Naik Kereta di Stasiun Gambir dan Pasar Senen Terintegrasi PeduliLindungi

Sebarkan artikel ini

Selama pandemi dan masa PPKM, syarat naik kereta api adalah telah divaksin dan tes antigen atau PCR, kini boarding kereta api telah terintegrasi dengan PeduliLindungi. Seperti apakah? Simak selengkapnya di bawah.

Perjalanan dengan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa yang mewajibkan penumpang memiliki bukti telah melakukan vaksin pertama dalam bentuk Kartu Vaksinasi, e-sertifikat maupun bukti vaksin elektronik lainnya tertuang Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan RI No 42 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 14 Tahun 2021.

Selama kebijakan PPKM berlaku dan untuk menekan penyebaran virus Covid-19, bagi penumpang kereta api kini naik kereta dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen bisa menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Persyaratan perjalanan menggunakan transportasi kereta api (KA) ikut mengalami penyesuaian, salah satunya penumpang KA wajib menunjukkan bukti telah melakukan vaksin, minimal vaksin dosis pertama.

Daop 1 Jakarta melakukan integrasi boarding pass dengan aplikasi PeduliLindungi untuk mengetahui apakah calon penumpang layak bepergian atau tidak layak bepergian dengan melengkapi syarat sudah melakukan vaksin.

Dengan inovasi pada sistem boarding ticketing kereta ini, nantinya pada saat calon penumpang melakukan proses boarding, pada layar PC boarding akan terlihat:

  • Data vaksinasi calon penumpang yang bersangkutan.
  • Hasil dan masa berlaku RT-PCR atau Antigen dengan hasil negatif/positif

Pada saat melakukan boarding, calon penumpang tetap wajib menunjukkan boarding pass, kartu identitas calon penumpang yang berlaku, dan surat keterangan lainnya yang di persyaratkan dan tidak terdapat pada PC boarding (misalnya, bagi penumpang yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter spesialis)

Data integrasi tersebut akan muncul jika saat pembelian tiket pelanggan menggunakan NIK atau reduksi membership sesuai dengan NIK saat melakukan pemeriksaan di klinik atau laboratorium yang sudah terintegrasi sistem Kementerian Kesehatan RI Peduli Lindungi.

Jika ditemukan calon penumpang yang belum terintegrasi datanya di PC boarding, maka pemeriksaan persyaratan protokol kesehatan tetap menggunakan manual dan tetap wajib menunjukkan boarding pass, identitas calon penumpang.

Persyaratan protokol kesehatan yang saat ini ditetapkan untuk dapat menggunakan KA jarak jauh diantaranya:

  1. Berusia minimal 12 tahun.
  2. Dokumen RT-PCR masa berlaku 2×24 jam atau antigen masa berlaku 1×24 jam dengan hasil negatif.
  3. Sudah di vaksin minimal dosis 1.

Syarat naik kereta api juga berlaku bagi calon penumpang anak-anak yang mempunyai ketentuan sendiri sebagaimana penjelasan di bawah.

Ketentuan Perjalanan Kereta Api bagi Penumpang Anak-anak

Penumpang anak-anak di bawah usia 12 tahun untuk sementara waktu tidak diperkenankan melakukan perjalanan dalam negeri antar wilayah provinsi/kabupaten/kota.

Penumpang anak mulai usia 12 tahun ke atas wajib menunjukkan kartu vaksin baik cetak atau online minimal dosis pertama dan menujukkan dokumen hasil negatif PCR (2×24 jam) atau rapid antigen (1×24 jam)

Bagi calon penumpang usia di bawah 12 tahun, tiket dapat dibatalkan di loket stasiun atau lewat WA KAI121 (08111-2111-121) paling lambat H+7 dari tanggal keberangkatan yang tertera di tiket.

Pengembalian bea 100% (diluar bea pesan), secara tunai di loket atau lewat WA KAI121 dengan proses transfer 14 hari.

Syarat naik kereta api bagi anak-anak sebagai peraturan yang berlaku wajib ditaati oleh penumpang kereta api.

Mari bijak dalam melakukan mobilitas dan perjalanan dengan tetap menerapkan protokel kesehatan.

Beli tiket kereta dengan mudah bisa melalui Loket Fastpay terdekat, pastikan usia calon penumpang kereta sesuai dengan peraturan yang ada saat ini. Dan patuhi persyaratan naik kereta api yang telah ditentukan.

Lokasi Stasiun Kereta Api dengan Fasilitas Rapid Antigen

Berikut daftar stasiun yang melayani rapid antigen.

Daop 1 Jakarta: Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikampek, Karawang

Daop 2 Bandung: Bandung, Kiaracondong, Cimahi, Cibatu, Purwakarta, Tasikmalaya, Banjar, Cipendeuy

Daop 3 Cirebon: Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Pegadenbaru, Babakan, Haurgeulis, Brebes

Daop 4 Semarang: Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Pekalongan, Cepu, Pemalang, Weleri, Ngrombo

Daop 5 Purwokerto: Purwokerto, Kutoarjo, Gombong, Kebumen, Kroya, Sidareja, Maos, Cilacap

Daop 6 Yogyakarta: Yogyakarta, Solo Balapan, Solo Jebres, Lempuyangan, Wates, Klaten, Purwosari, Sragen

Daop 7 Madiun: Madiun, Jombang, Blitar, Kediri, Tulungagung, Kertosono, Nganjuk

Daop 8 Surabaya: Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, Sidoarjo, Lamongan, Mojokerto, Babat, Kepanjen, Bojonegoro

Daop 9 Jember: Jember, Ketapang, Kalisetail, Probolinggo, Rogojampi, Banyuwangi

Divre I Sumatera Utara: Medan, Tebing Tinggi, Kisaran, Mambang Muda, Rantau Prapat, Tanjung Balai, Siantar

Divre III Palembang: Kertapati, Lahat, Lubuk Linggau, Prabumulih, Muara Enim, Tebing Tinggi

Divre IV Tanjungkarang: Tanjungkarang, Martapura, Kotabumi, Baturaja

Terbuka Peluang Bisnis Agen Tiket dan PPOB

Bisnis tiket dan agen PPOB menjadi bisnis yang menguntungkan. Meski di masa pandemi, namun kebutuhan digital masyarakat Indonesia menjadi hal yang utama, seperti bayar tagihan, beli pulsa data internet, voucher game, top up saldo emoney atau kebutuhan beli tiket pesawat, kereta, bus AKAP, atau pengiriman barang.

Semua bisa dilakukan di Loket Fastpay sebagai bisnis PPOB yang menjanjikan. Bisnis Fastpay bisa dikelola oleh siapa saja dengan modal kecil. Kesempatan masih terbuka lebar untuk membuka bisnis PPON dan agen tiket bersama Fastpay.

__________

Tentang Bisnis PPOB dan Tiket Fastpay

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB dan Agen Tiket Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/