Menilik Kecanggihan QRIS! Keuntungan bagi Pelaku Usaha!

Sebarkan artikel ini

Bisa dikatakan bahwa saat ini pembayaran digital menjadi salah satu teknologi yang dikembangkan dan diaplikasikan ke banyak jenis bisnis. Perkembangan yang cukup signifikan ini tentu saja butuh standarisasi untuk membuat setiap pembayaran menjadi lebih aman, akurat dan tentu saja efisien. Oleh karena itu, pemerintah mengeluarkan QRIS sebagai sebuah dukungan.

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan sebuah standard dari kode QR yang secara nasional dikeluarkan untuk menjadi fasilitas pembayaran digital yang dilakukan melalui beragam aplikasi pembayaran elektronik, dompet digital dan juga mobile banking. Program ini merupakan terobosan dari Bank Indonesia yang bekerja sama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia.

Tentu, kehadiran QRIS adalah salah satu bentuk pembaruan yang cukup menguntungkan, terlebih program ini juga canggih. Dengan menggunakan standard kode QR ini, maka pelaku bisnis bisa menyediakan akses pembayaran digital meskipun hanya menyediakan satu kode QR saja, setelah sebelumnya mereka harus menyediakan berbagai kode QR yang berbeda sesuai dengan jenis aplikasi pembayaran.


QRIS: Solusi Efisiensi Pembayaran Digital

Salah satu kecanggihan yang dimiliki oleh program QRIS adalah efisiensi dalam pembayaran digital yang dilakukan. Tentu, dengan menggunakan standard kode ini, maka pembayaran digital bisa dilakukan dengan lebih universal dan lebih mudah. Tidak hanya itu, inklusi keuangan pun akan cenderung lebih cepat dan pertumbuhan ekonomi bisnis masyarakat bisa berjalan dengan lebih maksimal.

Dalam kampanye yang dilakukan, QRIS mengusung semangat UNGGUL untuk para pelaku bisnis yang artinya adalah:

  • Universal: QRIS bersifat inklusif dalam pembayaran digital. Artinya, sistem ini bisa digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat yang berbeda dan juga mendukung transaksi yang dilakukan baik dalam dan luar negeri.
  • Gampang: transaksi yang dilakukan dengan program ini akan cenderung lebih mudah. Pelanggan bisa melakukan transaksi dengan menggunakan smartphone mereka.
  • Untung: QRIS akan memberikan keuntungan yang maksimal baik untuk pembeli ataupun penjual karena sistem pembayaran ini sangat efisien. Dengan hanya menyediakan satu kode QR saja, maka pembeli bisa melakukan pembayaran menggunakan beragam aplikasi dompet digital yang berbeda.
  • Langsung: transaksi yang dilakukan dengan QRIS bisa dilakukan dengan cepat dan instan tanpa adanya kendala.

Beragam Manfaat QRIS Untuk Pelaku Bisnis

Kehadiran QRIS tentu memberikan angin segar yang baru bagi para pelaku bisnis. Ada banyak manfaat dan keuntungan yang akan didapatkan pelaku bisnis yang menggunakan teknologi baru ini. Adapun beberapa manfaat penggunaan QRIS bagi para pelaku bisnis adalah sebagai berikut:

  • Transaksi Menjadi Lebih Mudah

Sebelum adanya QRIS, transaksi digital di toko bisa dikatakan masih cukup ribet. Anda sebagai pemilik toko harus menyiapkan beberapa kode QR yang berbeda sesuai dengan jenis dompet digital yang digunakan. Nah, dengan munculnya QRIS, transaksi non-tunai bisa dilakukan dengan lebih cepat karena Anda hanya perlu menyediakan satu kode QR saja untuk seluruh jenis transaksi.

  • Menyediakan AlternatifPembayaran yang Lebih Banyak

Sebagaimana disinggung di awal bahwa QRIS akan membuat transaksi non-tunai menjadi lebih cepat dan lebih beragam. Dengan teknologi ini, maka Anda bisa menerima pembayaran dari beragam bank digital dan dompet digital seperti Dana, OVO, LinkAja, Gopay, ShopeePay dan lainnya.

  • Meja Kasir Menjadi Lebih Rapi

Karena Anda hanya perlu menyediakan satu kode QR saja ketika menggunakan QRIS, maka meja kasir yang ada di toko Anda pun akan cenderung terlihat lebih rapi serta lebih nyaman dipandang mata. Tentu, ini juga menjadi salah satu hal yang sangat membantu, terutama jika Anda memang memiliki space yang cenderung kecil untuk melayani pembayaran.

  • Memudahkan Mendaftar Merchant

Menjadi merchant memang menjadi keuntungan karena akses pembayaran digital akan menjadi lebih banyak. Nah, salah satu manfaat dari QRIS adalah memudahkan Anda mendaftar merchant. Dalam hal ini, Anda bisa mendaftar merchant dari berbagai penyedia dengan tetap menyediakan satu buah kode QR saja

  • Memudahkan Perhitungan Keuangan

Tentu, melakukan perhitungan keuangan menjadi hal yang sangat penting dan harus dilakukan. Nah, QRIS akan memudahkan Anda dalam melakukan perhitungan. Seluruh dana masuk bisa dipantau secara real time dan dalam satu pintu saja. Oleh karenanya, Anda bisa menyelesaikan perhitungan keuangan bisnis tanpa ribet dan cenderung lebih mudah.

Adanya QRIS tentu menjadi warna baru dalam bisnis yang berafiliasi dengan pembayaran digital sebagaimana perkembangan teknologi saat ini. Oleh karena itu, untuk Anda yang ingin memajukan usaha Anda, maka berpikir terbuka tentang perkembangan teknologi menjadi hal yang harus dilakukan.

Nah, dengan beragam manfaat yang bisa didapatkan, mendaftar QRIS adalah hal yang harus segera Anda lakukan. Lakukan pendaftaran dan dapatkan kode QR universal Anda untuk memudahkan transaksi dan merasakan manfaat lainnya. Ada cukup banyak agen yang menyediakan layanan ini. Salah satu agen terpercaya yang bisa Anda jadikan rujukan pendaftaran QRIS adalah Fastpay.

Tak hanya menyediakan QRIS, Fastpay juga memiliki segudang keunggulan sebagai PJSP ( Perusahaan Penyelenggara Sistem Pembayaran) yang memiliki fitur-fitur canggih untuk usaha Anda!

Tim SBF