Kembangkan Bisnis Jahitmu Lewat Online!

Sebarkan artikel ini

Pada dasarnya, bisnis jahit tidak akan sepi selama manusia masih mengenakan pakaian, bisnis ini akan selalu mendapat tempat. Meskipun terdapat banyak tantangan serta kelemahannya, terlebih di era serba digital seperti sekarang ini. Itulah alasan mengapa pebisnis di bidang ini juga harus ikut beradaptasi dengan adanya perubahan yang terjadi di iklim usaha.

Perlu diketahui juga bahwa memiliki kemampuan menjahit saja tidaklah cukup apabila Anda memang serius menekuni usaha ini secara profesional. Sebab selain kemampuan menjahit, Anda juga harus memahami mengenai perkembangan iklim industri.

Terlebih setelah adanya revolusi yang menjadikan semuanya serba internet, termasuk juga untuk bisnis jahit ini. Nah untuk mengatasi tantangan global semacam ini, apakah yang sebaiknya Anda lakukan? Berikut beberapa solusi yang mungkin bisa membantu Anda, diantaranya adalah:

  1. Berpikir Global

Mungkin bagi sebagian besar penjahit, mereka berpikir kegiatan berbisnis itu hanya sekedar membuat baju. Pada kenyataannya di era globalisasi ini, menjahit itu tidak melulu soal baju. Karena fenomena saat ini, konsumen memilih penjahit untuk membuat baju hanya pada saat membuat kebaya. Sementara untuk membuat baju untuk dipakai sehari-hari maupun seragam mereka lebih memilih pesan yang sudah jadi.

Maka dari itu, seorang penjahit harus pandai dalam memunculkan inovasi terbaru agar bisa bertahan di tengah perubahan zaman semacam ini. Selain itu, pelaku bisnis jahit juga harus tanggap terhadap kebutuhan pasar. Hal ini sangatlah penting, misalnya saja seperti sekarang ini yang sedang digalakkan adalah penggunaan tas belanja kain ketimbang kantong plastik.

Dengan adanya peraturan semacam itu, menjadi sebuah kesempatan emas bagi Anda untuk turut berpartisipasi membuat kantong belanja dari kain. Anda bisa memproduksi sedikit terlebih dahulu kemudian pasarkan. Baru kemudian setelah ada orderan datang Anda bisa memproduksi dalam jumlah yang banyak.

Tentunya dengan cara kerja semacam itu menjadi lebih efektif untuk mendapatkan keuntungan dari pekerjaan menjahit. Bayangkan saja jika Anda hanya menunggu orang yang akan menjahitkan bajunya datang, pasti Anda hanya akan membuang waktu tanpa ada hasil sama sekali.

  1. Ciptakan Inovasi Baru

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa di era globalisasi ini inovasi baru sangatlah dibutuhkan. Maksudnya yakni Anda tahu bahkan paham dengan model-model baju terbaru. Caranya cukup mudah, Anda bisa mengamati pakain yang sering dipakai oleh para artis atau public figure lainnya yang terkenal.

Sebagai pelaku bisnis jahit, Anda bisa meniru model pakaian yang dikenakan tersebut dengan diberi sentuhan yang sedikit berbeda agar tidak terlihat sekali bahwa Anda menjiplak.

Seperti yang banyak terjadi akhir-akhir ini banyak sekali masyarakat yang antusias dengan pakaian yang dipakai oleh artis dunia Kate Middleton. Sehingga para penjahit juga telah banyak yang membuat baju tiruannya, karena memang adanya permintaan pasar yang cukup tinggi. Hal-hal semacam ini yang memang harus diperhatikan oleh penjahit.

  1. Memaksimalkan Sosial Media dan Internet

Hampir semua usaha dan bisnis yang ada saat ini tidaklah lepas dari yang namanya internet. Sebab memang sudah terbukti bahwa internet adalah tempat promosi yang paling efektif serta efisien. Anda pun sebagai penjahit juga perlu mempromosikan hasil jahitan Anda ke media sosial. Dibandingkan dengan hanya memajangnya di rumah ataupun kios jahit, dimana belum tentu akan ada orang yang melihatnya.

Selain itu, melalui internet inilah Anda juga bisa mendapat info terbaru mengenai model baju yang sedang hits dan banyak diminati. Namun, pada kenyataannya banyak penjahit rumahan yang belum maksimal dalam memanfaatkan media sosial. Padahal sebenarnya ketika seseorang memiliki keahlian khusus dalam menjahit, saat itulah dia memiliki potensi besar untuk menghasilkan karya baru.

Tapi apa mau dikata, penjahit rumahan justru enggan untuk mempromosikan keahlian menjahitnya secara massif. Mereka masih kurang percaya diri dan malu untuk mempromosikan jasa jahit metreka di media sosial karena menganggap jasanya belum layak untuk dipromosikan.

Bahkan ada seorang kaula muda yang kemudian membuat sebuah website yang menawarkan jasa jahitan. Website ini dibuat dengan tujuan untuk menghubungkan antara penjahit rumahan dengan pelanggan yang kira-kira membutuhkan jasa penjahit.

Adapun cara kerjanya sangatlah sederhana, yakni pelanggan mengisi semacam formulir yang memuat identitas, ukuran baju hingga model yang diinginkan. Apabila konsumen memiliki foto contoh baju yang diinginkan, maka bisa juga diikutsertakan di unggah dalam website tersebut.

Setelah semuanya diisi dengan tepat, konsumen tinggal mengirimkan kainnya menuju alamat penjahit yang sudah dipilih. Untuk masalah pembayaran bisa dilakukan di awal maupun setelah pesanan selesai. Simple sekali bukan?

  1. Mendelegasikan Tugas

Pada umumnya, penjahit rumahan akan mengerjakan semua pesanan yang diterima sendiri, itulah yang menjadikannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mendelegasikan karyawan agar dapat membantu Anda.

Pastikan dalam memilih karyawan adalah karyawan dengan keahlian menjahit yang mahir. Perekrutan karyawan juga termasuk salah satu langkah Anda dalam mengembangkan bisnis jahit rumahan menjadi konveksi rumahan. Selain pesanan akan cepat selesai, tentu Anda juga memiliki potensi untuk meningkatkan orderan menjadi lebih besar lagi.

Beberapa cara mengembangkan bisnis jahit melalui internet tersebut merupakan hal yang patut untuk Anda pelajari dan praktekkan. Ini semua demi kemajuan dan perkembangan usaha Anda menjadi lebih sukses lagi.

Tidak ketinggalan untuk tips yang satu ini, bergabunglah bersama Fastpay untuk menambah peluang keuntungan. Fastpay akan menjadikan bisnis Anda lebih menghasilkan dengan layanan yang sangat lengkap. Tidak ada salahnya lho usaha jahit Anda dibarengi dengan bisnis Fastpay. Justru akan mendatangkan pelanggan tidak hanya dari pelanggan yang akan menjahit baju.


Terus ikuti informasi terupdate di Social Media Toko Modern Fastpay
:
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official

Berikan layanan tambahan untuk menjadi unggulan dari Bisnis Jahit Anda. Dengan bergabung dengan Toko Modern Fastpay, sekali jalan bisnis laundry juga bisa bayar tagihan, isi pulsa, bahkan bisa mengirimkan uang tanpa rekening bank di rumah Anda!

banner Kembangkan Bisnis Jahitmu Lewat Online!

Tim SBF