Lebih Praktis, Berhenti Berlangganan IndiHome Bisa Secara Online

Sebarkan artikel ini

Menikmati layanan internet yang kencang dan stabil setiap saat memang jadi kenikmatan tersendiri bagi para peselancar dunia maya. Tapi karena alasan tertentu, terkadang Anda dipaksa untuk berhenti menikmati layanan WiFi rumahan seperti IndiHome misalnya.

Semisal ketika Anda harus pindah rumah, maka dengan terpaksa Anda harus berhenti langganan IndiHome mengingat layanan ini menggunakan jaringan fiber yang tak bisa dipindah layaknya menggunakan modem MiFi.

Alhasil, dalam kurun waktu tertentu Anda harus berhenti dari langganan IndiHome yang sebenarnya sudah sangat membantu kegiatan Anda sehari-hari.

Tapi yang menjadi pertanyaan disini adalah, bagaimana cara berhenti berlangganan IndiHome? Apakah membutuhkan waktu yang panjang atau dengan biaya pemberhentian? Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Secara Online

Sama seperti saat pemasangan, dimana Anda bisa mendaftar untuk langganan IndiHome dengan datang ke Plasa Telkom ataupun secara online. Untuk permohonan pemberhentian IndiHome pun bisa dilakukan dengan datang langsung ke Plasa Telkom maupun online.

Akan tetapi dengan adanya layanan online, pasti akan lebih praktis jika Anda menggunakan layanan online. Selain Anda tak harus datang ke Plasa Telkom, permohonan pemberhentian IndiHome secara online pun bisa dilakukan kapan saja alias 24 jam.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi Customer Service dari Telkom. Disini Anda bisa memanfaatkan layanan telepon ke nomor 147, ataupun melalui jejaring media sosial yakni Facebook dan Twitter.

Customer Service Telkom akan senantiasa memberikan respon secepat mungkin dan pastinya dengan pelayanan yang begitu ramah.

Untuk Anda yang ingin menggunakan Facebook, maka bisa langsung mengakses ke Facebook Messenger. Namun saat ini, pengguna IndiHome lebih banyak memanfaatkan jejaring sosial Twitter untuk melakukan pemberhentian layanan WiFi.

Nah berikut adalah beberapa langkah cara berhenti berlangganan IndiHome secara online melalui Twitter.

  1. Tweet dan Mention CS
    Untuk melakukan permohonan pemberhentian IndiHome melalui Twitter, tentu Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Selanjutnya masuk ke akun Twitter Telkom Indonesia  yakni Telkomcare atau ke alamat https:www.twitter.com/telkomcare.
    Anda bisa follow terlebih dahulu akun tersebut. Selanjutnya buat Tweet yang berisi permintaan untuk bantuan berhenti langganan. Jangan lupa untuk mention akun Telkomcare. Berikut ini contoh Tweet yang bisa Anda buat untuk permintaan bantuan pemberhentian langganan.
    @TelkomCare: Selamat sore, saya mau berhenti langganan IndiHome, apakah harus ke Plasa Telkom atau bisa dibantu secara online? Terimakasih.
  2. Menunggu Balasan Tweet dari CS
    Tidak perlu menunggu lama, karena Customer Service dari Telkom akan membalas Tweet Anda secepat mungkin terutama saat jam kerja. Biasanya Tweet balasan dari CS akan merujuk ke percakapan melalui DM.
    erikut ini contoh balasan tweet dari CS Telkom:
    “Sore kaka, untuk berhenti berlangganan bisa melalui kami. Tolong infokan nomor internet/telepon serta alasan mengapa berhenti berlangganan via DM ya. Nanti akan minin cek lebih lanjut. Thanks.
  3. Validasi Data & Informasi
    Setelah mendapat balasan tersebut, Anda bisa langsung mengirim pesan ke akun TelkomCare yang berisi nomor internet atau telepon dan disertai dengan alasan mengapa ingin berhenti berlangganan IndiHome.
    Selanjutnya CS Telkom biasanya akan menanyakan pertimbangan Anda, apakah sudah mantap ingin berhenti berlangganan atau masih bisa dipikirkan kembali. Jika sudah mantap ingin berhenti berlangganan, Anda tinggal jawab sudah dengan menyertakan alasan secara detail.
  4. Menunggu Proses Pemutusan
    Jika semua data yang dibutuhkan sudah Anda kirim lengkap dengan alasan mengapa ingin mengajukan pemberhentian berlangganan, selanjutnya CS Telkom akan membantu proses pemutusan. Selama proses pemutusan dilakukan, Anda hanya perlu menunggu hingga internet di rumah Anda sudah tak bisa lagi digunakan.
    Biasanya proses pemutusan akan dilakukan kurang lebih 24 jam. Jadi selama Anda masih bisa mengakses internet, maka proses pemberhentian belum berakhir. Ketika proses pemberhentian berhasil, maka akan muncul pemberitahuan dari Telkom melalui halaman browser di perangkat yang Anda gunakan, baik PC ataupun smartphone.
    Selain internet yang sudah tidak bisa diakses lagi, akun MyIndiHome Anda pun sudah tidak bisa digunakan lagi. Anda sudah tidak memiliki akses untuk masuk ke seluruh akun yang terhubung dengan Telkom.
  5. Mengembalikan Perangkat ke Plasa
    Setelah proses pemutusan berhasil, selanjutnya Anda akan mendapatkan pemberitahuan dari CS melalui DM. Dimana isi dari pemberitahuan tersebut adalah permintaan agar Anda mengembalikan perangkat pe Plasa Telkom terdekat yang ada di kota Anda.
    Bagi Anda yang belum melakukan pembayaran terlepas dari periode sebelumnya, Anda pun diharuskan untuk membayar tagihan melalui ATM< minimarket, ataupun langsung ke Telkom.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Hanya dalam hitungan hari bahkan jam, layanan IndiHome bisa diputus. cara berhenti berlangganan IndiHome melalui Facebook pun tak jauh berbeda menggunakan Twitter.

