Mengenal QRIS Bank Indonesia dan Hal-Hal yang Berkaitan

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan sistem penyatuan QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran menggunakan QR Code. QR Code yang berfungsi disini adalah yang berstandar Bank Indonesia. QRIS Bank Indonesia mempercepat, memudahkan transaksi  menggunakan QR Code yang dapat digunakan berbagai macam agen atau penyedia jasa pembayaran yang menerapkan QRIS.

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, semua transaksi baik perdagangan, toko, warung, tiket wisata, pembayaran tagihan, dan transaksi lainnya dapat dibayarkan melalui aplikasi dari penyelenggara jasa sistem pembayaran baik bank maupun non bank.

Hal ini dikenal dengan uang elektronik atau e-money. Walaupun terbilang simple namun hal tersebut masih memerlukan beberapa QR untuk setiap transaksi yang berbeda. Nah, dengan adanya QRIS Bank Indonesia, semua QR dari berbagai aplikasi pembayaran dapat dibayarkan dengan satu kode QR walaupun dari PJSP yang berbeda.

QRIS ini masih terbilang baru, dan segelintir orang masih ada yang belum memahami apa sebenarnya QRIS BI itu. Apakah Anda termasuk didalamnya? Jika iya, silahkan simak beberapa informasi mengenai QRIS Bank Indonesia dibawah ini.

Karakteristik QRIS

QRIS Bank Indonesia memiliki karakteristik khusus untuk mewujudkan tujuannya secara optimal sebagai sistem pembayaran tercepat. Adapun karakteristiknya yaitu UNGGUL, yang memiliki arti:

  • Universal

QRIS BI dapat menerima pembayaran dari semua aplikasi pembayaran walaupun dari penyelenggara yang berbeda asalkan berbasis QRIS (menggunakan QR Code). Jadi masyarakat hanya membutuhkan satu aplikasi pembayaran saja.

  • Gampang

Sebagai pengguna, mudah dalam pembayarannya, just scan and pay. Juga memudahkan merchant karena tidak perlu memajang atau menyediakan begitu banyak QR Code. Karena dengan QRIS BI satu kode QR dapat dipindai oleh semua aplikasi QR apapun.

  • Untung

Pengguna dan Merchant hanya memerlukan 1 akun untuk melakukan dan menerima pembayaran melalui QR Code.

  • Langsung

Semua transaksi debit atau kredit yang dilakukan pengguna maupun merchant langsung diproses saat itu juga. Tanpa adanya penundaan dalam bentuk apapun. Merchant dan pengguna langsung mendapatkan notifikasi perihal transaksi yang dilakukannya.


Manfaat QRIS


Dengan adanya QRIS saat ini, tentunya memberikan banyak sekali manfaat  dalam transaksi pembayaran non tunai. Manfaat QRIS antara lain:

Bagi user atau pengguna:

  • Cepat dan mengikuti perkembangan teknologi yang ada
  • Tidak perlu membawa uang tunai untuk membayar transaksi
  • Tidak perlu memikirkan QR siapa yang terpasang, karena dengan QRIS kode QR dapat digunakan untuk semua pembayaran
    • Aman dan terlindungi. Hal ini karena semua Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) penyelenggara QRIS memiliki izin dan di bawah pengawasan Bank Indonesia

Bagi Merchant


  • Transaksi berkemungkinan meningkat pesat karena dapat menerima pembayaran apapun yang berbasis QR
  • Meningkatkan branding usaha
  • Mengikuti perkembangan teknologi
  • Praktis dan simple karena hanya perlumenggunakan satu QRIS
  • Terhindar dari kemungkinanuang palsu
  • Mengurangi biaya pengelolaan keuangankas
  • Tidak perlu menyediakan uang tunai untuk kembalian
  • Lebih efektif, karena transaksi selalu tercatat dengan langsung dan cepat
  • Lebih professional karenapemisahan antara uang usaha dan uang pribadi
  • Memudahkan rekonsiliasidan mencegah adanya kecurangan dari pembukuan transaksi secara tunai
  • Membangun informasi credit profil. Sehingga memudahkan untuk memperoleh kredit di masa yangakan datang.

Nah itulah karakteristik dan manfaat penting QRIS bagi aspek keuangan masyarakat umum, perbankan maupun elemen pemerintah lainnya. Untuk lebih mengenalkan QRIS kepada masyarakat luas, Bank Indonesia mengadakan QRIS Nasional.

QRIS Nasional

Dalam upaya pengenalan dan sosialisasi pembayaran dengan QRIS, Bank Indonesia telah mengadakan pekan QRIS Nasional pada tanggal 9-14 Maret 2020 di Bali. Dengan dilaksanakannya QRIS Nasional ini, diharapkan dapat menyadarkan masyarakat tentang unggulnya QRIS BI sekaligus meningkatkan jumlah pengguna.

Perwakilan BI Provinsi Bali telah berupaya mensosialisasikan QRIS ke semua elemen pemerintah maupun Lembaga keuangan perbankan, pengusaha hingga masyarakat umum untuk menggalakkan transaksi non tunai dalam kegiatan sehari-hari.

Pada tanggal 1 Januari 2020 pemerintah telah mulai menerapkan QRIS Bank Indonesia ini. Yaitu pembayaran non tunai hanya menggunakan satu device yaitu QRIS (Quick Response Indonesia Standar). QRIS BI dapat menerima e-money dari semua aplikasi seperti OVO, Gopay, Dana, LinkAja atau aplikasi uang elektronik lainnya hanya dengan satu QR Code.

Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali (Trisno Nugroho) telah berupaya secara maksimal untuk mensosialisasikan pentingnya QRIS untuk transaksi non tunai. Menurutnya, QRIS mampu mempercepat akses keuangan bagi pengusaha dari kecil, menengah, koperasi hingga pariwisata. Hal ini disampaikan oleh Trisno saat menghadiri Pekan QRIS Nasional 2020, pada hari Rabu 11 Maret 2020 di Bali.

Dunia khususnya Indonesia sendiri telah mengalami kemajuan teknologi digital dalam segala aspek kehidupan masyarakat. Dengan adanya QRIS BI, sebagai wujud inovasi dalam berkembangnya teknologi dunia usaha ke arah digital untuk lebih memudahkan dan mempercepat tanpa mengesampingkan keamanan.

Kehadiran QRIS tentu menjadi jawaban dari proses modernisasi toko dan juga usaha untuk mewujudkan cashless society. Tunggu apalagi, segera bergabung dengan Fastpay dan dapatkan beragam manfaatnya!

Mengapa Anda harus bergabung bersama Toko Modern Fastpay? karena usaha Anda otomatis menjadi merchant QRIS dengan pendaftaran tercepat sehingga dapat menerima pembayaran dari berbagai macam emoney di seluruh Indonesia. Usaha Anda juga dapat menambah keuntungan dari 7 layanan bisnis lainnya. Segera Gabung Menjadi Mitra Fastpay Sekarang Juga!

Tim SBF