Mudahnya Pakai QRIS! Bayar-bayar Tinggal Scan!

Sebarkan artikel ini

Disadari atau tidak, saat ini penggunaan uang digital untuk transaksi semakin luas dan menjadi trend untuk para pelaku bisnis. Ya, sudah jamak diketahui bahwa para pelaku bisnis menyediakan opsi transaksi lewat QR Code sebagai salah satu pilihan pembayaran di toko mereka. Nah, pembayaran melalui QR code ini memang menjadi variasi dari pembayaran digital yang bisa dilakukan.

Dalam sejarahnya, QR code merupakan sebuah kode matriks atau kode dua dimensi yang dulunya dibuat oleh perusahaan Jepang pada tahun 1994. Nama QR adalah singkatan dari Quick Response yang artinya kode ini diciptakan untuk memudahkan kamera digital melakukan proses pindai dengan cepat.

Selain itu, perlu diketahui bahwa QR code berisi berbagai informasi, seperti alamat URL, teks, nomor telepon dan lainnya. Nah, perkembangan teknologi mengubah fungsi QR menjadi alat pembayaran cashless yang menawarkan kemudahan dan efisiensi pembayaran. Bagaimana tidak, untuk melakukan transaksi lewat QR Code, Anda hanya perlu menggunakan smartphone dan koneksi internet.

Secara sekilas, pembayaran menggunakan QR code ini cenderung lebih ringkas dan lebih cepat bahkan jika dibandingkan dengan model pembayaran cashless lainnya yang menggunakan kartu. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai pembayaran melalui QR code dan beberapa hal penting lainnya.


Keuntungan Transaksi Lewat QR Code

Sebagai sebuah teknologi pembayaran baru untuk transaksi digital, tentu QR code menawarkan beberapa keuntungan yang baru yang bisa dinikmati baik oleh penjual ataupun konsumen. Nah, adapun beberapa keuntungan yang akan didapatkan dari transaksi yang dilakukan melalui QR code adalah sebagai berikut:

  • Transaksi yang Lebih Ringkas

Pada dasarnya, pembayaran digital menyediakan cara transaksi yang cenderung lebih ringkas dibandingkan dengan pembayaran dengan cara cash. Ya, ada pergeseran penggunaan uang tunai menjadi byte komputer dalam model pembayaran ini.

Namun, transaksi lewat QR Code bisa dikatakan merupakan model transaksi yang jauh lebih ringkas dibandingkan dengan model pembayaran digital lainnya. Dalam hal ini, Anda tidak perlu menggunakan kartu apalagi uang untuk membayar barang yang Anda beli. Untuk membayar tagihan, Anda hanya perlu melakukan scan QR code tersebut dan secara otomatis transaksi sudah terbayar.

  • Mudah Digunakan

Selain ringkas, QR code juga sangat mudah digunakan untuk melakukan pembayaran segala jenis transaksi. Dalam hal ini, Anda tidak perlu mencari ATM untuk melakukan pembayaran ketika tidak menggunakan uang cash. Selain itu, Anda juga tidak perlu menghitung kembalian dalam sebuah transaksi yang dilakukan atau bahkan tidak perlu menggesek kartu.

Nah, pembayaran melalui QR code bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. Bahkan, smartphone yang digunakan pun juga tidak perlu memiliki spesifikasi khusus untuk menjadi media pembayaran.

  • Lebih Hemat Waktu

Keuntungan lain dari transaksi lewat QR Code yang didapatkan baik untuk penjual dan konsumen adalah transaksi yang lebih hemat waktu. Bayangkan jika Anda berada di toko yang ramai dan antre untuk membayar. Tentu, Anda akan membuang cukup banyak waktu untuk transaksi, terlebih ketika penjual harus memberikan uang kembalian.

Nah, dengan menggunakan QR code, kerepotan seperti contoh di atas tidak akan terjadi. Dalam hal ini, pembeli hanya perlu melakukan scan QR code dan penjual tidak perlu menghitung total transaksi ataupun memberikan kembalian. Tentu, transaksi bisa selesai bahkan dalam waktu kurang dari satu menit.

  • Aman Digunakan

Keamanan juga menjadi keuntungan lain yang didapatkan dalam penggunaan QR code sebagai media transaksi. Dalam hal ini, seluruh transaksi yang dilakukan dengan QR code akan terekam dalam history transaksi yang mudah untuk dicek. Selain itu, meskipun sederhana, namun QR code juga tetap menggunakan pin sebagai bagian dari keamanan.

 


QRIS, Pembaruan Transaksi Lewat QR Code

Seiring waktu berjalan, transaksi melalui QR code mengalami beberapa pembaruan yang cukup signifikan. Salah satu pembaruan tersebut adalah penggunaan QRIS sebagai teknologi baru. Nah, sebelumnya, Anda –sebagai pelaku usaha, perlu menyediakan beberapa QR code yang berbeda sesuai dengan penyedia layanan transaksi.

Meskipun hal tersebut terlihat cukup simple, namun tetap saja ada kerepotan tersendiri yang muncul, terlebih ketika Anda memiliki space terbatas untuk melayani pembayaran dan juga keterbatasan kemampuan untuk mendaftar merchant. Nah, QRIS muncul sebagai solusi paling mutakhir yang bisa Anda gunakan.

Dengan menggunakan QRIS, Anda hanya perlu menyediakan satu QR code saja untuk melakukan beragam jenis transaksi digital. Tentu saja, dengan hanya satu QR code tersebut, Anda akan memiliki sistem pembayaran digital yang jauh lebih ringkas dan lebih efisien. Tidak hanya itu, seluruh transaksi digital akan terpusat dan akan lebih mudah untuk pembukuan.

Nah, tunggu apalagi, segera lengkapi toko Anda dengan QRIS untuk transaksi lewat QR Code yang lebih cepat, efisien, dan tentu saja aman!

Tim SBF