Mau Punya Bisnis Sukses? Yuk Pahami Konsep Berbisnis Ini

Sebarkan artikel ini

Mendengar kata bisnis tentu Anda sudah tidak asing lagi. Anda bahkan sering kali menyebutkan bisnis ini bisnis itu dan lain sebagainya. Namun tahukah Anda  bagaimana sejarah kata bisnis? Apa tujuan dari bisnis serta fungsi dari bisnis itu sendiri.

Nah, sebelum Anda terjun dalam dunia bisnis, tidak ada salahnya jika Anda belajar terlebih dahulu bagaimana sejarah kata bisnis, apa tujuan dan fungsi dari bisnis? Apa saja macam-macam bisnis di dunia? Penasaran? Simak penjelasan berikut ini!

Mengenal Sejarah Kata Bisnis

Sejarah kata bisnis  merupakan berasal dari bahasa Inggris yaitu “Businnes” yang memiliki arti kesibukan. Dalam konteks yang sederhana, kata bisnis ini merujuk pada sebuah kesibukan melakukan sebuah aktivitas atau pekerjaan tertentu yang memberikan keuntungan kepada pelakunya.

Secara etimologi, bisnis merupakan sebuah keadaan dimana seseorang ataupun sekelompok orang yang melakukan sebuah pekerjaan tertentu yang menghasilkan sebuah keuntungan tertentu.

Kata bisnis sendiri memiliki tiga penggunaan yaitu badan usaha, sektor pasar tertentu dan seluruh aktivitas. Badan usaha seperti ekonomis, teknis dan yuridis untuk mencari sebuah keuntungan. Sementara sektor pasar tertentu seperti pasar modal dan seluruh aktivitas  seperti komunitas produsen barang dan jasa.

Sedangkan pengertian kata bisnis dalam ilmu ekonomi adalah suatu organisasi yang menjual jasa atau barang kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Ada pula pengertian kata bisnis dari beberapa ahli, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Hughes dan Kapoor

Menurut Hughes dan Kapoor, definisi bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

  1. Brown dan Pretello

Menurut Brown dan Pretello, pengertian bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.

  1. Jeff Madura

Menurut Jeff Madura, pengertian bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan.

  1. R. Dicksee

Menurut L. R. Dicksee, definisi bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

Tujuan Bisnis

Setelah Anda mengetahui pengertian bisnis secara etimologi dan berbagai ahli, selanjutnya saatnya Anda belajar apa tujuan bisnis itu sendiri. Ada berbagai tujuan bisnis selain mendapatkan laba, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memperoleh laba dari kegiatan yang dilakukan, dalam hal ini kegiatan berbisnis
  2. Untuk melakukan pengadaan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat
  3. Untuk mendapatkan kesejahteraan masyarakat serta faktor produksi
  4. Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat secara luas
  5. Untuk menciptakan eksistensi sebuah perusahaan dalam jangka waktu yang tidak terbatas (dalam jangka waktu yang lama)
  6. Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum
  7. Meningkatkan kemajuan masyarakat
  8. Untuk mencapai kesuksesan dan menggapai prestasi.

Fungsi Bisnis

Dari sejarah kata bisnis, dan tujuan bisnis, selanjutnya adalah fungsi bisnis.  Semua kegiatan yang disebut bisnis adalah untuk menciptakan sesuatu yang awalnya kurang bernilai atau tidak bernilai menjadi  memiliki nilai yang tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Adapun fungsi bisnis adalah sebagai berikut:

  • Form Utility, yaitu fungsi produksi dimana sebuah bisnis menghasilkan suatu barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya, perusahaan furniture, perusahaan jasa keuangan.
  • Place Utility, yaitu fungsi distribusi dimana sebuah bisnis menyalurkan suatu barang/jasa ke lokasi terdekat yang bisa dijangkau konsumen.
  • Possessive Utility, yaitu fungsi penjualan dalam bisnis.
  • Time Utility, yaitu fungsi penyimpanan dan pemasaran dalam bisnis, dimana barang pada saat itu kurang bermanfaat untuk nanti dikeluarkan pada saat barang tersebut lebih bermanfaat.

Menurut Steinhoff dalam bukunya The World Of Business (1979), ada tiga fungsi utama dari suatu bisnis, yaitu:

  • Acquiring Raw Material, yaitu untuk mencari bahan mentah
  • Manufacturing Raw Materials Into Product, yaitu mengubah bahan mentah menjadi barang jadi
  • Distributing Product to Consumers, yaitu untuk menyalurkan produk yang dihasilkan kepada konsumen.

Macam-Macam Bisnis

Di dunia ini ada berbagai macam bisnis yang dijalankan oleh masyarakat. Bisnis tersebut mencakup semua aspek kehidupan masyarakat. Diantaranya adalah bisnis pertanian, bisnis produksi bahan mentah, bisnis konstruksi, bisnis transportasi, bisnis komunikasi, bisnis manufaktur, bisnis perdagangan, bisnis finansial asuransi dan real estate,  dan bisnis jasa. Semua bisnis tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan di masyarakat.

Nah itulah sejarah kata bisnis, tujuan bisnis, fungsi bisnis serta berbagai macam kata bisnis. Dengan memiliki pengetahuan tersebut, anda akan lebih jelas dan memiliki konsep dan target secara jelas kemana bisnis Anda akan dibawa. Selain berbagai ilmu pengetahuan di atas, semakin banyak informasi dan pengetahuan umum lainnya akan menambah wawasan dan pengalaman Anda dalam menjalani kehidupan.

Tim SBF