Kelebihan dan Kekurangan Kartu Prabayar dan Pascabayar

Sebarkan artikel ini

Bagi pengguna smartphone atau bahkan ponsel biasa, pasti tidak asing lagi dengan penggunaan kartu SIM. Ya, kartu dengan ukuran kecil yang diletakkan pada telepon genggam ini berfungsi untuk menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi. Sehingga, SIM card menjadi bagian yang penting untuk melakukan komunikasi.

Sudah bukan rahasia lagi jika Anda dapat memilih dua jenis kartu SIM yang meliputi kartu prabayar dan pascabayar. Namun, banyak juga orang yang merasa bingung ingin menggunakan yang mana. Sebenarnya, jika Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan kartu prabayar dan pascabayar, maka pilihannya pun akan menjadi semakin mudah.

Sebagai informasi awal, kartu pascabayar mengizinkan pelanggan memakai kartu terlebih dahulu untuk mendapatkan layanan komunikasi dan juga data serta pada akhir periode akan mendapatkan sejumlah beban tagihan sesuai dengan banyaknya pemakaian. Sedangkan kartu prabayar harus membayarkan sejumlah biaya terlebih dahulu untuk mendapatkan layanan komunikasi maupun data untuk bisa menggunakannya.

Itulah perbedaan paling mendasar diantara keduanya. Namun, untung rugi penggunaan kartu prabayar ataupun pascabayar bisa Anda lihat selengkapnya di bawah ini :

1. Pengisian Pulsa dan Kuota Data

Bagi penggunaan kartu prabayar dalam hal pengisian pulsa maupun kuota bisa diisi dengan nominal berapa saja dan kapan saja. Bahkan, Anda memiliki pilihan untuk tidak melakukan pengisian pulsa apabila dana sedang mepet.

Lain halnya dengan layanan pascabayar dimana Anda mesti membayar terus menerus pada waktu yang sudah ditentukan meskipun Anda tidak menggunakannya.

2. Pembayaran

Dalam hal pembayaran, kartu prabayar lebih unggul. Sebab, lebih simpel dan praktis. Yang mana saat Anda membutuhkannya, tentu Anda bisa langsung menuju ke konter untuk memilih ragam paket yang tersedia.

Sedangkan layanan pascabayar mengharuskan Anda untuk membayar tagihan tepat waktu. Tentu ini lebih merepotkan. Biasanya, sistem layanan pascabayar ada yang ditagih dalam periode waktu tertentu, umumnya dalam 30 hari. Kalau Anda ingin yang lebih simpel dalam hal pembayaran, kartu prabayar lebih direkomendasikan.

Namun, tentu saja, layanan pascabayar lebih unggul dalam hal tidak kehabisan pulsa. Anda tidak perlu khawatir saat melakukan panggilan yang penting tetapi terputus tiba-tiba karena pulsa habis.

3. Harga Paket

Kelebihan dan kekurangan kartu prabayar dan pascabayar yang selanjutnya adalah masalah harga. Untuk layanan prabayar memang jika dikalkulasi maka harganya akan lebih mahal ketimbang pascabayar. Pun, penggunaan pemakaian pada kartu pascabayar dinilai lebih transparan dan dapat diperiksa kapan saja.

4. Pendaftaran Kartu

Untuk mendaftarkan kartu prabayar, Anda cukup menggunakan nomor induk kependudukan, nama asli, dan sebagainya. Bahkan, saat ini, ada juga beberapa konter yang tidak mengharuskannya. Tinggal bayar saja, di-registrasikan oleh pihak konter, beres! Anda bisa langsung menggunakannya.

Namun, jika Anda ingin menggunakan kartu pascabayar, maka pendaftarannya cukup ribet. Banyak persyaratan yang perlu dipenuhi agar Anda bisa menggunakan layanan ini. Persyaratan tersebut meliputi kartu identitas resmi serta berbagai prosedur pembayaran yang cukup rumit.

5. Jaringan

Banyak pihak yang menyatakan bahwa jaringan yang digunakan pada layanan pascabayar dinilai lebih baik daripada layanan prabayar.

6. Gangguan

Dalam banyak kasus, pengguna baru dari layanan kartu pascabayar mengeluhkan adanya telepon atau SMS masuk yang berasal dari beragam instansi laiknya dari real estate, bank, dan sebagainya. Tentu saja, telepon atau sms ini sangat mengganggu.

7. Pilihan Paket

Ternyata, pilihan paket untuk kartu prabayar maupun pascabayar sama-sama beragam. Mulai dari paket telepon, paket data, hingga paket SMS cukup bervariasi. Nah, keuntungan memilih kartu pascabayar dalam hal ini adalah bisa menekan tagihan pada kartu SIM supaya tidak melonjak.

8. Pemilihan Nomor

Dengan memilih SIM pascabayar, maka Anda dapat memilih sendiri nomor yang sesuai dengan keinginan. Selain dapat membuat nomor lebih mudah dihafal atau nomor cantik, penggunaan SIM pascabayar memungkinkan Anda memiliki jumlah nomor yang lebih sedikit. Ya, hanya sekitar 10 sampai 11 nomor.

Akan tetapi, jika Anda memilih SIM prabayar, maka Anda harus memilih nomor secara apa adanya yang tersedia pada konter tersebut. Pastinya, kalau tidak beruntung, nomor acak lah yang akan Anda terima.

9. Risiko

Memiliki kartu pascabayar memang terkesan lebih menyenangkan dan menguntungkan. Namun, ternyata memiliki risiko yang cukup besar. Sebab, apabila ponsel Anda hilang tetapi tidak melakukan laporan segera, maka nomor tetap bisa digunakan.

Jika sudah begitu, tagihan pemakaian kartu pun akan tetap menjadi tanggungan Anda meski bukan Anda sendiri yang menggunakannya. Berbeda dengan kartu prabayar, orang yang menggunakannya lah yang harus membeli sejumlah pulsa atau kuota data untuk menggunakan berbagai layanannya.

Untuk Siapa Penggunaan Kartu SIM Prabayar dan Pascabayar?

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan kartu prabayar dan pascabayar, dua kartu ini memiliki target penggunaan yang berbeda. Tentunya, dengan mengetahui apa kebutuhan Anda, maka pemilihan kartu menjadi lebih mudah.

Biasanya, kartu pascabayar digunakan oleh businessman yang mempunyai intensitas komunikasi yang cukup sering. Sebab, kartu pascabayar akan lebih memudahkan. Sedangkan kartu prabayar bisa digunakan oleh orang-orang dengan kebutuhan intensitas komunikasi yang sedikit.

Demikian, pastikan apa kebutuhan Anda dan bijaklah memilih kartu terbaik untuk memperlancar segala urusan.


Segera cek official Toko Modern Fastpay di :
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Kelebihan dan Kekurangan Kartu Prabayar dan Pascabayar

Tim SBF