Kereta Cepat Jakarta Bandung Diresmikan, Berapa Kecepatannya?

Sebarkan artikel ini

Hari ini tepatnya 2 Oktober 2023 Indonesia patut bangga rupanya karena proyek prestige kereta cepat Jakarta Bandung telah diresmikan. Tentu menarik untuk membahas lebih dalam seputar kereta yang telah ditunggu-tunggu oleh banyak orang ini.

Peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung

Dikutip dari CNN Indonesia, peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dilakukan di hari ini tanggal 2 Oktober 2023 oleh presiden Joko Widodo. Peresmian dilakukan di Stasiun Halim, Jakarta Timur pagi ini. Sebenarnya jadwal peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) jatuh pada 1 Oktober 2023 tetapi diundur.

Dilansir dari kcic.co.id, proyek kereta cepat ini akan mampu untuk mengangkut penumpang dengan kapasitas total 601 penumpang. Kereta ini pun telah dilengkapi oleh ruang khusus bagi para penumpang difabel.

Kereta Cepat Jakarta Bandung ini pun punya nama yang dapat dikatakan unik. Hal ini karena kereta tersebut diberi nama WHOOSH. Nama WHOOSH diberikan karena ada citra “cepat seperti angin” yang ditawarkan oleh KCJB. Selain itu, WHOOSH juga merupakan akronim dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal.

Baca juga : 20 Kereta Jakarta – Yogyakarta dan Harga Tiket 2023

Kecepatan dan Jangkauan Kereta Cepat Jakarta Bandung

oktober-week-1-pic-1 Kereta Cepat Jakarta Bandung Diresmikan, Berapa Kecepatannya?
Kereta Cepat Jakarta Bandung – WHOOSH

Kecepatan WHOOSH diklaim dapat mencapai sekitar 350 kilometer per jam (kecepatan operasional. Sedangkan untuk kecepatan desainnya hingga 420 kilometer per jam.

Kendati mencapai ratusan kilometer per jam tetapi klaim yang diberikan adalah penumpang akan tetap nyaman. Hal ini karena kereta suda dilengkapi oleh cabin noise sehingga bisa meredam getaran dan suara dalam kereta.

Jarak dari Jakarta ke Bandung tentu ratusan kilometer. Untuk kereta cepat ini nantinya akan melintasi 142, km jalur kereta dari Jakarta hingga Bandung. Dengan kecepatan yang diklaim oleh PT. KCIC, maka WHOOSH dapat berangkat dari Jakarta hingga ke Bandung hanya dalam waktu 36 hingga 44 menit.

Jadi bayangkan sudah berapa persen waktu yang terpotong jika kamu naik transportasi lain seperti mobil, kereta, bahkan pesawat terbang.

Untuk sistem transit kereta ini diklaim akan menggunakan konsep Transit Oriented Development (TOD). Hal tersebut membuat adanya integrasi transportasi sehingga penumpang dijanjikan kenyamanan dalam menggunakan moda transportasi baru ini.

Adapun stasiun yang akan dilintasi oleh WHOOSH adalah Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Walini, dan Stasiun Tegalluar.

Baca juga : Jadwal Kereta Jakarta – Surabaya 2023 dan Harga Tiket

Nikmati Pengalaman Naik Kereta Cepat

oktober-week-1-pic-2 Kereta Cepat Jakarta Bandung Diresmikan, Berapa Kecepatannya?
Pengalaman Naik Kereta Cepat

Dikutip dari CNN Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi akan memberikan diskon secara bertahap. Jadi tentunya masyarakat yang berminat bisa mencoba naik WHOOSH.

Untuk tarif sendiri telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo bahwa besarannya antara Rp 250 Ribu – Rp 350 Ribu. Selama uji coba di publik memang ada antusias yang tinggi ditambah lagi uji coba tersebut gratis bagi siapapun. Jadi menarik untuk dilihat kedepannya akan seperti apa pemanfaatan kereta cepat ini untuk akses transportasi antar kota.

Peluang Bisnis Tiket Kereta

Berbisnis memang bisa mulai dari mana saja termasuk dari jadi agen jual tiket kereta. Kamu bisa jual tiket kereta ke berbagai daerah lewat Fastpay. Kamu bisa menawarkan ke orang-orang di sekitarmu atau memanfaatkan media sosial untuk membuat bisnis milikmu makin dikenal.

Segera manfaatkan kesempatan jadi Juragan bersama Fastpay. Daftarkan dirimu di sini.

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.

– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.

– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari