Mengenal Aplikasi Pembayaran QRIS dan Manfaatnya Dalam Bisnis

Sebarkan artikel ini

Seiring dengan perkembangan transaksi digital, maka sistem pembayaran digital pun mulai muncul untuk memudahkan pembayaran yang dilakukan. Salah satu sistem yang modern dan banyak digunakan saat ini adalah sistem QRIS. Pernahkah Anda mendengarnya sebelumnya?

QRIS atau Quick Response Code Indonesia Standard merupakan sebuah standar kode QR secara nasional yang dikeluarkan untuk memberikan fasilitas pembayaran digital dengan beberapa macam media, seperti dompet digital, mobile banking dan lainnya. Tidak hanya itu, saat ini sudah hadir cukup banyak opsi aplikasi pembayaran QRIS yang bisa dimanfaatkan, terutama dalam urusan bisnis.

Adanya kode QRIS tentu saja akan memudahkan penyedia pembayaran. Dengan kode ini, mereka bisa menyediakan akses pembayaran untuk beragam jenis platform pembayaran berbeda hanya dengan satu kode QR saja. Artinya, jika sebelumnya mereka perlu menyediakan beberapa kode QR sesuai dengan platform pembayaran digital, kini mereka hanya perlu satu kode QR saja. Sangat menguntungkan, bukan?

Manfaat Aplikasi Pembayaran QRIS Untuk Bisnis

Jika Anda menjalankan sebuah bisnis, maka kemunculan aplikasi pembayaran QRIS adalah sebuah kemajuan yang cukup signifikan dan tentu saja akan memberikan efek positif pada bisnis yang Anda jalankan. Ada cukup banyak manfaat dari kode QRIS yang bisa Anda dapatkan, seperti:

  • Kemudahan Dalam Proses Transaksi

Sebagaimana disebutkan di atas, QRIS adalah kemajuan yang sangat membantu untuk terciptanya efisiensi dalam pembayaran dan transaksi digital lainnya. Dengan adanya QRIS, maka beragam transaksi non-tunai yang ada di toko atau bisnis Anda bisa dijalankan dengan cepat. Hal ini dikarenakan hanya ada satu kode QR yang perlu disediakan.

  • Menyediakan Beragam AlternatifPembayaran Digital

Manfaat lain dari aplikasi pembayaran QRIS adalah tersedianya beragam alternative pembayaran digital. Ya, dengan menggunakan QRIS, maka Anda –sebagai pebisnis, bisa menyediakan beragam jenis pembayaran digital dari berbagai bank yang berbeda ataupun e-wallet yang berbeda. Tentu, hal ini juga akan memberikan kemudahan bagi pelanggan dan konsumen

  • Mencegah Beredarnya Uang Palsu

Peredaran uang palsu adalah hal yang sangat mengganggu dalam bisnis karena akan memberikan dampak kerugian yang cukup besar. Oleh karenanya, peredaran uang palsu harus dicegah sedemikian rupa. Nah, salah satu manfaat dari penggunaan QRIS adalah pencegahan peredaran uang palsu.

Tentu, dengan penggunaan uang digital dalam setiap transaksi menggunakan QRIS, maka risiko adanya uang palsu akan menjadi sangat kecil. Selain itu, penggunaan QRIS juga merupakan bukti dukungan untuk terciptanya cashless society.

  • Penataan Meja Kasir Menjadi Lebih Mudah

Dalam bisnis, penataan meja kasir menjadi hal yang cukup penting agar pelanggan merasa lebih betah dan bisa dilayani dengan baik. Nah, manfaat lain dari penggunaan QRIS dalam usaha Anda adalah penataan meja kasir akan cenderung lebih mudah.

Ya, bayangkan saja, dengan menggunakan QRIS, maka Anda hanya perlu menata satu kode QR saja. Dengan demikian, meja kasir akan menjadi lebih lega dan rapi sehingga pelanggan pun akan cenderung lebih nyaman.

  • Memudahkan Analisis Keuangan

Bagi pebisnis, analisis keuangan adalah hal yang sangat penting. Ya, detail arus masuk dan keluar harus diperhatikan dengan seksama agar keuntungan bisa didapatkan dengan maksimal. Nah, sebelum penggunaan QRIS, analisis keuangan masih dilakukan secara manual yang rawan kesalahan.

Dalam hal ini, QRIS memberikan keuntungan berupa kemudahan dalam pengurusan keuangan. Catatan keuangan Anda akan semakin rapi dan tentu saja perhitungan keuangan akan bisa dilakukan dengan lebih cermat dengan risiko kesalahan yang relatif rendah.

FASTPAY Sediakan Aplikasi Pembayaran QRIS

Sebenarnya, ada cukup banyak penyedia aplikasi QRIS yang ada di Indonesia. Adanya banyak penyedia tersebut tentu akan memberikan keleluasaan Anda untuk memilih mana penyedia terbaik. Namun, untuk opsi penyedia QRIS yang terpercaya dan terjamin, FASTPAY adalah pilihan yang tepat.

Ya, FASTPAY akan memudahkan Anda dalam penggunaan QRIS sehingga proses transaksi di usaha yang Anda kelola akan menjadi lebih modern dan mudah. Juga, pengajuan kode QRIS di FASTPAY pun cenderung lebih mudah dan Anda akan dilayani dengan nyaman.

Selain keuntungan di atas, ada beberapa keuntungan lain –yang bisa menjadi alasan kenapa Anda sebaiknya memilih FASTPAY sebagai penyedia layanan QRIS. Adapun keuntungan tersebut adalah:

  • Adanya 7 layanan bisnis yang terintegrasi dalam layanan FASTPAY yang bisa menjadi peluang bisnis yang baru, seperti layanan tiket dan reservasi, layanan pembayaran tagihan, layanan tour and travel, layanan keagenan, dan lainnya
  • Layanan customer service 27/7 non-stop yang siap membantu pengguna menyelesaikan permasalahan yang muncul
  • Modal awal yang murah untuk mendaftar menjadi agen dan mendapatkan banyak keuntungan.

Dengan beragam keuntungannya, memang menggunakan aplikasi pembayaran QRIS untuk layanan bisnis adalah ide yang sangat menarik. Nah, Anda bisa bergabung dengan FASTPAY guna mendapatkan kode QRIS untuk usaha yang Anda jalankan dan mendapat beragam keuntungan lainnya!

Tim SBF