Kenali 5 Penyebab Gagal Isi Token Listrik

Pernahkah kamu mengalami gagal isi token listrik di meteranmu disaat kebutuhan mendesak karena token listrik hampir habis. Atau kamu alami kendala yang lain untuk isi token listrik. Kenali penyebabnya disini.

PLN memiliki 75,7 juta pelanggan dengan pelanggan jenis prabayar atau token sudah mencapai lebih dari 40 juta pelanggan. PLN berupaya merubah pelanggan pascabayar menjadi listrik prabayar.

Teknologi kelistrikan berkembang semakin maju dengan penggunaan meteran jenis digital yang akurat. Teknologi yang lain adalah jenis listrik prabayar atau sering disebut token/pulsa listrik menjadi solusi yang tepat bagi PLN dan pelanggan PLN.

Ada beberapa keunggulan sistem listrik prabayar ini, salah satunya pelanggan bisa mengelola sendiri kebutuhan listrik mereka sesuai kebutuhan yang dibutuhkan sehingga dapat menjadi sarana penghematan dalam penggunaan energi listrik di rumah. Selain itu penggunaan token listrik bisa dikatakan lebih murah karena kontrol dari pengguna.

Pengguna listrik prabayar bisa membeli token listrik di outlet Toko Modern Fastpay terdekat atau menggunakan aplikasi Fastpay dengan mudah dan cepat untuk menambahkan listrik dirumahnya supaya tidak sampai terjadi pemadaman karena kehabisan token listrik.

Dalam hal ini mungkin suatu saat juga ada kendala- kendala secara teknis dilapangan ketika akan menambahkan Kwh listrik ke meteran. Berikut beberapa kendala teknis yang sering ditemui ketika melakukan pengisian token listrik ke dalam meteran beserta solusinya.

1. Server PLN error

Tiap meteran digital PLN mempunyai ID unik dan nomor meter unik yang terhubung dengan server PLN. Jika gagal isi token karena server error, kita hanya bisa menunggu saja sampai perbaikan dari PLN selesai dan server normal kembali. Setelah server normal baru kita masukkan kembali token listrik ke meteran yang ada dirumah.

Jangan sampai salah ID meter, ID meter tiap pelanggan bersifat unik dan token yang sudah dibeli terhubung dengan ID meter, jika salah dalam order dan hal itu dinyatakan valid oleh server maka kemungkinan token tidak bisa masuk ke ID meter. Pastikan bahwa ketika membeli token sesuai dengan ID meter agar pengisian token PLN tidak gagal.

2. Meteran terblokir karena salah memasukkan kode token listrik

Harus hati-hati ketika memasukkan kode token ke meteran setelah kamu membeli token karena bila salah hingga tiga kali, meteran kamu akan terblokir otomatis. Jadi pastikan ketika memasukkan kode token harus benar. Perhatikan dengan baik kode token pada struk pembelian sebelum dimasukkan.

Bila meteran terblokir kamu harus segera hubungi Call 123 atau hubungi PLN terdekat untuk solusi perbaikan.

3. Meter prabayar bermasalah

Error pada meteran listrik prabayar bisa dideteksi dengan melihat layar dari meteran tersebut, jika muncul tulisan Blocked, gambar telapak tangan, tulisan Periksa, Cancel bahkan meter mati, maka sebaiknya kamu segera hubungi PLN 123 dan menjelaskan kondisi tersebut, karena jika tidak maka bisa dipastikan tidak akan pernah bisa mengisi token PLN.

4. Instalasi listrik yang buruk

Pemasangan instalasi listrik dapat menimbulkan masalah tersendiri, selain kegagalan dalam memasukkan kode token, hal ini bisa menimbulkan resiko yang membahayakan seperti korsleting listrik yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Jika Anda mengalami hal ini maka sebaiknya segera menghubungi petugas PLN terdekat. Lakukan perbaikan instalasi listrik dengan baik, seperti kabel yang digunakan, pemasangan grounding, menggunakan alat alat listrik yang berstandart SNI dll.

5. KwH over limit

Ternyata isi token listrik ada batasannya selama satu bulan. Jika KwH yang dimasukkan melebihi batas maksimal dalam sebulan, maka token PLN akan gagal saat dimasukkan. Hal ini diterapkan PLN supaya pengguna menggunakan listrik sesuai batasan yang ada. Dengan penggunaan sesuai batasan yang ada, pengguna bisa belajar hemat.

Wajib tahu pula batas pembelian token listrik selama satu bulan. Silahkan baca di artikel yang lain

Cara Atasi Token Gagal Input/Masuk

  • Silakan menuju alat meter, lalu tekan 00 + enter. Hal ini bertujuan untuk me-reset meter jika ada kesalahan pada input sebelumnya.
  • Tunggu beberapa saat agar meteran selesai proses resetnya.
  • Jika sudah selesai, silahkan input ulang nomor token PLN di meteran.
  • Selesai, biasanya token akan langsung masuk.
  • Jika cara di atas tetap tidak bisa, segera hubungi petugas PLN karena kemungkinan alat meter kamu rusak.

Peluang bisnis agen token listrik/prabayar dan pembayaran tagihan PLN

Bersama Fastpay kamu dapat menjalankan bisnis atau usaha untuk menjadi agen token listrik atau melayani pembayaran tagihan listrik pascabayar dengan keuntungan melimpah. Karena dengan menjadi mitra Toko Modern Fastpay, kamu dapat menjalankan 8 bisnis sekaligus, yaitu menjadi agen pembayaran, agen keuangan perbankan digital, agen top up e-money terlengkap, agen pulsa dan internet murah, agen tiket perjalanan, agen ekspedisi/logistik dan agen penjualan barang.

__________

Toko Modern Fastpay adalah bisnis keagenanan keuangan digital & sistem pembayaran terlengkap yang melayani berbagai macam kebutuhan orang Indonesia seperti layanan perbankan setor tunai, tarik tunai dan transfer uang antar bank murah, daftar merchant QRIS tercepat, layanan ekspedisi kirim dokumen dan barang kemana aja, top up saldo e-money lengkap, layanan tiket pesawat dan kereta, layanan pembayaran tagihan terlengkap, layanan pembelian pulsa, internet dan voucher game lengkap, dengan keuntungan jutaan rupiah tiap bulan dari jasa pembayaran. Tertarik bisnis menguntungkan ini? Daftar sekarang disini.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/