Mengulik Peluang Usaha Menjahit, Bisnis Rumahan dengan Omset Menggiurkan

Sebarkan artikel ini

Pakaian yang notabene merupakan salah satu kebutuhan primer manusia ini memang penting keberadaannya. Kebutuhan ini harus dipenuhi demi menjalani kehidupan yang lancar. Bermula dari alasan sebagai kebutuhan primer atau pokok, saat ini pakaian sudah bukan sekedar alat penutup badan tetapi juga sebagai trend mode agar terlihat lebih modis.

Modelnya yang semakin bervariasi memunculkan peluang bisnis baru yang berhubungan dengan bisnis pakaian ini. mulai dari bisnis berjualan pakaian jadi hingga peluang usaha menjahit baju  sesuai dengan keinginan. Pada kenyataannya memang bisnis yang berkaitan dengan pakaian ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Akan tetapi, bagi sebagian orang menjahit pakaian sendiri dianggap lebih menarik ketimbang membeli yang sudah jadi. Berbagai alasan muncul terkait alasan utama lebih dipilihnya jasa penjahit ini. yang pasti dengan menjahit Anda bisa mendapatkan pakaian yang sesuai dengan keinginan, baik dari segi model, bahan hingga ukuran.

Mengapa peluang usaha menjahit termasuk kedalam bisnis yang menggiurkan? Apa saja alasan serta keuntungan yang akan di dapat? Agar lebih jelas, mari simak ulasannya berikut ini:

  1. Membutuhkan Keahlian Khusus

Seperti diketahui bersama bahwa seorang penjahit adalah seseorang yang memang bisa atau memiliki keahlian menjahit. Baik karena memang bakat atau karena sudah menjalani pelatihan serta kursus sebelumnya.

Pada intinya, tidak semua orang yang ingin memanfaatkan peluang usaha menjahit ini bisa menjalaninya langsung begitu saja. Apalagi jika dia belum pernah berlatih sebelumnya dan memang tidak ada keinginan untuk hal itu.

Biasanya seorang penjahit adalah orang yang memiliki kesabaran di atas rata-rata. Karena selain harus mengukur setiap bagian tubuh, seorang penjahit juga harus pandai-pandai membuat desain serta pola.

Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa kompetitor Anda semakin sedikit karena tidak semua orang bisa menjalaninya. Tapi jika Anda tidak memiliki kemampuan menjahit dan ingin tetap membuka usaha ini alternatifnya adalah mempekerjakan tukang jahit. Sehingga tugas Anda hanya memberikan modal dan memasarkan bisnis Anda tersebut.

  1. Semua Orang Membutuhkan

Peluang usaha menjahit ini memiliki prospek yang bagus, terlebih jika pada musim-musim tertentu. Seperti pada saat menjelang lebaran, menjelang tahun ajaran baru atau jika hendak ada acara penting seperti pernikahan.

Setiap menjelang lebaran banyak orang berbondong-bondong mencari penjahit untuk membuat baju lebaran, membuat seragaman bersama keluarga. Sedangkan pada saat tahun ajaran baru, para orang tua juga memburu para penjahit untuk menjahitkan seragam sekolah anak mereka.

Event selanjutnya ketika ada acara pernikahan tidak sedikit yang memutuskan untuk membuat baju sendiri di acara penting tersebut agar ukurannya bisa sesuai. Selain itu, banyak pula yang ingin membuat seragaman untuk sanak saudara atau sekedar sahabat dekat.  

Meskipun pendapatan hari-hari biasa dengan pada saat musim tersebut jelas jauh berbeda, tetapi hasil yang didapat pada hari biasa cukup lumayan menggiurkan loh. Masih ragu dengan hasil dari menjahit?

  1. Tidak Membutuhkan Modal Besar

Alasan lain mengapa peluang usaha menjahit ini harus Anda ambil adalah karena modal yang dibutuhkan tidak begitu besar. Sebab yang Anda butuhkan hanya ruangan yang luas, mesin jahit dan segala perlengkapannya. Untuk bahan pakaian biasanya para pelanggan akan membawanya sendiri.

Ruangan kerja penjahit memang harus luas karena biasanya mereka akan merentangkan kain yang lebar pada saat akan melakukan pemotongan kain sesuai pola. Anda bisa menyiapkan ruangan yang ada di rumah Anda, namun jika Anda memang ingin benar-benar fokus bisa juga mencari tempat yang disewakan. Tentunya pilihlah lokasi yang strategis sehingga keberadaan usaha Anda diketahui banyak orang.

Mesin jahit dan segala perlengkapan memang harganya tidaklah murah, akan tetapi paling tidak Anda membelinya hanya satu kali untuk bisa beroperasi selama beberapa waktu. Jadi jika pada awal memulai usaha Anda sudah membeli, bulan depan tidak perlu lagi membelinya. Lain halnya dengan usaha kuliner yang harus memperbaharui bahan bakunya setiap hari.

  1. Menjual Jasa

Peluang usaha menjahit ini bisa dikategorikan kedalam beberapa versi. Maksudnya yaitu ada penjahit yang hanya menjual jasanya dalam menjahitkan pakaian, ada pula penjahit yang memang sudah memproduksi pakaian sendiri sehingga tinggal memasarkan.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika penjahit yang menjual jasa, maka dia hanya akan menerima jahitan tanpa harus menyiapkan bahan terlebih dahulu. Sehingga persentase kerugiannya sedikit karena masalah yang mungkin muncul hanya jahitan lama tidak diambil atau bahkan ada pula yang tidak mengambilnya. Jika masalah tersebut terjadi, Anda hanya mengalami kerugian tenaga dan sedikit biaya.

Sedangkan jika Anda membuka bisnis menjahit dengan tipe yang memproduksi terlebih dahulu kemungkinan kerugian lumayan besar. Bayangkan saja jika Anda sudah membeli kain, kemudian menjahitnya menjadi sebuah pakaian dan selanjutnya dipasarkan tetapi tidak laku. Maka tentu saja Anda rugi waktu, tenaga hingga biaya pembelian kain.

4 alasan di atas yang harusnya Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengambil atau tidak peluang usaha menjahit ini. Pada dasarnya semuanya memiliki resiko serta keuntungannya masing-masing.

Nah, Anda juga dapat menambah peluang untung dengan mendaftar Fastpay. Karena Fastpay memiliki layanan yang sangat laris manis & dibutuhkan oleh masyarakat. Modalnya pun murah, bisnisnya pun dapat digelar dari rumah.

Berikan layanan tambahan untuk menjadi unggulan dari Usaha Menjahit Anda. Dengan bergabung dengan Toko Modern Fastpay, sekali jalan bisnis laundry juga bisa bayar tagihan, isi pulsa, bahkan bisa mengirimkan uang tanpa rekening bank di Usaha Menjahit Anda!

banner Mengulik Peluang Usaha Menjahit, Bisnis Rumahan dengan Omset Menggiurkan

Tim SBF