Anda bisa mengirimkan pesan ke akun Facebook Telkom, kemudian tunggu CS merespon dan lanjutkan dengan validasi info serta alasan Anda. selanjutnya pemutusan WiFi akan diproses dan Anda sudah tidak berlangganan IndiHome lagi.

Tips Berhenti Berlangganan IndiHome Secara Online

Perlu ditekankan kembali disini, jika CS Telkom akan memberikan layanan secepat dan seramah mungkin, sehingga kemungkinan besar permintaan Anda untuk pemutusan berlangganan IndiHome akan dibantu prosesnya.

Namun untuk keberhasilan proses, ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan, seperti di bawah ini.

  1. Lengkapi Data
    Sebelum melakukan proses pemutusan, biasanya CS akan meminta data seperti KTP dan KK serta bukti pembayaran dari periode sebelumnya. Jika salah satu data tidak bisa Anda berikan, kemungkinan besar proses pemutusan akan terkendala. Pembayaran Lunas
  2. Menunggu Balasan Tweet dari CS
    Tagihan untuk IndiHome sendiri biasanya keluar dari tanggal 5-20 setiap bulannya. Jadi jika Anda meminta pemutusan jaringan pada tanggal 30, maka Anda masih harus membayar tagihan di periode selanjutnya.
    Tenang, tagihan yang diberikan tidak penuh kok, namun sebanyak yang sudah Anda gunakan, yakni terhitung dari tanggal 21 sampai dengan tanggal 30. Dengan begitu nominal yang perlu dibayarkan tentunya tidak merugikan pengguna karena sesuai apa yang telah dipakainya.
  3. Tukarkan Poin
    Sebagai reward bagi pengguna, Telkom biasanya memberikan poin pada setiap transaksi. Nah jika Anda memiliki banyak poin Telkom, Anda bisa segera menukarkannya pada Plasa Telkom. Biasanya penukaran poin ini bisa dengan barang ataupun kupon berhadiah yang diundi Telkom setiap 1 bulan atau 1 tahun sekali. Hadiah yang bisa Anda dapatkan pun beragam, dan tentunya tergantung jumlah poin yang Anda miliki

Perlu diingat, jika Telkom tidak menjatuhi biaya pemberhentian pada pelanggan. Dengan kata lain, semua proses pemutusan jaringan internet bisa dilakukan secara gratis. Selain itu Telkom juga tidak menentukan batas minimal penggunaan.

Jadi bagi Anda yang baru menggunakan layanan IndiHome selama 3 bulan atau bahkan kurang pun bisa melakukan permintaan pemutusan jaringan dengan alasan yang valid.

Semoga ulasan tentang cara berhenti berlangganan IndiHome secara online di atas bisa membantu Anda.

Informasi dan promo meningkatkan omzetmu bisa cek di :

Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official

Siapa Lagi Mau Jadi Juragan Tagihan PPOB, E-money, Pulsa, Indihome?
Gabung Fastpay dan Miliki Bisnis Pembayarn Paling Menguntungkan

Tim SBF