Kesalahan Umum Bisnis Swalayan yang Harus Dihindari

Sebarkan artikel ini

Bisnis swalayan menjadi salah satu ide bisnis yang saat ini cukup menjanjikan. Adanya perubahan budaya untuk berbelanja di pasar modern membuat bisnis ini terus berkembang dari waktu ke waktu. Tidak hanya itu, dikarenakan swalayan menjual kebutuhan harian dari masyarakat, pangsa pasar dari bisnis ini terbilang besar dan terus bertumbuh.

Peluang yang bisa dikatakan cukup besar dari bisnis ini membuat cukup banyak masyarakat yang tergiur dan mencoba menjalankan bisnis tersebut. Layaknya bisnis pada umumnya, diperlukan strategi yang tepat untuk menjalankan ide bisnis swalayan untuk bisa survive dan mendapatkan keuntungan sebagaimana yang diinginkan.

Sayangnya, ada beberapa kesalahan yang kerap kali dilakukan seseorang yang ingin membangun bisnis ini. Tentu, kesalahan ini harus dipahami dengan baik dan ditanggulangi agar modal yang telah dikeluarkan tidak sia-sia dan berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan.

Kesalahan Umum Membangun Bisnis Swalayan

Berbincang tentang bisnis swalayan, ada beberapa kesalahan yang umum dilakukan oleh pebisnis pemula yang sebaiknya dihindari. Manajemen kesalahan ini adalah bagian penting dari persiapan bisnis untuk nantinya menjalankan bisnis dengan baik dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Adapun beberapa kesalahan umum yang harus dihindari saat membangun bisnis swalayan ini adalah sebagai berikut:

  • Tidak Memahami Alur Bisnis Dengan Baik

Salah satu kesalahan yang paling umum dan bisa dikatakan cukup riskan adalah tidak memahami alur bisnis ini dengan baik. Ya, terkadang seseorang hanya fokus pada modal yang ia miliki dan seakan dengan modal tersebut ia bisa langsung sukses untuk membangun swalayan yang diinginkan.

Lebih dari itu, swalayan memerlukan manajemen yang tepat. Juga, ada strategi menghadapi persaingan dengan swalayan lain yang telah berdiri. Jika semua konsep tersebut tidak dipersiapkan dengan baik, bisa saja bisnis yang diharapkan berjalan dengan lancar nantinya akan jalan di tempat dan risiko bangkrut menjadi lebih besar.

  • Tidak Membangun Brand

Kesalahan lain yang juga cukup fatal adalah tidak membangun brand. Bisa dikatakan bahwa saat ini cukup banyak swalayan yang hadir dan memiliki brand yang berbeda-beda. Tentu, adanya beberapa –atau bahkan banyak, brand tersebut akan menimbulkan persaingan. Dalam persaingan, mana brand yang kuat akan memenangkan pasar.

Oleh karenanya, membangun brand adalah hal yang sangat penting. Tidak cukup hanya memberi nama pada swalayan tersebut dan semuanya akan bekerja secara otomatis. Perlu strategi khusus untuk membangun swalayan. Melakukan promosi tentu merupakan salah satu cara yang tepat untuk dilakukan.

Selain itu, jika Anda ingin membangun bisnis swalayan dengan mudah terkait pada masalah brand, maka Anda bisa membangun kerja sama dengan cara franchise. Saat ini, ada cukup banyak swalayan franchise yang ditawarkan untuk dijadikan opsi alternative.

  • Salah Memilih Lokasi

Untuk bisnis apapun, lokasi bisa dikatakan sebagai salah satu hal yang sangat penting. Ya, lokasi akan berpengaruh pada bagaimana nantinya bisnis swalayan yang Anda bangun akan berjalan. Nah, seringkali, seorang pebisnis swalayan pemula kurang bijak dalam memilih tempat sehingga bisnis yang mereka harapkan bisa berjalan dengan lancar akhirnya macet.

Berbincang tentang tempat untuk swalayan, sebenarnya ada cukup banyak variabel yang perlu dipertimbangkan. Tentu, yang pertama, tempat yang dipilih haruslah strategis dari segi lokasi. Ini adalah modal awal agar calon konsumen Anda bisa menemukan lokasi bisnis Anda dengan sangat mudah.

Selain itu, lokasi haruslah memiliki tempat parkir yang cukup untuk memudahkan para pelanggan berhenti secara langsung di depan swalayan yang Anda kelola. Juga, perhatikan luas dari lokasi. Tentu, swalayan yang nyaman adalah yang memiliki luas yang cukup.

  • Tidak Melakukan Inovasi

Sebagaimana telah disinggung di awal bahwa swalayan adalah salah satu bisnis yang bisa dikatakan cukup menjamur saat ini. Tentu saja, dengan adanya fakta ini, maka akan ada saingan yang terbangun dengan swalayan lainnya. Nah, kesalahan yang cukup umum dilakukan adalah seseorang tidak melakukan inovasi pada bisnis swalayan yang mereka kelola.

Tentu saja ini adalah kesalahan yang cukup fatal. Tidak adanya inovasi berarti bisnis swalayan yang Anda jalankan hanya sama seperti bisnis lainnya dan bisa dikatakan biasa-biasa saja. Oleh karenanya, lakukan beberapa inovasi yang menarik yang membuat konsumen merasa tertarik.

Anda bisa melakukan banyak hal untuk inovasi, seperti penataan produk yang berbeda, tawaran paket barang yang unik atau lainnya. Selain itu, berusahalah untuk mengikuti tren yang berkembang di masyarakat. Biar bagaimanapun, tren yang sedang berkembang tersebut adalah peluang untuk mendapatkan keuntungan dengan jumlah yang cukup signifikan.

Nah, beberapa poin di atas menjelaskan tentang beberapa kesalahan umum yang dilakukan dalam membangun bisnis swalayan. Tentu, agar bisnis bidang swalayan yang Anda bangun bisa berjalan dengan lancar, segala kesalahan di atas harus dihindari. Cobalah pelajari mekanisme pendirian bisnis ini untuk mengatur strategi yang tepat.


Ingin membuka bisnis swalayan penuh untung? Gunakan aplikasi fastpay agar bisa menawarkan layanan pembayaran terlengkap. Dengan Faspay, semua bisnis jadi makin untung!

Cek semua informasi dan promo menarik melalui sosial media fastpay di :

Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official

Siapa Lagi Mau Jadi Juragan Tagihan PPOB, E-money, Pulsa?
Gabung Fastpay dan Miliki Bisnis Pembayarn Paling Menguntungkan

emoney-1 Kesalahan Umum Bisnis Swalayan yang Harus Dihindari

Tim SBF