Laundry Kiloan Vs Laundry Satuan, Lebih Untung Mana?

Sebarkan artikel ini

Di kota-kota besar bisnis yang menawarkan kepraktikan pasti akan banyak diburu orang, termasuk juga bisnis laundry. Semakin hari bisnis laundry ini semakin berkembang dan memberikan hasil yang cukup menjanjikan. Baik usaha laundry kiloan maupun laundry satuan, bahkan sekarang juga sudah mulai bermunculan laundry koin.

Alasan lain mengapa Anda harus memilih jasa laundry sebagai peluang usaha adalah karena faktor kesibukan. Alasan utama seseorang lebih memilih laundry daripada mencuci sendiri adalah karena masalah kesibukan yang kemudian menyita waktu. Terlebih setelah dicuci kemudian akan ada proses selanjutnya yakni setrika baju.

Apabila di survey mungkin kegiatan setrika baju inilah yang menduduki peringkat teratas sebagai kegiatan yang paling berat dan malas untuk dilakukan. Karena inilah banyak orang lebih memilih untuk menyerahkan masalah cuci setrika kepada jasa laundry. Terlebih sekarang ini usaha laundry sudah menjamur di berbagai sudut kota bahkan hingga ke kabupaten kota.

Ruas jalan pun kini dipenuhi dengan usaha laundry dengan berbagai jenisnya, ada yang menawarkan laundry kiloan, ada yang menawarkan laundry satuan dan ada pula yang mulai mengenalkan laundry koin. Akan tetapi, laundry kiloan lebih banyak diminati dibanding dengan laundry per potong atau satuan yang sudah lebih dulu dikenal.

Mengapa laundry kiloan banyak dipilih? Alasan utamanya tentu karena harganya yang lebih terjangkau dibanding laundry per potong. Laundry kiloan ini tarifnya dihitung per kilo, sehingga jika Anda mencuci pakaian dalam jumlah besar dan terdiri dari banyak varian, maka laundry kiloan memang solusi yang paling tepat.

Selain alasan tersebut, masih ada beberapa alasan lain yang menjadikan usaha laundry kiloan lebih unggul dibanding dengan laundry satuan. Yuk langsung saja simak alasannya berikut ini:

  1. Tarifnya Lebih Murah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, masalah tarif yang menjadikan laundry kiloan lebih banyak diminati. Meskipun Anda menitipkan banyak cucian, tetapi Anda tidak perlu khawatir untuk merogoh kocek terlalu dalam hanya untuk jasa cuci setrika. Terlebih jika memang cucian Anda terdiri dari berbagai variasi, tentu saja laundry kiloan yang paling terjangkau.

  1. Usaha yang Bertahan Lama

Usaha laundry kiloan diperkirakan akan bertahan lebih lama dibanding dengan laundry per potong. Sebab banyak orang yang membutuhkan jasa laundry kiloan yang dianggap mempermudah dan lebih menghemat waktu.

Ini pula alasan mengapa bisnis laundry semakin menjanjikan dengan keuntungan yang menggiurkan. Tidak heran jika banyak sekali terdapat toko laundry dimana-mana dengan persaingan harga yang cukup ketat.

  1. Tidak Membutuhkan Modal Besar

Mungkin sebagian besar orang berpikiran bahwa untuk memulai usaha laundry kiloan membutuhkan modal yang besar. Tampaknya pemikiran semacam ini tidaklah sepenuhnya tepat. Pasalnya bisnis ini tergolong kepada usaha kecil menengah atau bisa dikatakan usaha yang bisa dijalankan meskipun dengan modal yang terbatas.

Bisnis semacam ini cocok bagi Anda yang ingin memulai sebuah usaha namun memiliki modal yang terbatas. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera mulai bisnis ini tentunya dengan perencanaan yang matang.

  1. Serba Mudah

Bisnis laundry-an termasuk bisnis yang sangat mudah untuk dijalankan, pasalnya hanya bermodalkan mesin cuci saja Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis ini cocok dijalankan baik untuk bisnis utama maupun bisnis sampingan.

Anda tidak membutuhkan tempat yang besar dan karyawan yang banyak, Anda hanya perlu memiliki keahlian dan alat yang canggih maka usaha ini dijamin akan mampu berjalan dengan baik.

  1. Target Pasar Luas

Usaha laundry merupakan usaha yang mudah untuk mendapatkan konsumen. Mengapa demikian? Karena mencuci pakaian merupakan kebutuhan setiap orang yang pasti dilakukan. Tidak mungkin pula kegiatan ini digantikan dengan kegiatan lain. Inilah yang menunjang kemudahan dalam mencari konsumen.

Oleh sebab itu, keuntungan dari bisnis laundry kiloan ini adalah target pasarnya yang luas. Mulai dari kalangan mahasiswa, anak kos, pekerja kantoran, perumahan dan masih banyak lagi. Semua kalangan yang bisa dijangkau ini yang kemudian memudahkan bagi Anda ketika mencari lokasi untuk  memulai usaha laundry kiloan.

Lokasi yang Anda pilih tentu menentukan harga sewa dari tempat tersebut. Semakin elit kawasan yang ada di lingkungan tempat laundry-an Anda, maka harga sewa tentunya juga lebih mahal.

Banyaknya alasan di atas yang nampaknya akan semakin mendorong Anda untuk membulatkan tekad dalam memulai usaha laundry kiloan. Kendati demikian, sudah pasti setiap ada kelebihan ada pula kekurangan didalamnya. Begitu juga bisnis laundry kiloan yang memiliki kelemahan yang harus Anda perhatikan baik-baik agar bisa diatasi. Diantara kelemahan tersebut adalah:

  • Biaya perawatan untuk peralatannya lebih mahal
  • Terbatasnya tempat yang digunakan sebagai pembuangan limbah
  • Persaingan bisnis yang ketat
  • Dalam proses pencucian kadang masih ada noda yang belum hilang karena kurangnya pengecekan satu persatu.

Setelah mengetahui kelemahan yang banyak dialami oleh pelaku usaha laundry kiloan di atas, Anda diharapkan mampu mencari solusinya. Hal ini bertujuan agar suatu saat Anda mengalami kendala tersebut paling tidak Anda sudah memiliki solusi cadangan agar masalah bisa cepat terselesaikan.

Fastpay dapat menjadi solusi untuk mengembangkan bisnis Anda. Layanan yang lengkap & memudahkan pelanggan, akan menguntungkan untuk Anda. Income yang Anda dapatkan tidak hanya dari Laundry saja, tapi dari Pelanggan yang datang kerena bertransaksi pembayaran tagihan bulanan, beli pulsa, voucher game, hingga setor & tunai tanpa harus ke Bank!

Berikan layanan tambahan untuk menjadi unggulan dari Laundry Anda. Dengan bergabung dengan Toko Modern Fastpay, sekali jalan bisnis laundry juga bisa bayar tagihan, isi pulsa, bahkan bisa mengirimkan uang tanpa rekening bank di Loket Laundry Anda!

banner Laundry Kiloan Vs Laundry Satuan, Lebih Untung Mana?

Tim SBF