasi, sesuai kemampuan yang dimiliki, bahkan waktunya juga lebih banyak lagi.

Selain itu, ketika kemungkinan terjadi kegagalan pun, Anda memiliki banyak kesempatan waktu untuk mempelajari karakter produk investasi lagi, sehingga Anda bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih luas dalam mengelola bisnis. Ini tentunya akan berpotensi menghasilkan kekayaan yang berlipat ganda di masa depan.

  1. Mendisiplinkan Diri Sendiri

Usia muda sangat erat kaitannya dengan masa-masa ingin mendapatkan hiburan. Ya, sebagian dari mereka masih menggunakan uangnya untuk berfoya-foya untuk membeli segala sesuatu yang diinginkan tanpa mengetahui manfaatnya. Jika hal ini dilakukan sejak dini, maka imbasnya adalah di masa depan. Berapa tabungan yang Anda miliki? Nihil.

Dengan demikian, ketimbang Anda membeli sepatu produksi teranyar atau bahkan tas branded dengan harga jutaan rupiah, padahal Anda tak terlalu membutuhkannya atau bahan telah memiliki lainnya, tentu lebih baik uangnya digunakan untuk berinvestasi.

Jika Anda masih ingin terlihat dalam dunia hiburan, cobalah gunakan keuangan Anda untuk berinvestasi melalui emas. Dengan invitasi ini, Anda tetap bisa mendapatkan hiburannya juga bisa mendapatkan investasinya.

  1. Penyelamat di Masa Depan

Bila masa muda Anda tak memiliki tabungan, maka bersiaplah di hari tua masih tetap harus berusaha mencari keuangan. Belum lagi di masa mendatang Anda tak tahu apa yang akan terjadi, entah membutuhkan uang dalam jumlah besar atau pun tidak. Belum lagi jika di masa depan ternyata sulit mendapatkan pekerjaan, maka Anda benar-benar akan terpuruk.

Dengan demikian, tetapkanlah investasi sejak dini, agar di masa depan Anda tak perlu bingung bagaimana mencari uang. Pun, ketika Anda tak memiliki pekerjaan atau menginjak usia tua, investasi yang telah di tanam di masa muda, bisa digunakan.

  1. Mewujudkan Impian Jangka Panjang

Ingin memiliki mobil dan rumah mewah? Atau bahkan menikah di venue megah impian? Segala sesuatu akan terwujud bila Anda telah memulai investasi sejak dini. Ya, sebelum menikah pun, Anda bisa melakukan invitasi, sebab di usia ini selain masih produktif, juga belum memiliki banyak kebutuhan, sehingga  dana yang Anda miliki 99% bisa dialokasikan sebagai dana investasi.

Lain halnya bisa Anda telah menikah atau mempunyai tanggungan, tentu untuk melakukan investasi harus berpikir hingga 10 kali. Hal ini karena, Anda akan bingung bagaimana membagi dana kebutuhan dengan dana investasi, sedangkan penghasilan yang didapatkan hanya sedikit. Jadi, pikirkanlah sejak saat ini, investasi yang akan dilakukan.

  1. Memiliki Kebebasan Finansial

Pentingnya investasi sejak dini, salah satunya adalah agar Anda memiliki kebebasan finansial. Yang dimaksud di sini adalah, fase dimana saatnya uang-lah yang bekerja untuk Anda, atau disebut juga dengan pasif income. Dengan demikian, istilah ‘bekerja untuk uang’ sudah tak lagi Anda pusingkan.

Lalu bagaimana untuk menuju kebebasan finansial? Tentunya Anda harus mencapainya dengan berbagai cara, misalnya dengan menanam saham, membeli properti, memilih reksa dana atau lainnya. Jenis-jenis investasi tersebut, memang mampu menangkal terjadinya inflasi, serta mampu menghasilkan keuntungan yang sangat besar dibandingkan deposito.

Jadi, sudahkah Anda bersiap melakukan investasi sejak dini? Dalam hal ini, Anda tetap bisa menggunakan sebagian dana untuk kebutuhan, namun pastikan gunakan sebagian dana lagi untuk berinvestasi. Lebih baik memikirkan masa depan sejak sekarang, ketimbang harus bingung di masa depan.

Tim SBF