Keunggulan Menggunakan Asuransi ini Ternyata Belum Banyak Diketahui. Simak Yuk!

Sebarkan artikel ini

Kebutuhan masyarakat kian hari makin bertambah dan berbagai inovasi pun dilakukan untuk memenuhi beragam kebutuhan tersebut. Inovasi tersebut tidak hanya berbentuk produk yang secara fisik dapat diperjual-belikan, namun inovasi dalam bentuk jasa atau layanan juga semakin ditingkatkan. Salah satu layanan yang sedang berkembang pesat di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia yakni asuransi.

Asuransi merupakan suatu kesepakatan atau perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seseorang tertanggung dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu. Asuransi menjadi layanan yang memberikan jaminan kepada pengguna premi saat mengalami sebuah kondisi-kondisi tertentu yang membutuhkan pertanggungan secara finansial.

Di Indonesia, sudah banyak jenis layanan yang menawarkan jasa asuransi kepada masyarakat. Mulai dari jasa asuransi nasional melalui BPJS maupun asuransi swasta lainnya yang jumlahnya sangat banyak demi memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Minat masyarakat terhadap program asuransi ternyata masih rendah terutama untuk produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Hal yang disinyalir menjadi penyebab rendahnya tingkat ketertarikan masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia, terhadap lembaga keuangan non bank ini adalah ketidaklengkapan informasi yang didapat masyarakat mengenai lembaga ini dalam usaha meningkatkan kualitas kehidupan di masa mendatang.

Namun layanan asuransi semakin hari semakin diminati. Bisnis asuransi terus mengalami pertumbuhan di sepanjang bulan Januari hingga Mei 2018. Aset asuransi umum dan jiwa tumbuh signifikan dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan laporan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Mei 2018, total aset industri asuransi tersebut mencapai Rp 655,9 triliun, naik 18,9% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu yakni Rp 551,2 triliun. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mulai menyadari pentingnya menggunakan asuransi.

Dengan meningkatnya jumlah pengguna asuransi, tentunya perlu juga mengetahui alasan kenapa harus menggunakan asuransi. Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang belum menggunakan asuransi dengan alasan tidak mengerti dan merasa asuransi tidak membawa manfaat. Pa dahal terdapat beragam keuntungan yang belum banyak disadari oleh masyarakat. Apa saja manfaat menggunakan asuransi? Yuk simak ulasan berikut

  1. Menabung untuk masa depan

Dengan menggunakan jasa asuransi dan mendaftarkan diri sebagai nasabah pemegang polis di suatu penyedia layanan asuransi, Anda akan mendapatkan jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak. Iuran yang dikenakan setiap bulannya sama seperti Anda menabung untuk jangka panjang, yaitu tidak dapat ditarik di mesin ATM atau teller seperti di bank. Asuransi yang diperuntukkan investasi juga memberikan kelonggaran dalam memilih masa pertanggungan yang diinginkan oleh pemegang polis. Biasanya akan ada tiga pilihan waktu masa pertanggungan nasabah pemegang polis, yakni 5, 7, dan 10 tahun. Jadi bisa dikatakan yaitu dengan menggunakan asuransi, Anda juga menabung untuk masa depan.

  1. Hidup lebih tenang

Tidak ada yang bisa memperkirakan apa yang akan terjadi di masa depan. Kita tidak pernah mengetahui kemungkinan kejadian yang akan dialami esok hari, lusa, minggu depan dan waktu yang akan datang. Setiap hari kita lewati dengan kemungkinan kejadian yang bisa saja menuntut pengeluaran tak terduga. Bila Anda termasuk orang yang penuh persiapan terhadap masa depan, risiko kerugian yang diakibatkan oleh kejadian tak terduga tersebut bisa diminimalisir dengan lebih mudah. Namun, bagaimana dengan mereka yang tidak menyadari hal tersebut? Tentu saja asuransi menjadi jawabannya. Kehadiran penyedia layanan asuransi ini bisa memberikan jawaban dan meringankan beban ketika kejadian tak terduga itu datang. Bisnis asuransi memiliki manfaat untuk memberikan proteksi dari risiko ketidakpastian dan dipercaya lebih mampu meningkatkan rasa percaya diri bagi individu pemegangnya. Jadi apabila seseorang mengalami sakit dan butuh perawatan intensif dengan biaya yang mahal sedangkan biaya pengobatan belum dipersiapkan tentu akan sangat merepotkan. Dengan menggunakan asuransi, setidaknya Anda akan lebih tenang menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di waktu yang akan datang.

  1. Meminimalkan kerugian

Sesuai dengan jenisnya masing-masing, fungsi dari kepemilikan asuransi secara umum adalah membantu para pemegang polis untuk meminimalkan kerugian dari kejadian tak terduga yang mungkin terjadi seperti biaya kerugian bencana kebakaran, kecelakaan, dan biaya rumah sakit. Selain asuransi untuk harta, memiliki asuransi kesehatan yang bagus juga akan memberikan perlindungan kesehatan untuk jangka panjang bila sewaktu-waktu Anda dirawat di rumah sakit karena penyakit atau kecelakaan. Menggunakan asuransi dan mendapatkan penanggungan dari layanan ini tentunya akan meringankan beban keuangan Anda ketika suatu saat dibutuhkan dalam keadaan darurat.

  1. Membantu mengatur keuangan

Saat menggunakan layanan asuransi, sistemnya yaitu Anda harus membayar iuran bulanan atau disebut premi. Kewajiban Anda untuk membayar premi secara rutin sebenarnya secara tidak langsung memaksa Anda untuk menyediakan dana cadangan yang digunakan ketika terjadi kejadian tak terduga. Meski demikian, ketika kejadian tak terduga itu benar-benar terjadi dan mengharuskan Anda mengeluarkan kocek yang cukup banyak, keberadaan asuransi akan membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran tak terduga yang biasanya jauh lebih tinggi dari pengeluaran rutin harian atau bahkan bulanan Anda. Dengan memiliki asuransi, Anda akan belajar mengatur keuangan dengan tujuan yang lebih berguna untuk mempersiapkan masa depan. Dengan demikian, Anda akan terlatih dalam manajemen keuangan dengan lebih baik serta dapat memutuskan mana kebutuhan yang penting untuk diprioritaskan dan bermanfaat untuk masa depan, yaitu dengan menggunakan asuransi.

Demikian keuntungan menggunakan layanan asuransi untuk mempersiapkan masa depan. Tentu saja dengan menggunakan layanan ini, pemegang polis akan lebih menikmati kehidupan dan tak perlu khawatir jika kejadian yang tidak diinginkan menimpa. Di sisi lain, masih banyak masyarakat yang belum mengerti bagaimana langkah yang perlu dilakukan untuk menikmati layanan ini. Kini, masyarakat dapat dengan mudah mendaftarkan diri untuk menggunakan layanan asuransi maupun melakukan pembayaran iuran bulanan (premi) yaitu dengan menggunakan Fastpay. Hanya di Fastpay, layanan terlengkap dalam emudahkan kebutuhan bertransaksi sehari-hari. Bukan hanya layanan asuransi, Fastpay memberikan 8 layanan bisnis lainnya yang tentu saja menguntungkan. Jadilah wirausahawan muda Indonesia dengan cara paling mudah, murah, dan pasti menguntungkan bersama Fastpay. Daftarkan diri Anda sekarang juga di sini.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! 

Tim SBF