Jarang Disadari, Ternyata Ini 6 Bisnis yang Tidak Terdampak Karena Pandemi

Munculnya pandemi di awal tahun 2020 ini memang seakan menjadi mimpi buruk siapa saja. Bagaimana tidak, ada cukup banyak pekerja yang harus mengalami pengurangan gaji karena perusahaan tak bisa bekerja semaksimal biasanya, bahkan tidak sedikit pula yang harus dipulangkan dengan pesangon yang tidak full seperti biasanya.

Itu sebabnya, banyak orang yang mencari beberapa peluang bisnis, khususnya bidang bisnis yang tidak terdampak karena pandemi (atau setidak tidak terlalu parah) untuk membantu mereka tetap bertahan. Lalu, apa saja bisnis yang masih tetap bertahan di masa seperti ini? Berikut beberapa di antaranya;

  1. Usaha Kebutuhan Bahan Pokok

Seperti namanya, bidang usaha ini memang menjadi usaha yang sangat vital bagi kehidupan seseorang, sehingga mereka akan mengusahakan pemenuhan kebutuhan yang satu ini. Contoh yang paling dekat adalah beras, minyak, gula dan lainnya.

Kabar baiknya, saat ini juga belum ada kenaikan harga barang pokok yang sangat signifikan, sehingga jika Anda baru akan memulainya masih bisa dikatakan masuk  akal. Namun, pastikan juga bahwa Anda harus bijaksana ketika berbelanja stok, karena kebanyakan masyarakat akan berhemat di masa pandemi seperti ini.

  1. Bisnis Digital

Sebagian dari Anda tentu sudah cukup sering mendengar bidang bisnis yang satu ini, dan ternyata juga termasuk dalam daftar bisnis yang tidak terdampak karena pandemi. Ya, bisnis digital.

Seperti namanya, bisnis ini merupakan bisnis yang memperjualbelikan produk digital, bisa dalam bentuk software, ebook atau bisa juga alam bentuk jasa. Bahkan, tidak sedikit pula bisnis digital yang malah mengalami perkembangan di saat pandemi ini, sebut saja para pembuat aplikasi pertemuan online yang menjadi alternatif utama bagi pekerja untuk membahas dan mengerjakan pekerjaan mereka.

  1. Usaha Dalam Bidang Jasa Pendidikan dan Pelatihan

Anda sudah tahu bukan, jika saat ini hampir semua sekolah memutuskan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah? Meski dianggap menjadi salah satu solusi yang paling logis, namun banyak yang beranggapan bahwa metode seperti ini tidak efektif, dan siswa pun menjadi tidak maksimal dalam menerima pelajaran.

Oleh karenanya, para orang tua mencoba mencari cara lain untuk bisa membantu anaknya belajar, salah satunya adalah dengan mendaftarkan kursus online. Inilah mengapa aplikasi belajar kini menjadi sangat populer dan perkembangan penggunanya sangat maju pesat.

  1. Peralatan Tambahan Untuk Menjaga Kesehatan

Anda tentu sudah menyadari bahwa kini ada cukup banyak hal yang berubah terkait dengan datangnya pandemi, terutama kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan mereka. Memakai masker dan mencuci tangan atau kemana-mana membawa hand sanitizer contohnya.

Meski sebelumnya sudah ada beberapa kalangan yang sadar untuk membawa produk pembersih tangan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa kini lebih dari setengah masyarakat Indonesia menjadi lebih aware, sehingga para produsennya pun mengakui bahwa bisnis mereka termasuk dalam bisnis yang tidak terdampak karena pandemi, atau bahkan bisa disebut berkembang pesat.

  1. Layanan Sistem Komputer

Untuk Anda yang penasaran dengan bisnis jasa yang masih akan bertahan, sistem layanan komputer adalah salah satunya. Meski banyak kantor yang memilih untuk menerapkan sistem bekerja dari rumah, namun bukan berarti layanan ini akan sepi pelanggan ya.

Malah di beberapa kasus menjadi sebaliknya, dimana mereka yang baru saja mulai bekerja di rumah membutuhkan dukungan sistem komputer dan internet yang lebih baik, sehingga mau tidak mau harus meng-upgrade sistem internet yang selama ini biasa mereka gunakan.

  1. Makanan Cepat Saji

Terus menerus berada di rumah memang bisa membuat cukup stres, hal ini biasanya berbanding lurus dengan nafsu makan yang meningkat. Berbeda dengan hari-hari biasa dimana Anda bisa dengan bebas keluar rumah untuk membeli makanan apa saja, kini pilihan yang paling masuk akal adalah dengan memesannya secara delivery saja.

Lalu, apa faktor lain yang membuat bisnis ini termasuk dalam salah satu bisnis yang tidak terdampak karena pandemi? Jawaban sederhananya karena tidak banyak manusia yang sabar menunggu. Sudah harus menunggu makanan diantarkan, masak masih harus menunggu makanan tersebut dimasak terlebih dahulu?

Nah, itulah 6 bisnis yang tidak terdampak karena pandemi, atau setidaknya tidak terdampak terlalu parah sehingga bisnis tersebut harus berhenti beroperasi. Meski begitu, namun patut Anda pahami pula bahwa setiap bisnis tadi tetap membutuhkan penyesuaian khusus sehingga bisa tetap melayani pelanggannya dengan baik, meski belum bisa semaksimal ketika keadaan normal.

Jika Anda ingin membuka bisnis yang memang ingin mendapatkan pembeli dalam waktu cepat, namun tidak membutuhkan banyak modal, berjualan masker, penutup wajah, hand sanitizer dan produk lain yang memang dibutuhkan sehari-hari adalah pilihan yang baik. Namun tentu saja bisnis seperti ini jarang bisa bertahan dalam waktu yang lama. Jadi, tetap ikuti perkembangan yang ada ya.

Ohya! Ada 1 lagi bidang usaha yang menyediakan kebutuhan pokok masyarakt masa kini! Fastpay menyediakan kebutuhan digital yang lengkap dan murah. Bersama Fastpay, Anda dapat menyediakan pulsa, token listrik, melayani pembayaran pdam hingga setor tunai! Yuk langsug daftarkan diri Anda jadi Juragan Fastpay!

Tim SBF