Keuntungan dan Cara Bayar PDAM Online

Sebarkan artikel ini

Perkembangan teknologi saat ini tampaknya memberikan dampak yang begitu besar terhadap kehidupan manusia. Bahkan hingga ke sektor pelayanan publik yang sebagian besar sudah memanfaatkan teknologi. Sebut saja proses pembayaran berbagai tagihan yang sudah bisa dilakukan secara online.

Banyak perusahaan yang sudah menawarkan layanan tersebut, sehingga memudahkan para pelanggannya untuk bayar tagihan, cek tagihan bahkan daftar peserta secara online tanpa harus datang ke kantor terkait.

Salah satu perusahaan yang juga sudah menawarkan layanan bayar tagihan online ialah Perusahaan Air Minum Daerah atau PDAM. Selain menawarkan pembayaran dan cek tagihan melalui website PDAM di masing-masing daerah, perusahaan ini juga sudah memiliki banyak mitra yang memungkinkan Anda untuk melakukan bayar PDAM online secara lebih mudah dan cepat.

Kemudahan Bayar PDAM Online

Dibentuknya layanan bayar tagihan secara online tentu tujuannya tidak lain dan tidak bukan ialah untuk memudahkan pelanggan melakukan pelunasan tagihan tanpa harus datang ke kantor PDAM.

Selain itu, dengan melakukan pembayaran PDAM secara online, pelanggan juga berkesempatan merasakan beberapa keuntungan berikut:

  • Waktu Fleksibel

Jika Anda ingin bayar PDAM di kantor, tentu Anda harus datang saat jam kerja. Dengan kata lain waktu yang Anda miliki cukup terbatas. Namun jika Anda memilih untuk bayar PDAM online, masalah waktu tak perlu lagi dirisaukan.

Pembayaran bisa dilakukan 24 jam tanpa batasan waktu, karena pembayaran memang lebih otomatis dan tidak membutuhkan bantuan langsung dari petugas PDAM.

  • Potongan Harga dari Mitra

Salah satu keuntungan yang bisa sering Anda rasakan jika melakukan pembayaran tagihan melalui marketplace ialah banyaknya voucher diskon yang bisa Anda dapatkan. Menariknya, voucher-voucher tersebut bisa Anda gunakan tanpa syarat tertentu alias bisa digunakan siapa saja.

  • Lebih Cepat

Proses pembayaran tagihan PDAM secara online pun jauh lebih cepat dibanding Anda harus datang ke kantor PDAM terdekat. Selain tak harus mengantri lama, Anda juga tidak perlu menunggu petugas melakukan pengecekan dan tahap pembayaran lain.

Anda cukup masuk ke website atau marketplace yang diinginkan, kemudian pilih menu bayar tagihan PDAM. Selanjutnya Anda bisa memasukkan nomor pelanggan dan nama kota/kabupaten tempat Anda berlangganan PDAM. Beberapa saat kemudian akan muncul rincian tagihan Anda dan langsung klik bayar.

Jangan lupa pilih voucher yang tersedia dan metode pembayaran yang ditawarkan. Lakukan pembayaran dan tagihan Anda sudah lunas.

Menarik bukan? Jika dibandingkan harus datang langsung ke kantor PDAM, tentu jauh lebih menguntungkan bayar PDAM online. Terlebih lagi proses pembayaran tagihan PDAM secara online tidak dikenai biaya tambahan, jadi semakin hemat bukan?

Mitra dan Prosedur Bayar PDAM Online

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika PDAM memiliki banyak mitra yang bisa Anda manfaatkan untuk bayar tagihan PDAM secara online. Berikut adalah beberapa diantaranya dan prosedur pembayarannya:

  • Marketplace

Ada begitu banyak marketplace di Indonesia yang sudah menjadi mitra PDAM, sebut saja Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli dan lain sebagainya. Masing-masing marketplace tersebut menawarkan prosedur bayar PDAM online secara mudah dan cepat.

Jika ditilik secara umum, panduan bayar tagihan di setiap marketplace tersebut sama. Pertama Anda perlu download aplikasi marketplace yang diinginkan, kemudian daftar/login.

Setelah masuk di halaman utama marketplace, pilih menu bayar tagihan. Anda bisa pilih menu tagihan PDAM dan masukkan data yang dibutuhkan pada kolom yang tersedia (nomor pelanggan dan kota/kabupaten tempat berlangganan PDAM).

Klik bayar tagihan dan rincian biaya yang harus Anda bayar akan muncul. Pilih metode pembayaran yang diinginkan lalu lakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih (bisa melalui transfer ATM/e-banking, Indomaret/Alfamart atau uang digital).

Tunggu notifikasi pembayaran berhasil dan tagihan PDAM Anda pun sudah terbayarkan lunas.

  • Toko Modern Fastpay

Di daerah pedesaan,perkampunfan, perumahan, ataupun perkotaan loket pembayaran TOko Modern Fastpay cukup mudah dijumpai. Loket Fastpay memang disediakan sebagai sarana untuk memudahkan masyarakat melakukan pembayaran tagihan tanpa harus datang ke kantor terkait yang lokasinya mungkin cukup jauh dari daerah tersebut.

Pembayaran PDAM melalui loket Fastpay pun sangat mudah. Disini Anda bisa langsung koordinasikan pembayaran pada petugas ataupun melalui aplikasi mitra. Cukup dengan menyebutkan ID di tagihan pembayaran akan segera terselsaikan.

  • Minimarket

Beberapa minimarket juga sudah menjadi mitra PDAM dan menawarkan layanan bayar PDAM online secara mudah. Sebut saja Indomaret, kini Anda bisa memanfaatkan layanan klikindomaret untuk melakukan pembayaran tagihan PDAM secara mudah.

Selain PDAM, Anda juga bisa melakukan pembayaran tagihan lain melalui Indomaret, seperti Telkom & Telepon, Asuransi, Multi Finance dan lain sebagainya.

Anda bisa memilih salah satu mitra PDAM di atas untuk melakukan pembayaran tagihan secara online. Dengan layanan ini, tentu sudah tidak ada lagi alasan untuk telat bayar tagihan ya, karena semua sudah dimudahkan.


Ingin memiliki bisnis loket PDAM terlengkap di Indonesia? Bergabunglah menjadi Mitra Fastpay karena ada banyak kesempatan dan peluang mengunguntungan cukup dengan aplikasi.

Segera cek official Toko Modern Fastpay di :

Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF