Langkah Mudah Booking Tiket Pelni di Toko Modern Fastpay

Sebarkan artikel ini

Di era modern seperti ini, kegiatan sehari-hari seperti belanja, memesan makanan, transaksi bisnis, komunikasi, mencari informasi terkini dan lain sebagainya sudah bisa dilakukan dengan mudah.

Tak terkecuali untuk pemesanan tiket pesawat, tiket kereta, hingga tiket kapal laut sekali pun bisa dilakukan dengan mudah. Ya, sekarang ini Anda sudah bisa memesan tiket kapal laut bahkan hanya melalui Toko Modern Fastpay.

Mode transportasi seperti kapal Pelni yang kerap menjadi andalan ketika melakukan pengiriman barang antar pulau, baik dari Jawa-Kalimantan, Jawa-Sumatera, Sulawesi-Jawa dan lain sebagainya semua sudah bisa dipesan dengan mudah.

Pemesanan atau booking tiket Pelni melalui Toko Modern Fastpay juga sudah bisa dilakukan di seluruh Indonesia. Jadi pemesanan bukan hanya bisa dilakukan di pulau Jawa atau kota-kota tertentu saja.

Lalu bagaimana cara dan langkah-langkahnya? Berikut ini adalah panduan lengkap cara booking tiket Pelni melalui Toko Modern Fastpay!

1. Kunjungi Toko Modern Fastpay Terdekat

Saat ini, sudah sangat banyak Toko Modern Fastpay di seluruh pelosok Indonesia. Bukan hanya di kota-kota besar saja, namun juga kota-kota kecil di daerah pun sudah banyak yang menjadi agen pemesanan tiket Pelni ini.

Setelah menemukan toko terdekat, langsung sebutkan rute tujuan Anda dan juga jadwal keberangkatan yang diinginkan. Pastikan Anda menyebutkan tanggal keberangkatan secara lengkap, termasuk dengan jam keberangkatan yang diharapkan.

2. Penukaran Tiket

Setelah petugas mengecek jadwal keberangkatan, Anda akan mendapatkan struk. Lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera pada struk tersebut. Biasanya di dalam struk juga aka nada keterangan singkat mengenai detail pembelian tiket Pelni.

Segera lakukan penukaran tiket maksimal 3 jam sebelum keberangkatan. Hal ini bertujuan untuk mencegah calon penumpang terlambat datang apabila penukaran tiket dilakukan terlalu mepet dengan jam keberangkatan (last minute). Tentunya hal ini akan merugikan kedua belah pihak, baik penumpang maupun pihak kapal yang kemudian melajukan kapal tidak tepat waktu.

3. Tukar Tiket ke Counter Resmi Pelni

Sebelum memulai perjalanan menggunakan kapal Pelni, Anda harus menukarkan struk pembayaran tiket Pelni yang didapatkan dari Toko Modern Fastpay ke counter resmi Pelni atau loket resmi Pelni yang ada di pelabuhan.

Jikapun di pelabuhan tak ada loket resmi Pelni Anda bisa mencarinya di tempat lain. Namun biasanya lokasi yang dimaksud tak berjauhan dengan pelabuhan, sehingga penumpang bisa melakukan penukaran dengan cepat.

4. Check-In

Jika Anda sudah mendapatkan tiket yang diperoleh dari penukaran struk yang didapatkan saat booking tiket Pelni melalui Toko Modern Fastpay, selanjutnya lakukan check-in ke kapal. Pastikan Anda datang setidaknya 30 menit sebelum keberangkatan, karena check-in maksimal dilakukan 15 menit sebelum kapal berangkat.

Mekanisme check-in di kapal Pelni sendiri menggunakan tiket fisik dan bukan lagi berupa struk pembayaran dari pembelian tiket tersebut beserta kartu identitas terbaru atau yang masih berlaku. Kartu identitas ini dibutuhkan untuk verifikasi keabsahan tiket.

Biasanya check-in ke kapal Pelni pun dilakukan tidak langsung pada kapal, namun di counter check-in yang ada di pelabuhan keberangkatan kapal. Dengan begitu lokasinya sudah terpampang jelas agar penumpang tak kesulitan mencari titik check-in ke kapal.

Itulah langkah-langkah booking tiket Pelni sampai dengan keberangkatan. Sangat mudah dan praktis bukan? Semua langkah bisa dilakukan dengan cepat pula, mulai dari pemesanan tiket, pembayaran, penukaran hingga verifikasi untuk check-in ke dalam kapal.

