Mengupas Apa Itu Cashless, Lengkap dengan Kekurangan dan Kelebihannya

Sebarkan artikel ini

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, banyak sekali manusia yang berlomba-lomba agar bisa menciptakan teknologi terbaru yang bisa menunjang kualitas kehidupan. Maka sudah bukan menjadi sebuah keheranan jika kemajuan teknologi akan semakin pesat setiap waktunya.

Salah satu teknologi terbaru yang ada di bidang keuangan terkini dan sering dimanfaatkan adalah metode pembayaran cashless. Lantas apa itu cashless? Secara garis besar cashless merupakan sebuah cara untuk bertransaksi atau proses pembayaran tanpa harus menggunakan uang fisik.

Proses pembayaran disini dilakukan dengan menggunakan semacam electronic money, sehingga dengan begitu masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan pembayaran atau melakukan transaksi keuangan kapanpun dan dimanapun.

Pengertian Cashless

Cashless berasal dari kata yang secara harfiah berarti tidak atau tanpa menggunakan uang tunai. Saat ini sistem cashless mengacu pada penggunaan pembayaran yang berbentuk pembayaran digital. Hal ini berlaku untuk berbagai jenis pembayaran dan transaksi yang dilakukan oleh setiap individu.

Manfaat Cashless

Mengacu pada definisi apa itu cashless meskipun belum begitu maksimal, ternyata aktivitas penggunaan sistem cashless sudah meningkat di masyarakat. Hal ini sedikit banyak memberikan manfaat baik untuk pelaku maupun untuk negara. Berikut manfaat yang bisa didapatkan:

  1. Bagi Individu
    Manfaat cashless bagi individu yang bisa didapatkan ialah karena sistem ini sangat nyaman untuk digunakan serta praktis untuk semua orang. Anda tidak perlu lagi direpotkan dengan membawa banyak uang tunai sehingga bisa meminimalisir risiko.

    Bahkan jika Anda melakukan transaksi di negara lain, Anda juga tidak perlu lagi membawa uang tunai karena sebagian besar transaksi di negara lain juga sudah menganut sistem pembayaran tanpa uang tunai ini.

    Bukan hanya itu saja, dengan menggunakan sistem cashless Anda juga bisa melihat riwayat transaksi yang Anda lakukan. Mengecek riwayat pengeluaran yang Anda gunakan dengan mudah, serta bisa mengelola anggaran dengan cerdas.

  2. Bagi Negara
    Bukan hanya individu saja yang diuntungkan oleh adanya sistem cashless karena negara pun ikut terkena dampak keuntungannya. Hal ini dikarenakan koleksi pajak negara akan meningkat secara signifikan.

    Oleh karenanya, pendapatan tersebut bisa digunakan untuk kepentingan infrastruktur pembangunan bagi masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan negara.
Faktor Pemicu Cashless

Meninjau dari pengertian apa itu cashless selain alasan biaya penerbitan, perawatan dan distribusi ternyata terdapat faktor lain yang menjadi pemicu terciptanya gagasan mengenai cashless diantaranya:

  1. Kesadaran akan banyaknya potensi kecurangan serta kejahatan yang semakin marak. Kejahatan tersebut bisa diakibatkan oleh adanya uang fisik sehingga bisa menimbulkan masalah seperti beredarnya uang palsu
  2. Kesadaran jika dalam masyarakat tidak bergantung dengan adanya uang fisik, hal ini justru akan mempermudah tugas pemerintah dalam mengelola serta mengawasi transaksi-transaksi dari kegiatan ekonomi. Laporan transaksi dan perdagangan ekonomi bisa diakses dengan menggunakan laporan-laporan elektronik.
  3. Transaksi dengan menggunakansistem cashless tidak melibatkan perpindahan uang secara fisik, sehingga hal ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya korupsi dan kolusi di antara pihak-pihak yang melakukan transaksi. Terutama transaksi yang berkaitan dengan pelayanan publik.
Kekurangan Cashless

Dengan melakukan metode pembayaran cashless ternyata tidak luput juga dari kekurangan. Mau tahu apa kekurangan dari cashless? Berikut pemaparannya:

  1. Lebih Konsumtif
    Seperti yang sudah di jelaskan di bagian apa itu cashless yakni transaksi tanpa melibatkan uang tunai, hal ini juga akan sangat berpengaruh terhadap perilaku konsumtif manusia. Contohnya ketika banyak sekali penawaran promo menarik maka akan menyebabkan Anda mudah tergiur. Hal tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap pengeluaran yang semakin tidak terkontrol.

  1. Rentan Cyber Crime
    Dengan memiliki uang elektronik tentu akan memudahkan segala bentuk transaksi yang akan Anda lakukan. Namun tahukah Anda jika uang elektronik akan rentan terhadap aksi kejahatan cyber crime?

    Hal ini lah yang menjadi salah satu kekurangan dari sistem transaksi cashless. Sebagai saran, Anda diperlukan untuk membuat password serta menggantinya secara berkala agar tidak mudah jatuh ke pihak lain. Dan lagi, Anda juga harus berhati-hati dalam menyimpan uang elektronik Anda.

  2. Cenderung Boros
    Meskipun rasanya tidak memegang uang karena memang uang tersebut berwujud elektronik, namun justru hal tersebutlah yang memicu kecenderungan seseorang ingin berbelanja. Karena dirasa tidak mengeluarkan uang sama sekali, membuat pikiran Anda melayang dan terus menerus membeli barang. Bahkan bisa saja barang yang Anda beli bukan termasuk barang yang Anda butuhkan. Barulah kemudian Anda akan sadar jika pengeluaran sudah membengkak.

  1. Terbatas
    Meskipun sangat mempermudah proses transaksi, namun masih sedikit vendor yang melakukan kerjasama dengan para penyedia sistem cashless ini. Oleh karenanya, hal ini akan membuat penggunanya merasa kesulitan dalam menemukan tempat yang bisa melakukan pembayaran dengan sistem cashless. Karena tidak semua tempat menawarkan sistem pembayaran melalui uang elektronik ini.
Kelebihan Cashless

Meskipun baru muncul beberapa tahun dan masih banyak yang awam mengenai pengertian apa itu cashless namun sudah banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakannya seperti:

  1. Praktis
    Kelebihan pertama yang dimiliki dari tren cashless ini adalah Anda akan lebih memudahkan dalam melakukan pembayaran karena site mini lebih praktis dan aman. Anda juga tidak perlu repot-repot membawa banyak uang di dalam dompet yang rawan akan resiko pencurian.

  1. Tidak Perlu Kembalian
    Dalam mengelola kembali saat berbelanja dengan menggunakan uang tunai terkadang memang sangat sulit. Karena bukan pecahan uang lembar seribu saja yang akan Anda dapatkan namun terkadang juga uang koin. Nah, dengan menggunakan sistem cashless Anda tidak perlu khawatir dengan segala bentuk kembalian, karena disini Anda hanya perlu membayar sesuai dengan nominal harga yang tertera saja.

  1. Banyak Promo
    Keuntungan yang paling menarik dari berbelanja menggunakan cashless ialah Anda bisa menikmati berbagai macam promo. Bukan hanya diskon pada makanan saja, namun Anda juga bisa berbelanja dengan mendapatkan harga yang lebih murah. Akan tetapi perlu diingat, jangan terlalu tergiur dengan berbagai tawaran promo karna akan menimbulkan perilaku konsumtif. Gunakan promo sebutuhnya saja.

  1. Lebih Mudah Mengatur Pengeluaran
    Memang sudah menjadi hal lumrah jika Anda sering bingung dengan kemana larinya uang yang Anda miliki. Ketika menggunakan cashless hal tersebut sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi. Hal ini dikarenakan sistem cashless bisa mengontrol semua pengeluaran. Setiap transaksi apapun akan tercatat dengan benar di sistem ini. sehingga Anda bisa lebih mudah dalam mengatur keuangan Anda.

  1. Lebih Nyaman
    Cashless akan membuat setiap transaksi yang Anda lakukan terasa jauh lebih nyaman. Karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk keperluan membayar dan cukup mengeluarkan uang elektronik saja.

  2. Terhindar dari Pencurian
    Ketika Anda menyimpan uang dalam jumlah banyak di dalam tas ataupun dompet, tentu akan menimbulkan kekhawatiran akan kejahatan di luar sana. Hal ini jelas berbeda dengan penggunaan uang elektronik. Anda bisa menyimpannya didalam dompet jika berbentuk kartu dan menyimpan di handphone jika berwujud aplikasi. Meskipun handphone dan kartu Anda bisa diambil alih, namun tetap tidak bisa digunakan karena Anda sudah menerapkan sistem password. Jadi Anda tinggal mengatur ulang dan uang Anda akan tetap aman.

Nah setelah mengetahui apa itu cashless bagaimana pendapat Anda sekarang? Apakah masih akan bertahan dengan uang tunai atau ingin berpindah ke uang elektronik? Semua pilihan ada di tangan Anda.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! 

facebook-sentra-bisnis-fastpay Mengupas Apa Itu Cashless, Lengkap dengan Kekurangan dan Kelebihannya

Tim SBF