Laundry Sepatu Modal Sedikit Untung Melejit! Ini Tipsnya!

Sebarkan artikel ini

Rasanya menyebalkan sekali ketika sudah susah payah mencuci sepatu, eh malah kehujanan! Pernahkah Anda mengalami hal ini? terlebih jika untuk mencuci sepatu ini Anda membutuhkan banyak pengorbanan. Mulai dari pengorbanan harus bangun lebih pagi, harus menunggu jika cuaca tidak pasti antara panas atau hujan dan masih banyak lagi.

Berkaca dari hal tersebut, banyak para pebisnis yang kemudian melihat hal ini menjadi sebuah peluang emas. Yakni peluang untuk menyediakan jasa pencuci sepatu atau yang biasa dikenal dengan laundry sepatu. Peluang ini memang belum banyak orang ketahui, sehingga kesempatan untuk sukses di bisnis laundry sepatu ini semakin besar.

Di Indonesia sendiri laundry sepatu baru mulai populer di masyarakat beberapa tahun terakhir. Pelaku bisnis di bidang inipun terbilang masih sedikit. Sehingga memang bisnis ini sangat prospek bagi Anda yang tengah dalam kebingungan mencari peluang bisnis.

Di sisi lain, masih ada banyak faktor lagi yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memulai bisnis laundry sepatu, diantaranya adalah:

  1. Kesibukan

Alasan utama banyak orang yang enggan atau malas untuk mencuci sepatu adalah karena banyaknya kesibukan. Hal ini menyebabkan Anda tidak memiliki waktu lagi untuk mencuci sepatu, terlebih bagi pekerja kantoran yang berangkat pagi pulang petang.

Tidak bisa dipungkiri mencuci sepatu memang bukan hal yang mudah dan memang menyita cukup banyak waktu. Bentuknya yang berongga pasti menimbulkan kesulitan sendiri dalam proses pencucian. Apalagi aktivitas ini dilakukan oleh orang yang tidak biasa mencuci. Itulah mengapa orang-orang yang sibuk dengan aktivitasnya pasti tidak sempat untuk melakukannya.

  1. Banyaknya Peminat Sepatu Mahal

Hampir semua kalangan kini memburu sepatu-sepatu dengan berbagai merk berkelas yang memang dibanderol harga yang mahal. Merk-merk sepatu yang banyak dijual di toko seperti Nike, Adidas, Vans, Converse dan masih banyak lagi.

Produk original yang dikeluarkan oleh merk-merk popular tersebut dihargai dengan harga yang lumayan mahal. Bahkan biaya untuk membeli sepatu-sepatu tersebut bisa mencapai jutaan loh. Bayangkan saja nominal yang fantastis hanya untuk sepasang sepatu.

Tentunya dengan harga yang mahal tersebut, proses perawatan yang dilakukan pasti akan sangat berhati-hati termasuk dalam hal pembersihannya. Perlu diketahui bahwa setiap sepatu memiliki karakternya masing-masing sehingga Anda tidak bisa sembarangan dalam membersihkannya.

Akhirnya, untuk mengurangi resiko kerusakan pada sepatu sang pemilik pun banyak yang kemudian memutuskan untuk mempercayakannya kepada jasa laundry sepatu. Mengapa demikian? Karena jasa laundry sepatu dipercaya lebih paham dan juga profesional terhadap cara yang tepat membersihkan sepatu.

  1. Konsumen Sepatu Mahal Tersebar di Seluruh Indonesia

Tidak hanya masyarakat yang tinggal di perkotaan saja yang banyak menggunakan sepatu bermerk. Para konsumen sepatu mahal bahkan sudah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Meskipun jumlahnya tentu saja belum sebanyak seperti yang ada di kota besar.

Sementara pelaku bisnis laundry sepatu di wilayah kabupaten kota masih sangat sedikit bahkan jumlahnya setiap kabupaten kota masih kurang dari 5 pebisnis. Inilah justru kesempatan yang harus Anda manfaatkan dengan baik. Jadilah pionir dalam bisnis jasa laundry sepatu di kota Anda.

