Penasaran Dengan Sistem Bagasi Pesawat? Inilah Aturan Bagasi Pesawat yang Harus Diketahui

Sebarkan artikel ini

Bagasi merupakan salah satu hal yang paling penting dalam sebuah kendaran. Biasanya para penumpang akan menitipkan barang-barangnya di dalam bagasi tersebut. Bisanya dalam pesawat terdapat aturan tersendiri mengenai bagasi. Namun, pada setiap maskapai memiliki aturan yang berbeda.

Meski pada setiap maskapai memiliki aturan bagasi pesawat masing-masing. Tapi, pada hakikatnya aturan tersebut bertujuan untuk menertibkan para penumpang agar tidak membawa barang berlebihan. Nah, untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Aturan Bagasi Pesawat di Beberapa Maskapai

Nah, pada setiap maskapai tentu saja memiliki aturan yang berbeda. Entah itu aturan dalam pemesanan tiket atau aturan bagasi pesawat. Namun demikian, tujuan dari diadakannya aturan tersebut pasti sama yaitu untuk menertibkan para penumpang agar tidak membawa barang terlalu banyak. Nah, berikut aturan penggunaan bagasi pesawat di beberapa maskapai:

1. Lion Air

Maskapai yang satu ini menerapkan aturan bagasi 0 kg. Yang artinya apabila Anda bepergian menggunakan  maskapai Lion  Air dan memerlukan fasilitas bagasi, Anda harus membayar tarif pada saat melakukan check in. Tarif tersebut ditentukan berdasarkan waktu, berat dan jarak tempuh yang dilalui.

Oleh karena itu, untuk menghindari tarif bagasi yang menguras kantong, Anda bisa memanfaatkan kabin bagasi untuk menaruh barang bawaan. Namun, jika barang bawaan Anda terlalu banyak dan tidak memenuhi ketentuan untuk diletakkan di kabin, sewalah bagasi.

Nah, untuk maskapai ini ketentuan dimensi barang yang boleh masuk ke kabin adalah memiliki panjang maksimal 40 cm lebar 30 cm dan tinggi 20 cm. Sedangkan untuk ketentuan bagasinya yaitu tidak lebih dari 70 kg. Bagi Anda yang ingin membeli bagasi, maskapai ini memberi batasan kuota yaitu hanya 30 kg.

2. Batik Air

Maskapai yang satu ini juga menyediakan fasilitas bagasi tidak terdaftar. Ya, para penumpang bisa meletakkan barang bawaannya di dalam kabin secara gratis dengan berat maksimal yaitu 7 kg. Setiap penumpang juga diperbolehkan untuk membawa satu tas (koper dan sebagainya), satu tas laptop atau satu tas lengan.

Ukuran tas yang dimasukkan ke dalam kabin tidak boleh memiliki ukuran panjang lebih dari 40 cm, tinggi 30 cm dan lebar 20 cm. Maskapai ini juga memberikan fasilitas bagasi gratis pada penumpang sebanyak 20 kg. Tentu saja untuk mendapatkan bagasi gratis tersebut, Anda harus mematuhi beberapa aturan yang berlaku.

Ya, seperti berat satu koper tidak boleh lebih dari 30 kg. Ketentuan tersebut berlaku untuk penumpang kelas bisnis. Sedangkan untuk kelas ekonomi ketentuan bagasinya yaitu tidak lebih dari 20 kg.

3. Citilink

Nah, untuk maskapai ini memberikan fasilitas bagasi gratis untuk setiap penumpangnya dengan ketentuan setiap penumpang meletakkan barang ke dalam bagasi yang beratnya tidak lebih dari 20 kg. Pihak Citilink juga menentukan tarif bagasi sesuai dengan kapan, jarak dan berat barang yang akan masuk ke dalam bagasi tersebut.

berat barang untuk excess baggage memiliki harga yang berbeda-beda tergantung pada jarak dan waktu yang ditempuh selama dalam perjalanan. Saat ini berat maksimal untuk penerbngan domesktik pada pesawat A320 adalah 20 kg.

Sedangkan berat maksimal untuk pesawat ATR adalah 10 kg. Untuk penerbangan internasional setiap penumpang mendapat kuota maksimal 10 kg. Selain itu, maskapai yang satu ini juga menyediakan bagasi di kabin dengan berat barang maksimal yang boleh masuk adalah 7 kg. Untuk dimensinya yaitu 56 X 36 X 23 cm.

4. Garuda

Pihak maskapai Garuda Indonesia memberikan fasilitas bagasi secara cuma-cuma kepada setiap penumpang kelas ekonomi yaitu sebesar 20 kg. Untuk kelas bisnis yaitu 30 kg dan untuk kelas satu adalah 40 kg.

Bagasi kabin yang disediakan oleh maskapai Garuda hanya untuk menyimpan barang yang memiliki dimensi tidak lebih dari panjang 56 cm, lebar 36 cm serta tebal 23 cm. Dan jumlah dari tiga dimensi tersebut tidak melebihi 115 cm atau setara dengan berat 7 kg.

Tips Liburan Anti Ribet

Nah, setelah mengetahui tentang aturan bagasi pesawat di beberapa maskapai, kini Anda bisa membawa barang bawaan sesuai ketentuan saat akan bepergian. Bagi Anda yang akan membawa bayi atau anak-anak, barang yang di bawah dapat disesuaikan. Untuk Anda yang ingin liburan dengan nyaman tanpa ribet? Yuk, ikuti beberapa tips di bawah ini:

  • Jika Anda membawa anak atau bayi pastikan bahwa tiket yang dibeli sudah sesuai dengan jam tidur anak
  • Lakukan check in mandiri secara online di rumah
  • Siapkan segala hal yang perlu di bawah
  • Jangan membawa pakaian terlalu banyak, bawalah pakaian yang secukupnya saja.

Seperti itulah penjelasan lengkap mengenai aturan bagasi pesawat di beberapa maskapai. Meski memiliki perbedaan, namun pada intinya aturan tersebut dibuat agar para penumpang bisa lebih berhati-hati dalam membawa barang. Artinya yaitu tidak terlalu banyak dan berlebihan. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda yang akan melakukan traveling menggunakan pesawat.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Penasaran Dengan Sistem Bagasi Pesawat? Inilah Aturan Bagasi Pesawat yang Harus Diketahui

Tim SBF