Syarat Booking Tiket Pelni

Selain langkah atau caranya, yang kerap menjadi pertanyaan lain disini adalah, apakah ada syarat tertentu untuk bisa booking tiket Pelni? Ya, untuk bisa melakukan pemesanan tiket Pelni, ada beberapa ketentuan yang harus Anda ikuti, yakni.

1. Batas Maksimal

Bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan dengan jumlah rombongan lebih dari 10 orang mungkin akan mendapat sedikit kesulitan, sebab dalam sekali booking tiket Pelni batas maksimal orangnya hanya 10.

Dengan begitu ketika Anda ingin memesan dengan jumlah yang lebih banyak, pemesanan harus dilakukan lebih dari sekali. Jikapun tidak, Anda bisa menggunakan identitas anggota rombongan lain untuk memesan tiket, sehingga Anda bisa mendapatkan tiket sesuai dengan jumlah yang diharapkan tanpa harus pesan berkali-kali.

2. Batas Waktu Pemesanan TIket

Berbeda dengan batas pemesanan tiket pesawat yang biasanya bisa dilakukan jauh-jauh bulan sebelum hari keberangkatan. Untuk booking tiket Pelni melalui Toko Modern Fastpay ini hanya bisa dilakukan minimal H-30 sebelum tanggal keberangkatan serta batas maksimalnya H-3 sebelum tanggal keberangkatan.

Ketentuan ini pastinya memiliki landasan yang kuat, salah satunya adalah karena keterbatasan jumlah kapal Pelni yang beroperasi jika dibandingkan dengan jumlah calon penumpang.

3. Batas Usia Pemesanan Tiket

Selain jumlah orang dan waktu pemesanan, usia pemesanan tiket juga tak luput dari perhatian. Dimana batasan usia pemesanan tiket ini akan berpengaruh pada perbedaan tarif tiket yang dikenakan. Berikut adalah penggolongan tarif tiket berdasarkan usia pemesanan.

  • Infant bayi) yakni anak usia 0-2 tahun.
  • Anak-anak 2-12 tahun.
  • Dewasa, yakni orang yang usianya lebih dari 12 tahun.

Semakin banyak usia orang yang memesan tiket maka akan semakin tinggi pula tarif tiket yang ditentukan.

4. Batas Bagasi

Bagi Anda yang ingin bepergian dengan banyak membawa barang, sebaiknya perhatikan kembali berat barang bawaan yang Anda bawa. Dalam peraturan pelayaran kapal Pelni, batas bagasi maksimal adalah 50 kg.

Apabila berat barang bawaan Anda melebihi berat yang sudah ditentukan tersebut maka akan dikenai biaya tambahan. Pembayaran biaya tambahan ini harus dilakukan saat check-in di terminal keberangkatan. Ya pada proses check-in barang bawaan Anda juga akan ditimbang sehingga diketahui nominal pasti yang harus dibayarkan.

5. Sudah Termasuk Asuransi

Untuk masing-masing penumpang kapal Pelni tak perlu khawatir dengan perjalanannya. Sebab setiap pembelian tiket Pelni sudah termasuk Asuransi Jasa Raharja. Lalu bagaimana dengan mekanisme klaim asuransi tersebut.

Anda bisa melakukan klaim ke kantor cabang Pelni apabila terjadi sesuatu yang buruk dalam perjalanan tersebut. Selanjutnya dari kantor cabang Pelni akan dituntun untuk tahap selanjutnya sehingga asuransi yang dijanjikan bisa cair sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan sejak awal.

Ketentuan tersebut merupakan peraturan dari pihak penyedia perjalanan menggunakan kapal Pelni. Jadi yang perlu diingat disini adalah ketika booking tiket Pelni melalui Toko Modern Fastpay, Anda harus sudah tahu tanggal pasti keberangkatan, identitas orang yang di-booking-kan (jika booking bukan untuk diri sendiri) dan juga jumlah orang yang hendak dipesankan.

Menariknya, walaupun proses pemesanan tiket tidak dilakukan langsung di loket resmi kapal Pelni, namun prosedur check-in tetap sama dan perlakuan yang diberikan pun sama persis dengan mereka yang membeli tiket di loket resminya langsung.

Jumlah asuransi yang tersedia pun sama persis. Jadi disini Anda tentunya mendapatkan keuntungan berlipat ganda jika booking tiket Pelni melalui Toko Modern Fastpay.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Langkah Mudah Booking Tiket Pelni di Toko Modern Fastpay

Tim SBF