Mohon Perhatian! Wajib Menggunakan PIN Saat Transaksi Menggunakan Kartu Kredit!

Di zaman yang semakin canggih ini banyak sekali hal baru yang bermunculan. Bahkan segala sesuatu saat ini bisa dilakukan secara lebih cepat termasuk transaksi pembayaran. Salah satu hal yang mempengaruhinya adalah transaksi secara non tunai atau transaksi kartu kredit menggunakan PIN/OTP.

Selain cepat, transaksi secara non tunai ini juga jauh lebih aman lho. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi saat akan belanja dalam jumlah banyak. Dengan adanya transaksi secara non tunai menggunakan PIN/OTP juga dapat meminimalisir tingkat kejahatan. Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Aktivasi PIN di Beberapa Bank

Saat ini BI atau Bank Indonesia mewajibkan para pengguna kartu kredit untuk menggunakan PIN atau bisa disebut dengan Personal Identification Number yang terdiri dari 6 digit. Selain itu, kini tanda tangan juga sudah tidak diperlukan lagi. Nah, bagi Anda yang  belum mengaktifkan PIN berikut beberapa cara aktivasi PIN di beberapa bank:

  1. Bank Mandiri

Di era yang semakin canggih ini untuk mengurangi tingkat kejahatan, Anda bisa melakukan transaksi kartu kredit menggunakan PIN/OTP. Selain bisa lebih mudah dan cepat, menggunakan PIN/OTP juga lebih aman lho. Bagi Anda pengguna kartu kredit dari bank Mandiri berikut beberapa cara aktivasi PIN:

  • Melalui Mandiri Call

Bagi nasabah yang kartunya sudah aktif bisa mengaktifkan PIN dengan nomor HP yang terdaftar dalam sistem Bank Mandiri. Formatnya yakni ketik OTPCC16 digit nomor kartu (contoh: OTPCC 4159323000063937). Kemudian, kirim ke 3355 dan tunggu hingga mendapat balasan SMS dari 3355 yang berisi kode OTP.

Setelah itu, lanjutkan aktivasi PIN melalui mandiri Call di 14000. Lalu, masukkan tanggal lahir dan nomor kartu kredit. Kemudian, klik 2 untuk membuat PIN dan masukkan kode OTP serta buat 6 digit PIN sesuai dengan keinginan. Langkah selanjutnya konfirmasi PIN tersebut.

  • Melalui ATM

Bagi Anda para nasabah yang sudah memiliki kartu kredit aktif, PIN dapat didapatkan melalui ATM dengan cara yang sangat mudah. Ya, langkah pertama yakni mengirim SMS ke 3355 seperti pada cara Mandiri call. Kemudian, Anda bisa langsung aktivasi PIN di ATM terdekat.

Cara aktivasinya yakni dengan ketik kode OTP yang diterima melalui SMS sebelumnya. Jangan lupa gunakan kode OTP sebagai PIN awal. Lalu, klik menu “Buat PIN” dan masukkan kembali kode OTP. Setelah itu, masukkan 6 digit PIN dan konfirmasi PIN yang sudah dibuat.

  1. Bank BRI

Nah, bagi para nasabah BRI yang belum memiliki PIN tentunya kini Anda bisa membuatnya dengan berbagai cara. Ya, salah satunya adalah dengan menghubungi call center BRI 14017. Bagi Anda yang akan mengaktivasi PIN dengan cara menghubungi call center, langkah pertama yang harus dilakukan adalah hubungi 14017.

Setelah itu klik 2 untuk menu pengaktifan kartu. Lalu, petugas call center akan melakukan verifikasi data pribadi Anda dan membantu untuk memperoleh PIN. Kemudian, PIN akan dikirim melalui nomor Hp yang sudah terdaftar. Langkah selanjutnya, ubah PIN sementara tersebut ke ATM BRI terdekat agar bisa digunakan untuk transaksi.

Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit di Loket Fastpay

Tagihan bulanan merupakan salah satu hal yang tidak bisa ditinggalkan. Kini Anda bisa membayarnya dengan cara melakukan transaksi kartu kredit menggunakan PIN/OTP agar lebih aman. Selain itu, Anda juga bisa membayar tagihan bulanan di loket fastpay lho.

Tentu saja caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengunjungi outlet fastpay terdekat dan lakukan transaksi. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menggunakan smartphone atau PC untuk melakukannya. Sehingga Anda tidak perlu susah payah untuk pergi ke luar rumah dan tentunya bisa dilakukan kapan saja.

Kelebihan Loket Fastpay

Segala sesuatu pasti memiliki kelebihannya tersendiri tak terkecuali fastpay. Banyak sekali kelebihan dari fastpay yang bisa Anda nikmati. Salah satunya adalah lebih cepat dan mudah tanpa harus antri. Selain itu, masih banyak lagi kelebihan fastpay untuk Anda, diantaranya seperti:

  • Proses aktivasi mudah dilakukan
  • Proses pendaftaran gratis
  • Dapat digunakan pada smartphone atau komputer dengan mudah
  • Deposit paling mudah tanpa batasan nominal
  • Komisi yang menguntungkan di setiaptransaksi dalam bentuk saldo atau e-money
  • Reward atau penghargaan bagi best member
  • Tersedia komunitas atau jaringan member untuk komunikasi secara lebih mudah
  • Terdapat berbagai macam promo yang tersedia setiap saat dan tentunya sangat menguntungkan untuk member
  • Sertifikasi ISO27001:2013 yang menjamin keamanan layanan
  • Saldo dapat diuangkan dalam bentuk cash dan bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Saat ini transaksi kartu kredit menggunakan PIN/OTP sudah menjadi suatu kewajiban. Bukan hanya bisa dilakukan lebih cepat saja, tapi dengan menggunakan PIN juga dapat meminimalisir tingkat kejahatan. Sehingga setiap orang kini wajib menggunakan PIN bukan tanda tangan lagi. Jadi, buruan lakukan transaksi secara non tunai sekarang juga!

Tim SBF