Mengenal Apa itu Reseller dan Bagaimana Strategi Bisnis Untuk Sukses

Sebarkan artikel ini

Belakangan ini menjadi reseller adalah salah satu ide bisnis yang berkembang cukup pesat seiring dengan perkembangan marketplaces yang semakin pesat pula. Reseller dianggap sebagai salah satu ide bisnis yang cukup mudah dilakukan oleh siapa saja dengan modal awal yang tidak terlalu besar sehingga lebih terjangkau.

Namun, benarkah demikian? Sebenarnya, apa itu reseller?

Pertanyaan semacam ini cukup sering muncul terutama pada awam. Secara umum, reseller adalah perusahaan atau individu yang membeli barang atau jasa dari produsen atau distributor kemudian menjualnya kembali kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan. Jadi, reseller tidak melakukan produksi sebagaimana seorang produsen.

Seperti namanya, reseller adalah seseorang yang beroposisi sebagai penjual kembali dari barang yang sudah ia beli sebelumnya. Dalam hal ini, seorang reseller sudah memiliki barang sebagai komoditas bisnis yang ia jalankan. Artinya, ada transaksi yang mendahului dengan produsen atau distributor sebelum ia bertransaksi dengan konsumen.

Nah, dengan penjelasan di atas, pertanyaan mengenai apa itu reseller tentu sudah cukup clear dijawab, bukan?

Beragam Keuntungan Menjadi Reseller

Setelah menjawab perihal apa itu reseller, hal lain yang cukup penting untuk diketahui adalah keuntungan menjadi seorang reseller. Tentu, mengetahui keuntungan menjadi seorang reseller adalah hal yang begitu penting. Dengan keuntungan ini, maka ada dasar yang kuat kenapa reseller bisa menjadi ide bisnis yang tepat untuk dijalankan.

Nah, adapun beberapa keuntungan menjadi seorang reseller adalah sebagai berikut :

1. Mudah

Kemudahan menjadi salah satu hal yang menarik dari ide bisnis ini. Ya, dengan menjadi reseller, maka Anda bisa menjalankan ide bisnis yang bisa dengan mudah dijalankan. Tidak perlu syarat yang rumit untuk menjadi seorang reseller sehingga siapa saja akan bisa menjadi reseller.

Selain itu, dengan menjadi reseller maka Anda tidak perlu melakukan produksi. Ini adalah kemudahan lainnya yang membuat reseller bisa dijadikan ide bisnis yang tepat.

2. Modal Bisa Terjangkau

Masalah modal memang menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat hendak memulai sebuah bisnis. Nah, dalam hal ini, bisa dikatakan jika bisnis reseller adalah salah satu ide bisnis yang tepat untuk dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar.

Ya, hal ini dikarenakan modal reseller bisa disesuaikan dengan barang yang hendak menjadi komoditas bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa menjadi reseller pemula yang mengambil barang tidak terlalu banyak terlebih dahulu. Strategi ini tentu saja bisa membantu Anda menjalankan bisnis tanpa repot urusan modal yang terlalu besar.

3. Dapat Dilakukan di Rumah

Bisnis reseller cukup menarik untuk ibu rumah tangga. Ya, hal ini dikarenakan bisnis ini bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Anda bisa menyimpan stok di rumah dan memasarkan barang sebagai komoditas Anda melalui pasar online atau membuka toko sederhana di rumah.

Dengan demikian, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dan menjalankan bisnis dengan baik tanpa harus kehilangan pekerjaan rumah Anda. Sangat menarik, bukan?

Beberapa keuntungan di atas bisa menjadi dasar yang tepat untuk awal kenapa Anda menjadi reseller. Tentu, masih banyak keuntungan lainnya yang akan Anda dapatkan jika menjalankan ide bisnis ini.

Strategi Bisnis Reseller Untuk Memaksimalkan Keuntungan

Setelah membahas tentang apa itu reseller berikut keuntungannya, hal lain yang penting untuk diketahui adalah strategi yang perlu dijalankan oleh reseller untuk mendapatkan keuntungan. Ini adalah salah satu dasar yang sangat penting untuk diketahui agar ide bisnis ini bisa dijalankan dengan baik dan maksimal.

Adapun beberapa strategi bisnis yang perlu dilakukan oleh reseller dari awal hingga akhir adalah sebagai berikut.

1. Memilih Produk

Saat hendak menjadi reseller, maka Anda harus memilih produk terlebih dahulu yang akan digunakan menjadi komoditas bisnis. Perlu diketahui bahwa produk yang Anda pilih akan sangat berpengaruh pada proses bisnis yang akan Anda lakukan. Artinya, dengan pemilihan produk yang tepat, bisnis bisa dilakukan dengan lebih lancar.

Ada banyak sekali, bahkan ratusan jenis produk, yang bisa menjadi komoditas ide bisnis ini. Nah, dalam pemilihan produk, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih produk yang sesuai hobi. Pemilihan produk yang sesuai hobi bisa menjadi ide yang tepat karena tentu saja Anda akan lebih tahu mengenai produk tersebut.

2. Mencari Target Pasar

Sebenarnya, poin kedua ini juga bisa dijadikan pertimbangan saat hendak mencari produk untuk dijadikan komoditas bisnis reseller. Ya, mencari target pasar adalah pekerjaan utama karena hal ini akan menentukan bagaimana bisnis Anda akan berjalan.

Dalam hal ini, bisnis reseller akan bisa berjalan dengan baik, lancar dan semakin besar jika target pasar yang ditentukan tepat. Oleh karena itu, berusahalah untuk melakukan penelitian atau hal lainnya guna merumuskan target pasar tersebut.

3. Mencari Produsen atau Distributor yang Tepat

Jika ide barang sudah didapatkan dan gambaran target pasar sudah terbentuk, maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari produsen atau distributor yang tepat. Sebagaimana disinggung di awal bahwa reseller adalah penjual kembali di mana sumber barang yang didapatkan berasal dari produsen atau distributor.

Nah, dalam hal ini, bisa dikatakan pemilihan produsen dan distributor adalah kunci utama. Hal ini dikarenakan produsen atau distributor yang tepat akan berpengaruh pada kualitas produk atau jasa yang dijadikan komoditas bisnis. Jika mutunya bagus, maka bisnis bisa berjalan dengan lebih lancar.

Selain itu, produsen atau distributor juga berpengaruh pada penetapan harga. Jika Anda mendapatkan barang dari produsen atau distributor yang tepat dengan harga yang lebih terjangkau, tentu saja margin keuntungan yang akan Anda peroleh akan semakin besar.

4. Memulai Memasarkan Produk

Langkah selanjutnya yang penting untuk dipersiapkan dan dilakukan saat terjun menjadi reseller adalah mulai memasarkan produk. Ini adalah hal yang akan sangat berpengaruh pada bisnis yang Anda jalankan. Dengan pemasaran yang bagus, otomatis omzet akan cenderung meningkat dari waktu ke waktu dan keuntungan Anda akan lebih maksimal.

Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali cara pemasaran yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan omzet. Jika Anda memiliki lahan di rumah, maka Anda bisa membuka toko –misal menjual produk. Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan beragam marketplaces untuk menawarkan produk yang Anda miliki secara online.

Cara pemasaran lain adalah dengan mencari downline. Ya, dengan mendapatkan reseller baru, maka omzet Anda juga akan cenderung meningkat. Namun, ide ini bisa dilakukan jika Anda memang sudah memiliki bisnis yang cenderung mapan.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai apa itu reseller berikut tips dan bagaimana cara menjalankannya. Pengetahuan lengkap mengenai dunia reseller harus diketahui terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk terjun menjadi seorang reseller.

Selain itu, perlu diketahui bahwa persaingan dunia reseller semakin lama semakin ketat. Oleh karena itu, untuk bisa survive dan mendapatkan keuntungan yang meningkat, ada inovasi yang harus Anda lakukan. Semoga bermanfaat sobat!


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Mengenal Apa itu Reseller dan Bagaimana Strategi Bisnis Untuk Sukses

Tim SBF