Peluang Usaha Bisnis di Lingkungan Kampus yang Orang Belum Tahu!

Sebarkan artikel ini

Bingung ingin membangun bisnis seperti apa? Nah, bisnis fotokopi tampaknya menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan saat ini. Apalagi, jika Anda membangun bisnis tersebut di lingkungan kampus.

Harga buku yang semakin mahal membuat kebanyakan mahasiswa lebih memilih untuk memfotokopinya. Apalagi, dengan adanya skripsi yang harus dikerjakan oleh mahasiswa tingkat akhir membuat keuntungan dari bisnis tersebut semakin terbuka lebar.

Keuntungan yang cukup banyak tentu hanya akan bisa Anda dapatkan dengan ketekunan dan pandai mengambil kesempatan dari setiap peluang yang ada. Untuk memanfaatkan peluang bisnis fotokopi di lingkungan kampus bukanlah sebuah hal sulit untuk dilakukan.

Akan tetapi, bagi orang yang belum paham bagaimana cara berbisnis, hal tersebut tentu menjadi sebuah masalah. Nah, bagi Anda yang baru saja akan memulai bisnis fotokopi yang satu ini, penting bagi Anda untuk memanfaatkan setiap peluang yang ada.

Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya;

  • Pilih Lokasi yang Strategis

Memang, membuka bisnis fotokopi di lingkungan kampus dapat memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan bagi Anda. Namun, jika dari awal Anda sudah memilih tempat yang tidak strategis, maka hal tersebut akan membuat Anda sulit untuk bisa mendapatkan keuntungan..

Oleh karena itu, pilihlah beberapa tempat yang dirasa cukup strategis untuk membuka bisnis satu ini. Beberapa tempat yang bisa Anda manfaatkan ialah dekat dengan kantin, dekat dengan halte, ruang belajar, rektorat, laboratorium dan yang lainnya.

Tempat-tempat tersebut biasanya akan selalu ramai oleh para mahasiswa. Karenanya, membuka usaha di beberapa tempat itu akan membantu Anda untuk mendapatkan keuntungan.

  • Pilih Mesin fotokopi dengan Kualitas Baik

Mesin fotokopi yang tidak bisa bekerja secara maksimal tentu menjadi kendala bagi Anda. Apalagi, jika ada banyak orderan yang harus diselesaikan dan tiba-tiba mesin mati tentu hal tersebut cukup merepotkan.

Nah, ketimbang membeli mesin second atau mesin baru dengan harga yang lebih murah, alangkah baiknya jika Anda membeli mesin baru dengan harga yang lebih mahal. Biasanya, mesin tersebut memiliki kualitas yang cukup apik.

Namun, jika Anda terpaksa harus membeli mesin second, pastikan bahwa kualitas yang dimiliki oleh mesin fotokopi tersebut masih bagus.

  • Rawat Mesin fotokopi dengan Baik

Percuma jika Anda membeli mesin dengan kualitas baik namun tidak melakukan perawatan dengan baik pula. Agar bisnis fotokopi yang Anda tekuni dapat berjalan dengan lancar, jangan lupa untuk rutin memeriksa keadaan mesin Anda. Lakukan service pribadi beberapa waktu sekali agar mesin tetap memiliki kualitas yang baik.

  • Buka Peluang Usaha Selain fotokopi-an

Apabila Anda memiliki modal yang lebih, maka juga bisa membuka peluang usaha yang lain. Seperti menjual berbagai macam Alat Tulis Kantor, perlengkapan ospek, perlengkapan wisuda atau jajanan ringan. Anda pun bisa membuka rental komputer atau warnet di lingkungan kampus.

  • Bukalah Usaha Penjilidan

Peluang usaha penjilidan ini juga cukup menjanjikan di lingkungan kampus. Para mahasiswa pasti butuh tempat untuk menjilid laporan atau skripsi yang sudah dikerjakannya. Bahkan, membuka usaha satu ini juga cukup mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan, gunting, staples dan juga lakban.

Untuk bisa menjilid sebuah laporan atau skripsi dengan rapi, maka Anda minta diajari orang lain yang sudah ahli dalam hal tersebut. Atau, Anda bisa belajar sendiri dengan melihat videonya di YouTube.

  • Gunakan Harga Standar

Memang, peluang bisnis fotokopi di lingkungan kampus cukup besar. Akan tetapi, hal tersebut jangan dimanfaatkan untuk menargetkan harga fotokopi-an yang terlalu tinggi. Biasanya, mahasiswa akan memilih tempat fotokopi-an dengan harga yang lebih murah meski tempatnya jauh untuk dijangkau.

  • Buat Diskon

Tentu tidak ada salahnya untuk memberikan diskon bagi mahasiswa yang mem-fotokopi dalam jumlah banyak. Meski diskon yang Anda berikan hanya beberapa persen saja, akan tetapi hal tersebut dapat membuat mereka datang kembali untuk menggunakan  jasa Anda.

Jangan khawatir jika keuntungan Anda akan menjadi berkurang. Karena biasanya, jika Anda memberikan diskon dan melakukan pelayanan yang ramah, hal tersebut justru akan membuat mahasiswa yang menggunakan jasa Anda secara otomatis mempromosikannya ke temannya yang lain. Tentu, hal ini akan menjadi promosi gratis bagi Anda.

Selain diskon, berikan pelayanan yang lebih dan lain daripada yang lain! Kalau outlet Anda bisa menjadi lebih lengkap & serba bisa, kenapa tidak? Hanya dengan bergabung menjadi Juragan di Toko Modern Fastpay, niscaya outlet fotokopi Anda menjadi andalan para pelanggan! karena selain fotokopi, pelanggan Anda bisa bayar tagihan, isi pulsa, bahkan bisa mengirimkan uang tanpa rekening bank di warung fotokopi Anda!

banner Peluang Usaha Bisnis di Lingkungan Kampus yang Orang Belum Tahu!

Tim SBF