Peluang Bisnis Katering. Penghasilan Tambahan yang Menggiurkan!

Sebarkan artikel ini

Katering merupakan salah satu bisnis sampingan yang sangat menguntungkan. Seiring dengan berjalannya waktu, bisnis yang satu ini banyak sekali dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan, bisnis katering mampu menerima pesanan dalam jumlah banyak dan memiliki menu yang bervariasi. Seperti misalnya untuk hajatan, pengajian, arisan dan lain-lain.

Menariknya lagi, bisnis yang satu ini bisa dilakukan dimana saja dan pasti dibutuhkan masyarakat, maka tak heran jika peluang usaha ini sangat besar. Nah, tentunya untuk memulai bisnis ini segalanya harus sudah dipersiapkan dengan matang, mulai dari tempat, alat hingga  modal.

Selain itu, Anda juga harus memiliki beberapa tenaga ahli atau karyawan yang sudah berpengalaman dibidangnya. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap usaha yang akan Anda jalankan. Bagi Anda yang ingin mempunyai usaha sampingan, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.


Cara Memulai Bisnis Katering

 

Nah, untuk memulai usaha sampingan seperti katering ini tentunya Anda harus memiliki kemampuan memasak yang mumpuni. Dengan demikian masakan yang dihasilkan menjadi lebih menarik dan lezat. Sehingga, para pelanggan akan terus berdatangan ke tempat katering Anda. Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara memulai usaha yang baik dan benar, seperti:

  • Jangan pernah menganggap bahwa modal sebagai hambatan
  • Manfaatkan peralatan dapur yang sudah ada
  • Pilih lokasi yang strategis
  • Jangan menjual katering dengan harga yang terlalu mahal
  • Kualitas makanan harus menjadi nomor satu
  • Bulatkan tekad dan niat.

Tips Memiliki Bisnis Katering Sukses

 

Terdapat banyak alasan seseorang untuk membuka usaha yang satu ini. Salah satunya karena banyaknya minat pembeli makanan dalam jumlah besar maupun kecil setiap harinya. Tentu saja hal ini terjadi karena mengingat makanan adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi.

Nah, bagi Anda yang ingin sukses dalam bisnis ini, lakukanlah beberapa tips sebagai berikut:

  1. Tentukan Jenis Katering yang Akan Dipasarkan

Dalam bisnis yang satu ini terdapat 4 jenis katering yang bisa Anda pasarkan. Tidak semua jenis katering bisa Anda lakukan dalam sekaligus. Tentunya Anda harus memilihnya salah satu jenis saja. Hal ini dilakukan agar usaha sampingan ini bisa stabil. Jenis-jenis katering yang bisa Anda pilih diantaranya sebagai berikut:

  • Katering khusus acara besar
  • Katering khusus kantoran
  • Katering khusus anak sekolah
  • Katering khusus rumahan.
  1. Carilah Pengalaman Pada Bidang yang Sama

Bagi Anda yang ingin membuka usaha mandiri alangkah baiknya jika Anda bekerja atau menjadi karyawan terlebih dahulu pada sebuah perusahaan katering yang sudah ada. Setelah menjadi karyawan, nantinya Anda akan mendapat pengalaman dan mengetahui banyak hal.

Ya, misalnya seperti bagaimana rantai konsumen berjalan, pembukuan keuangan hingga bagaimana cara untuk melayani konsumen dengan baik. Sebenarnya tanpa pengalaman, bisnis ini juga bisa langsung dilakukan. Namun, hasil yang akan diperoleh tidak maksimal jadi lebih baik untuk mencari pengalaman terlebih dahulu.

  1. Carilah Supplier Murah dan Berkualitas

Tips selanjutnya bagi Anda yang ingin sukses dalam menjalankan bisnis ini yaitu mendapatkan supplier dengan harga miring atau lebih murah dari harga pasaran. Tentunya hal ini dilakukan agar bisa lebih mudah dalam mengelola keuangan.

  1. Tentukan Nama Brand untuk Bisnis Katering

Nah, nama brand dalam usaha katering memiliki peran yang sangat penting. Jadi, usahakan nama yang digunakan menarik, mudah diingat dan tidak mempunyai kesamaan dengan nama yang sudah ada sebelumnya. Sebab, nama brand akan selalu diingat oleh konsumen.

  1. Rekrut Karyawan

Tidak akan ada usaha yang bisa berkembang pesat jika hanya dilakukan oleh seorang diri. Mulailah rekrut karyawan untuk membantu melakukan semua pekerjaan Anda. Usahakan karyawan tersebut memiliki kriteria seperti di bawah ini:

  • Sanggup untuk mengirim pesanan
  • Pintar dalam bidang memasak
  • Dapat mengelolakeuangan dengan baik dan benar serta jujur
  • Memiliki hubunganbaik terhadap semua orang atau ramah
  • Punya keahlian dalammempromosikan makanan.
  1. Lakukan Promosi yang Efektif

Hingga saat ini, model promosi yang sangat cepat dan efektif adalah promosi dari mulut ke mulut. Namun, untuk memperbanyak peminat Anda juga bisa melakukan promosi melalui media sosial, website, toko online dan lain-lain. Pastikan tawaran yang diberikan menarik dari segi tampilan hingga rasa.

    7. Daftar Fastpay

 Manfaatkan layanan yang lengkap untuk menunjang bisnis katering Anda. Peluang untung bisa Anda dapatkan dari Layanan yang disediakan oleh Fastpay!

Setiap acara besar seperti acara hajatan dan lain-lain tentu membutuhkan jasa katering untuk melengkapi kebutuhan pangan. Apabila dibuat dengan tenaga sendiri pasti waktunya tidak akan cukup, sehingga kebanyakan orang memilih untuk memesan katering. Selain memiliki harga yang relatif murah menggunakan katering juga tepat waktu.

Dengan adanya peristiwa tersebut, Anda bisa memanfaatkan bisnis katering ini sebagai usaha sampingan lho. Tentunya usaha ini memiliki peluang besar dan menjanjikan. Nah, jika Anda ingin memulai untuk membuka usaha yang satu ini, gunakanlah beberapa cara dna juga tipsnya seperti ulasan di atas. Semoga informasi ini berguna bagi Anda para pebisnis pemula.


Terus ikuti informasi terupdate di Social Media Toko Modern Fastpay
:
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official

Berikan layanan tambahan untuk menjadi unggulan dari Katering Anda. Dengan bergabung dengan Toko Modern Fastpay, sekali jalan bisnis laundry juga bisa bayar tagihan, isi pulsa, bahkan bisa mengirimkan uang tanpa rekening bank di Loket Katering Anda!

banner Peluang Bisnis Katering. Penghasilan Tambahan yang Menggiurkan!

Tim SBF