Lakukan Hal Ini untuk Membuat Usaha Fotocopy di Perkantoran! No 4 WAJIB!

Sebarkan artikel ini

Usaha fotocopy menjadi salah satu usaha yang memiliki peluang cukup baik di zaman sekarang. Meski kompetisi usaha ini semakin tinggi, akan tetapi jika Anda bisa membuat strategi bisnis dengan baik, maka Anda juga tetap bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.

Salah satu strategi bisnis yang bisa Anda terapkan ialah dengan membuka usaha fotocopy di lingkungan perkantoran. Peluang usaha fotocopy yang satu ini  bisa dibilang cukup menjanjikan. Nah, Anda bisa memilih lingkungan kantor pemerintah atau instansi swasta.

Bahkan, bisnis fotocopy yang dibuka dekat dengan instansi pelayanan publik seperti, Polres, Kantor Pengadilan, Kantor Catatan Sipil dan lain sebagainya akan memberikan banyak keuntungan. Hal tersebut karena masyarakat yang sedang mengurus dokumen di beberapa tempat tersebut pastinya butuh jasa fotocopy.

Bagi Anda yang ingin membuka usaha fotocopy di lingkungan perkantoran, Anda harus memperhitungkan dengan baik peluang usaha fotocopy yang bisa didapatkan nantinya. Nah, apa sajakah hal yang harus dilakukan agar peluang usaha Anda menjadi semakin besar? Berikut penjelasannya;

  1. Siapkan Modal

Modal yang harus disiapkan untuk jenis usaha yang satu ini terbilang besar. Hal tersebut karena Anda harus menyiapkan sejumlah modal untuk sewa tempat, membeli mesin fotocopy, pembelian kertas, pembelian ATK dan biaya karyawan. Selain itu, ada juga modal yang dibutuhkan untuk membeli etalase, membayar tagihan listrik dan masih banyak lagi.

Perhitungkan dengan baik setiap modal yang akan Anda keluarkan. Anda bisa membuat rincian dana terlebih dahulu dengan menuliskan estimasi harga dari masing-masing produk yang akan dibeli.

  1. Pilih Mesin Fotocopy

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah dengan memilih mesin fotocopy. Anda bisa membeli mesin fotocopy yang bagus, atau malah membeli mesin yang bekas. Namun, Anda juga bisa menyewa mesin fotocopy secara bulanan.

Nah, jika Anda memiliki modal yang lebih, maka bisa membeli mesin fotocopy multifungsi yang bisa digunakan untuk print dan juga scan. Akan tetapi, jika modal yang dimiliki pas-pasan, maka Anda bisa memilih mesin bekas namun dengan kualitas yang masih baik.

  1. Buatlah Rencana Bisnis

Meski Anda sudah memiliki modal yang cukup, namun peluang usaha fotocopy tidak akan terbuka lebar jika Anda tidak membuat rencana bisnis yang matang. Oleh karena itu buatlah rencana yang matang dan eksekusi dengan tepat.

Paling tidak, Anda harus membuat perencanaan modal yang harus dikeluarkan, pengeluaran serta keuntungan yang bisa didapat setiap bulannya.

  1. Lakukan Cross Selling

Jika melihat beberapa bisnis fotocopy yang ada, pasti jarang sekali Anda melihat beberapa usaha yang hanya menawarkan bisnis fotocopy saja. Mereka sekaligus juga akan menawarkan jasa lain seperti penjilidan, laminating atau pres mika, scan dokumen, cetak foto, penjualan ATK dan bergabung bersama Fastpay!

Dengan bergabung bersama Fastpay, maka Layanan yang akan Anda suguhkan semakin banyak & komplit! Dari melayani topup emoney, pembayaran tagihan bulanan hingga setor tunai seperti di bank!

Hal tersebut dilakukan untuk membuka peluang keuntungan yang bisa didapat. Namun,  apabila Anda baru saja akan memulai sebuah usaha, disarankan untuk tidak terlalu banyak menjual barang atau menawarkan jasa lainnya. Lakukanlah secara bertahap agar bisnis tersebut semakin mudah untuk dijalani.

  1. Jalin Kerja Sama Bisnis

Salah satu strategi bisnis yang tidak boleh Anda lewatkan ialah dengan menjalin kerja sama bisnis. Semakin banyak relasi yang Anda miliki, tentu akan semakin besar pula peluang usaha fotocopy yang Anda jalankan.

Apalagi, persaingan bisnis fotocopy semakin ketat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjalin relasi dengan beberapa sekolah atau instansi pemerintahan.

  1. Berikan Pelayanan yang Memuaskan

Memberikan pelayanan yang ramah dan memuaskan tentunya akan menjadi nilai plus tersendiri. Hal tersebut akan membuat pelanggan selalu datang ke tempat Anda untuk menggunakan jasa fotocopy.

Jika Anda mampu menyelesaikan setiap pekerjaan dengan baik dan cepat, beberapa instansi perkantoran pun akan mempercayakan Anda untuk menyelesaikan penduplikatan dokumen dengan baik.

  1. Berikan Kualitas Terbaik

Tak hanya pelayanan yang ramah dan memuaskan, para pelanggan juga biasanya akan mengutamakan kualitas dari jasa fotocopy yang Anda berikan. Orang-orang pastinya akan lebih memilih tempat fotocopy yang menghasilkan copy bersih, tinta tebal dan jelas serta kertas yang tebal.

Jadi, usahakan untuk memilih sebuah mesin fotocopy dengan kualitas terbaik dan bisa menyelesaikan tugas dengan cepat. Usahakan juga, lengkapi bisnis Anda dengan menggunakan komputer serta printer warna supaya bisa langsung menjalankan print-copy dari komputer ke mesin fotocopy.

Sebenarnya, peluang usaha fotocopy di lingkungan perkantoran sangatlah besar. Akan tetapi, dengan banyaknya orang yang juga membuka usaha tersebut membuat persaingan bisnis fotocopy menjadi semakin ketat.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat sebuah strategi bisnis yang baik supaya tetap bisa mendapatkan keuntungan dari usaha yang Anda jalani. Bahkan, jika Anda mampu membuat strategi bisnis dengan baik dan mengeksekusinya dengan tepat, keuntungan bisnis yang berlipat ganda pun bisa didapatkan dengan mudah.

Tunggu apalagi, segera realisasikan ide bisnis ini bersama Fastpay!

Hanya dengan bergabung di Toko Modern Fastpay, bisa bayar tagihan, isi pulsa, bahkan bisa mengirimkan uang tanpa rekening bank di outlet fotokopi Anda!

banner Lakukan Hal Ini untuk Membuat Usaha Fotocopy di Perkantoran! No 4 WAJIB!

Tim SBF