Kenali 5 Penyebab Gagal Isi Token Listrik

Sebarkan artikel ini

Pernahkah kamu mengalami gagal isi token listrik di meteranmu disaat kebutuhan mendesak karena token listrik hampir habis. Atau kamu alami kendala yang lain untuk isi token listrik. Kenali penyebabnya disini.

PLN memiliki 82,5 juta pelanggan dengan pelanggan jenis prabayar atau token sudah mencapai lebih dari 48.4 juta pelanggan. PLN berupaya merubah pelanggan pascabayar menjadi listrik prabayar.

Teknologi kelistrikan berkembang semakin maju dengan penggunaan meteran jenis digital yang akurat. Teknologi yang lain adalah jenis listrik prabayar atau sering disebut token/pulsa listrik menjadi solusi yang tepat bagi PLN dan pelanggan PLN.

Ada beberapa keunggulan sistem listrik prabayar ini, salah satunya pelanggan bisa mengelola sendiri kebutuhan listrik mereka sesuai kebutuhan yang dibutuhkan sehingga dapat menjadi sarana penghematan dalam penggunaan energi listrik di rumah. Selain itu penggunaan token listrik bisa dikatakan lebih murah karena kontrol dari pengguna.

Pengguna listrik prabayar bisa membeli token listrik di Agen Fastpay terdekat atau menggunakan aplikasi Fastpay dengan mudah dan cepat untuk menambahkan listrik dirumahnya supaya tidak sampai terjadi pemadaman karena kehabisan token listrik.

Dalam hal ini mungkin suatu saat juga ada kendala- kendala secara teknis dilapangan ketika akan menambahkan Kwh listrik ke meteran. Berikut beberapa kendala teknis yang sering ditemui ketika melakukan pengisian token listrik ke dalam meteran beserta solusinya.

5 Penyebab Gagal Isi Token Listrik

1. Server PLN error

Tiap meteran digital PLN mempunyai ID unik dan nomor meter unik yang terhubung dengan server PLN. Jika gagal isi token karena server error, kita hanya bisa menunggu saja sampai perbaikan dari PLN selesai dan server normal kembali. Setelah server normal baru kita masukkan kembali token listrik ke meteran yang ada dirumah.

Jangan sampai salah ID meter, ID meter tiap pelanggan bersifat unik dan token yang sudah dibeli terhubung dengan ID meter, jika salah dalam order dan hal itu dinyatakan valid oleh server maka kemungkinan token tidak bisa masuk ke ID meter. Pastikan bahwa ketika membeli token sesuai dengan ID meter agar pengisian token PLN tidak gagal.

2. Meteran terblokir karena salah memasukkan kode token listrik

Harus hati-hati ketika memasukkan kode token ke meteran setelah kamu membeli token karena bila salah hingga tiga kali, meteran kamu akan terblokir otomatis. Jadi pastikan ketika memasukkan kode token harus benar. Perhatikan dengan baik kode token pada struk pembelian sebelum dimasukkan.

Bila meteran terblokir kamu harus segera hubungi Call 123 atau hubungi PLN terdekat untuk solusi perbaikan.

3. Meter prabayar bermasalah

Error pada meteran listrik prabayar bisa dideteksi dengan melihat layar dari meteran tersebut, jika muncul tulisan Blocked, gambar telapak tangan, tulisan Periksa, Cancel bahkan meter mati, maka sebaiknya kamu segera hubungi PLN 123 dan menjelaskan kondisi tersebut, karena jika tidak maka bisa dipastikan tidak akan pernah bisa mengisi token PLN.

4. Instalasi listrik yang buruk

Pemasangan instalasi listrik dapat menimbulkan masalah tersendiri, selain kegagalan dalam memasukkan kode token, hal ini bisa menimbulkan resiko yang membahayakan seperti korsleting listrik yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Jika Anda mengalami hal ini maka sebaiknya segera menghubungi petugas PLN terdekat. Lakukan perbaikan instalasi listrik dengan baik, seperti kabel yang digunakan, pemasangan grounding, menggunakan alat alat listrik yang berstandart SNI dll.

5. KwH over limit

Ternyata isi token listrik ada batasannya selama satu bulan. Jika KwH yang dimasukkan melebihi batas maksimal dalam sebulan, maka token PLN akan gagal saat dimasukkan. Hal ini diterapkan PLN supaya pengguna menggunakan listrik sesuai batasan yang ada. Dengan penggunaan sesuai batasan yang ada, pengguna bisa belajar hemat.

Wajib tahu pula batas pembelian token listrik selama satu bulan.

Baca juga: Berapa Batas Pembelian Token Listrik Prabayar

Cara Atasi Token Gagal Input/Masuk

  • Silakan menuju alat meter, lalu tekan 00 + enter. Hal ini bertujuan untuk me-reset meter jika ada kesalahan pada input sebelumnya.
  • Tunggu beberapa saat agar meteran selesai proses resetnya.
  • Jika sudah selesai, silahkan input ulang nomor token PLN di meteran.
  • Selesai, biasanya token akan langsung masuk.
  • Jika cara di atas tetap tidak bisa, segera hubungi petugas PLN karena kemungkinan alat meter kamu rusak.

Setelah kamu tahu penyebab gagal isi token listrik, kini tidak perlu kuatir lagi ketika menghadapi masalah pengisian token listrik di meteran kamu.

Tahukah kamu, bila ada potensi peluang bisnis dari pengisian token listrik, pembayaran tagihan listrik dan tagihan lainnya. Kebutuhan digital masyarakat seperti pulsa, paket data, saldo emoney hingga pembelian tiket transportasi dapat dipenuhi dari bisnis Fastpay.

ads-bisnis-ppob-fastpay-bukan-ppob-biasa Kenali 5 Penyebab Gagal Isi Token Listrik

Terbuka Peluang Bisnis PPOB Terlengkap dan Agen Tiket

Bisnis agen PPOB menjadi bisnis yang menguntungkan. Fastpay Bukan PPOB Biasa memberikan peluang buat kamu yang sedang mencari bisnis atau usaha yang tempat, dapat dijalankan dimana saja oleh siapa saja dengan layanan sangat lengkap

Kebutuhan digital masyarakat Indonesia menjadi hal yang utama, seperti bayar tagihan, beli pulsa data internet, voucher game, top up saldo emoney atau kebutuhan beli tiket pesawat, kereta, bus AKAP, atau pengiriman barang.

Bayar tagihan, beli tiket transportasi, top up emoney, voucher game dan voucher digital, dll semua bisa dilakukan di Loket Fastpay sebagai bisnis PPOB yang menjanjikan. Bisnis Fastpay bisa dikelola oleh siapa saja dengan modal kecil. Kesempatan masih terbuka lebar untuk membuka bisnis PPOB dan agen tiket bersama Fastpay.

fastpay-bukan-ppob-biasa Kenali 5 Penyebab Gagal Isi Token Listrik

ic_daftarfastpay Kenali 5 Penyebab Gagal Isi Token Listrik ic_temukan-di-googleplay Kenali 5 Penyebab Gagal Isi Token Listrik

__________

Tentang Bisnis PPOB Fastpay dan Tiket

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.
ic_daftarfastpay Kenali 5 Penyebab Gagal Isi Token Listrik ic_temukan-di-googleplay Kenali 5 Penyebab Gagal Isi Token Listrik
bisnis-ppob-fastpay-footer Kenali 5 Penyebab Gagal Isi Token Listrik

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/