  1. Modal Terjangkau

Hal ini adalah salah satu pertimbangan yang sangat penting karena menyangkut modal. Menariknya, bisnis laundry sepatu ini tidak membutuhkan banyak modal untuk memulainya. Anda hanya membutuhkan dana kurang lebih 3 sampai 5 juta rupiah untuk memulai bisnis jasa laundry sepatu yang kecil-kecilan.

Modal sebenarnya tidak hanya berbentuk uang saja, akan tetapi ada hal yang tidak kalah penting yakni kemampuan Anda dalam merawat sepatu. Sebab pelanggan yang menjadi target Anda kebanyakan adalah orang dengan ekspektasi yang tinggi terhadap hasil laundry Anda. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar memahami bagaimana cara kerja laundry sepatu agar bisnis yang Anda rintis bisa bertahan lama hingga sukses.

Jika berdasarkan pertimbangan-pertimbangan diatas Anda tertarik untuk memulainya maka persiapkan segala sesuatunya dengan baik. Berikut beberapa hal yang harus Anda siapkan:

  1. Memiliki Bekal Pengetahuan dalam Merawat Sepatu

Kebanyakan orang yang memiliki bisnis laundry sepatu adalah orang yang suka mengoleksi sepatu. Sehingga dengan begitu pasti mengetahui tata cara dalam perawatan sepatu yang baik dan benar. Meskipun Anda bukan kolektor sepatu, tenang saja karena Anda tetap bisa menjalankan bisnis ini.

Teknis perawatan sepatu bisa Anda pelajari jika memang Anda berminat dan mau untuk mempelajarinya. Yang terpenting adalah perbanyak mencari informasi hingga mengikuti kursus-kursus yang nantinya akan sangat bermanfaat.

Bila Anda ingin mempekerjakan karyawan pun Anda harus memastikan bahwa dia memiliki pengetahuan yang cukup baik mengenai sepatu. Pemahaman yang harus dimiliki meliputi jenis, karakter hingga bagaimana perawatan dari setiap jenisnya.

  1. Memilih Bahan dan Alat

Pemilihan bahan dan alat yang berkualitas sangat menentukan terhadap hasil dari laundry sepatu Anda. Jangan gunakan sembarang deterjen untuk membersihkan sepatu pelanggan, karena bisa-bisa nanti sepatu pelanggan Anda malah mengalami kerusakan atau kecacatan.

Selain itu, alat yang digunakan untuk membersihkan juga harus berkualitas dan terjaga kondisinya. Sebab tidak semua jenis sepatu cocok dibersihkan dengan mesin otomatis yang biasa digunakan. Bisa saja perawatannya malah justru bagus menggunakan yang manual.

  1. Menggunakan Strategi Pemasaran yang Tepat

Strategi pemasaran adalah hal yang tidak kalah penting karena banyak sedikitnya pelanggan Anda berasal dari bagaimana strategi pemasaran yang Anda jalankan.

Misalnya saja untuk bisnis laundry sepatu seperti ini, dimana peminatnya mayoritas adalah kaula muda maka Anda bisa melakukan promosi melalui sosial media. Nah, untuk cara manualnya bisa dengan menyebarkan brosur ataupun pamflet ke seluruh wilayah sasaran.

Bisnis Laundry Sepatu adalah bisnis yang memiliki prospek cerah dengan modal relatif kecil. Akan lebih cerah lagi jika Anda mendaftarkan outlet Laundry di Fastpay. Layanan yang lengkap akan menjadikan outlet laundrymu jadi serba ada serba bisa!

Berikan layanan tambahan untuk menjadi unggulan dari Laundry Anda. Dengan bergabung dengan Toko Modern Fastpay, sekali jalan bisnis laundry juga bisa bayar tagihan, isi pulsa, bahkan bisa mengirimkan uang tanpa rekening bank di Loket Laundry Anda!

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF