Melayari Mimpi di Atas Perahu untuk Pendidikan Anak-Anak di Sungai Cikaso

Sebarkan artikel ini

Siapa yang tidak akan terpana melihat keindahan alam yang diberikan oleh sungai Cikaso – Cibitung, Sukabumi Jawa Barat. Namun dibalik pesona yang diberikan, terdapat kisah pilu dari anak-anak pelosok sekitar sungai cikaso. Keelokan dari pepohonan hutan dan aliran yang nampak mendayu tenang itu mampu menghanyutkan mimpi dan masa depan mereka.

Tak disangka, nasib pendidikan anak daerah sungai ini terputus oleh aliran sungai ini. Ternyata insfrastruktur yang layak demi keamanan dan aktifitas penduduk tak semuanya terjamah oleh pemerintah setempat.

Tak ada akses seperti jembatan penyebrangan, yang ada adalah perahu dengan tarif Rp 5000 – Rp 10.000. Harga yang tak murah bagi anak-anak melayari pendidikan di sungai cikaso. Tak jarang mereka membawa sebuah kantong plastik, memasukkan baju seragam dan menyelami sungai dengan lebar kurang lebih 100 meter tersebut. Perasaan waswas akan keberadaan buaya di muara sungai harus mereka telan sendiri.

Bimasakti Care, sebuah program CSR dari PT. Bimasakti Multi Sinergi yang memiliki anak perusahaan di bidang fintech – Toko Modern Fastpay menawarkan pelayanan kemitraan untuk pembayaran serta keagenan berupaya mengubah masa depan pendidikan dan peduli terhadap berbagai isu-isu sosial yang ada di Indonesia.

Andar kaneka Putra selaku Manager CSR mengatakan, “Bimasakti memberikan sebuah perahu supaya tidak ada lagi problematika anak-anak untuk tidak bersekolah di daerah Cibitung karena sudah ada perahu yang bisa diakses untuk mengantar dan menjemput anak-anak yang bersekolah di SDN Ciloma Surade, dan SMPN 4 Cibitung, supaya bisa bersekolah dengan aman tidak lagi menyelami sungai”.

Nantinya Perahu akan dikelola dua pihak sekolah, dengan kerjasama antar wali murid untuk membantu biaya Bahan Bakar Minyak. Hal ini tetunya akan mengurangi ketergantungan anak-anak pada perahu milik warga setempat yang aksesnya sangat terbatas serta mengurangi ketidakberdayaan anak-anak menyelami sungai cikaso.

Tak ada lagi alasan tidak kesekolah karena akses, kini anak-anak di daerah cibitung sungai cikaso dapat melayari mimpi di atas perahu dari program Bimasakti Care.

Tim SBF