Mengenal E-Money Cash dan Beragam Manfaatnya

Sebarkan artikel ini

Seiring dengan kemajuan dalam bidang teknologi, kini muncul cara-cara baru dalam transaksi yang tentu saja sangat menarik dan memudahkan. Beberapa waktu yang lalu ada teknologi sms banking, e-banking hingga e-money. Nah, saat ini, muncul lagi teknologi pembayaran dengan uang digital yang dinamakan dengan e-money cash. Pernahkah Anda mendengarnya sebelumnya?

Nah, e-money cash atau yang cenderung juga disebut dengan istilah e-cash adalah salah satu jenis pembayaran digital yang mulai banyak digunakan saat ini. Ada beberapa perbankan yang sudah menyediakan layanan e-cash ini untuk para pengguna, salah satunya adalah Bank Mandiri.

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal tentang e-cash untuk mengenalnya lebih jauh dan juga beragam manfaat yang diperoleh dari perangkat pembayaran ini. Penasaran apa e-cash tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Mengenal Apa Itu E-Money Cash

Sebelum menggunakan e-cash sebagai alat pembayaran, ada beberapa hal mendasar tentang alat transaksi ini yang sebaiknya Anda ketahui. Tentu, mengetahui tentang e-cash adalah hal yang cukup penting agar Anda bisa memanfaatkan produk uang digital ini dengan lebih maksimal.

Nah, e-cash adalah layanan uang elektronik atau uang digital pada telepon selular. Uniknya, layanan pembayaran ini bisa digunakan tanpa harus menggunakan rekening bank. Dalam penggunaannya, nomor yang dipakai untuk nomor rekening adalah nomor telepon selular yang terpasang pada device tersebut.

Perlu diketahui, e-cash memiliki banyak kegunaan yang tentu bisa dimanfaatkan untuk melakukan transaksi sehari-hari. Adapun beberapa kegunaan dari e-money cash ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membayar atau membeli produk pada merchant yang telah memiliki kerja sama dengan penyedia e-cash, seperti misalnya Bank Mandiri
  • Melakukan penarikan di ATM bank terkait tanpa menggunakan kartu ATM
  • Melakukan transfer
  • Melakukan pengecekan saldo
  • Melakukan top up e-money.

Beberapa poin di atas menunjukkan bahwa e-cash bisa dikatakan sebagai salah satu alat transaksi yang multi fungsi. Oleh karenanya, menggunakan e-money cash untuk transaksi harian adalah ide yang tepat dan tentu saja akan memudahkan Anda untuk membayar sesuatu.

Keuntungan Menggunakan E-Cash

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan e-cash sebagai alat pembayaran dalam transaksi. Dengan adanya beberapa keuntungan tersebut, tentu Anda memiliki alasan yang kuat kenapa e-cash ini sangat membantu.

Nah, adapun beberapa keuntungan menggunakan e-cash sebagai alasan penggunaan adalah sebagai berikut:

  • Tidak Harus ke Bank Untuk Membuka Rekening

Sebagaimana disinggung di awal bahwa e-cash akan menggunakan nomor telepon selular aktif Anda sebagai pengganti nomor rekening. Oleh karenanya, ketika hendak menggunakan e-cash, Anda tidak perlu pergi ke bank untuk melakukan pendaftaran. Hal demikian ini tentu saja akan sangat menguntungkan terutama untuk mereka yang memiliki rumah cenderung jauh dari bank.

  • Pengganti Uang Tunai

Disadari atau tidak, memang saat ini telah terjadi pergeseran dari penggunaan uang tunai ke uang digital. Nah, e-cash ini bisa dijadikan pengganti dari uang tunai yang Anda gunakan. Dengan menggunakan e-cash, maka Anda tidak perlu repot untuk membawa uang tunai saat ingin berbelanja sehingga risiko uang jatuh dan hilang tentu tidak akan ada.

Untuk berbelanja, Anda hanya perlu membawa smartphone yang Anda gunakan biasanya. Nah, nantinya, di merchant yang sudah menyediakan pembayaran menggunakan e-cash, Anda bisa langsung membayarkan tagihan Anda dengan mudah.

  • Mudah Melakukan Transfer

Umumnya, transfer dilakukan dengan memasukkan nomor rekening tujuan. Meskipun hal ini bisa dikatakan cukup simple, namun terkadang ada kesan ribet yang muncul saat harus mengingat nomor rekening tujuan.

Nah, dengan menggunakan e-cash, maka Anda bisa melakukan transfer dengan lebih mudah. Transfer bisa dilakukan tanpa perlu menggunakan rekening melainkan nomor telepon. Tentu, Anda akan cenderung lebih mudah untuk mengingatnya, bukan?

Perbedaan E-Money dan E-Cash

Hal lain yang perlu diketahui dari e-money cash adalah perbedaannya dengan e-money yang cenderung lebih banyak diketahui. Nah, dengan mengetahui perbedaan ini, tentu saja Anda akan bisa lebih bijak dalam menggunakannya.

Adapun beberapa perbedaan dari e-money dan e-cash adalah sebagai berikut:

  1. Dalam penggunaan media, e-cash menggunakan smartphone atau telepon selular sedangkan e-money tersedia dalam bentuk kartu pra-bayar dan juga dalam bentuk e-wallet atau dompet digital
  2. E-money yang berbentuk pre-paid atau kartu pra-bayar bisa dipindah-tangan, sedangkan e-cash tidak bisa
  3. E-money tidak menggunakan nomor rekening sedangkan e-cash menggunakan nomor telepon selular yang aktif sebagai pengganti nomor rekening
  4. Ada batasan saldo yang berbeda tergantung dari jenis e-money dan e-cash yang digunakan.

Beberapa hal di atas bisa dijadikan informasi awal untuk mengetahui e-cash yang kini juga mulai dikembangkan dan dijadikan opsi lain untuk pembayaran digital. Nah, Anda bisa mencari informasi tambahan mengenai penyedia layanan e-money cash untuk memanfaatkannya dalam transaksi. Semoga bermanfaat.


Itulah beberapa informasi “Mengenal E-Money Cash dan Beragam Manfaatnya”. Informasi dan promo menguntungkan lainnya bisa cek di :

Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Untuk Anda yang ingin memiliki bisnis kekinian? bisnis top up gopay, gopay driver, top up OVO, top up grab, grab driver, dan isi saldo e toll yang pasti laku dan paling menguntungkan! jadilah juragan top up emoney dan etoll dengan menjadi outlet Toko Modern Fastpay

Tim SBF