Jangan Asal Pilih KPR, Coba Dulu 8 Tips Memilih KPR yang Sesuai Dengan Gaji Anda

Sebarkan artikel ini

Mau beli rumah tapi dana masih kurang? Jangan khawatir, Anda masih tetap bisa memiliki rumah yang Anda inginkan kok. Ambil saja KPR untuk memiliki rumah tanpa harus menyiapkan uang 100%. KPR atau Kredit Pemilikan Rumah merupakan kredit yang digunakan dalam membeli rumah ataupun kebutuhan konsumtif lainnya dengan rumah sebagai jaminannya.

Di Indonesia, kini ada banyak sekali bank atau lembaga keuangan lainnya yang menawarkan KPR. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar jeli dalam memilih agar tidak salah mengambil KPR atau malah tertipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Lalu bagaimana kiat-kiat memilih dan menggunakan KPR secara tepat? Berikut tips memilih KPR yang bisa Anda lakukan sebelum mengambil KPR:

  1. Cari Tahu Dulu Rekam Jejak Bank atau Perusahaan yang Menawarkan KPR

Jangan terburu-buru untuk langsung mengiyakan tawaran KPR dari satu bank atau lembaga keuangan. Karena di Indonesia sendiri, atau bahkan di sekitar Anda mungkin ada banyak sekali produk KPR yang ditawarkan, tak ada salahnya juga untuk Anda meneliti satu per satu.

Tips memilih KPR yang paling mudah adalah dengan melakukan survey melalui internet. Di zaman digital yang semuanya serba internet, Anda bisa mendapatkan beragam informasi dengan mudah, termasuk segala sesuatu tentang KPR yang ingin Anda ambil.

Namun jika Anda tidak bisa menemukan di internet, Anda bisa mencari tahu secara manual. Yakni bertanya kepada mereka yang pernah mengambil KPR di bank atau lembaga keuangan tersebut. Tak ada salahnya juga untuk menanyakan testimoni mereka tentang KPR tersebut secara detail.

  1. Ketahui Suku Bunga yang Ditetapkan
freepik.com

Tips memilih KPR lainnya yakni mengetahui secara detail terkait suku bunga yang diberlakukan oleh pihak Bank atau lembaga keuangan yang menawarkan KPR kepada Anda.

Biasanya pihak bank menawarkan beragam jenis suku bunga, seperti floating rate atau mengambang, fixed rate atau tetap, dan sistem kombinasi antara keduanya. Untuk sistem kombinasi, biasanya memberlakukan suku bunga yang tetap pada beberapa tahun dengan suku bunga rendah. Kemudian bunga akan naik sesuai dengan pergerakan suku bunga di pasaran.

  1. Hitung Dulu Suku Bunga Cicilan Dengan Simulator KPR
freepik.com

Nah, setelah Anda mengetahui sistem bunganya, tips memilih KPR selanjutnya adalah dengan menghitung sendiri suku bunga cicilan melalui simulator KPR. Tak ada salahnya kan jika Anda membuat hitungan sendiri atau dengan bantuan orang lain agar bisa membedakan cicilan dari bank mana yang paling bersahabat dengan Anda.

Perhitungan suku bunga cicilan tersebut bertujuan untuk mengetahui sekaligus mengukur kemampuan finansial Anda saat mengambil KPR.

  1. Adakah Biaya Penalti Untuk Pelunasan KPR di Awal

Tips memilih KPR lainnya yang mungkin sering diabaikan oleh sebagian orang yang mengambil KPR adalah pelunasan di awal. Sebaiknya saat Anda mengajukan KPR, jangan lupa untuk menanyakan berapakah biaya yang akan dikenakan apabila suatu saat Anda akan melunasi sebagian atau bahkan seluruh pinjaman KPR sebelum jangka waktu yang disepakati berakhir.

  1. Bagaimana dan Berapa Lama Proses Pengajuan

Tips memilih KPR selanjutnya yaitu mengetahui berapa lama proses pengajuan Anda diterima. Tentu Anda tidak inginkan jika harus menunggu lama setelah memenuhi persyaratan yang cukup ribet?

Jadi selain Anda mencari bank atau lembaga keuangan yang menawarkan KPR dengan cicilan dan suku bunga yang rendah, carilah juga bank dengan proses pengajuan yang cepat. Tapi pada umumnya, proses pengajuan tersebut bisa berlangsung sekitar 2 minggu sampai 1 bulan.

  1. Biaya Administrasi KPR

Nah, satu hal lagi yang sering dilupakan oleh para debitur saat mengajukan KPR adalah menanyakan biaya administrasinya. Jadi tips memilih KPR bagi Anda yang mungkin baru pertama kali mengajukan, pertimbangkan juga baya administrasi yang akan Anda tanggung.

Adapun biaya administrasi KPR biasanya meliputi biaya administrasi bank, biaya provisi, biaya pengikat jaminan, biaya notaris/PPAT, biaya balik nama, biaya pengecekan sertifikat, biaya kerugian kredit, serta biaya untuk asuransi jiwa kredit.

  1. Menawarkan Fitur Tambahan

Tips memilih KPR berikutnya yakni mencari bank atau lembaga keuangan yang menawarkan beragam fitur tambahan yang sekiranya menguntungkan Anda. Saat ini banyak bank-bank yang memberikan fitur atau fasilitas tambahan untuk produk KPR-nya guna mempermudah para debiturnya. Fitur tambahan umumnya berupa kredit multiguna yang bisa digunakan untuk merenovasi rumah, asuransi kebakaran rumah, dan penambahan limit KPR.

  1. Tak Ada Salahnya Untuk Banyak Bertanya

Seperti pepatah, malu bertanya sesat dijalan. Saat mengajukan permohonan KPR pun Anda sebaiknya juga banyak bertanya agar tidak ada kesalahpahaman dan kerugian nantinya.

Tanyakan langsung kepada pihak beberapa pertanyaan seputar produk KPR yang ditawarkan kepada Anda, seperti denda atas keterlambatan pembayaran cicilan, berapa bunga tertinggi setelah masa promo berakhir, apa saja berkas yang harus dilengkapi, dan masih banyak lagi.

Dari beberapa tips memilih KPR diatas, yang pastinya tidak boleh Anda abaikan adalah menyesuaikan cicilan KPR dengan kemampuan finansial Anda. Jadi jangan hanya tertarik dengan penawaran produk KPR saja, tapi ambillah produk KPR yang nantinya tidak akan memberatkan Anda. Karena tujuan untuk mengambil KPR adalah memudahkan Anda dalam memiliki rumah, bukan malah memberatkan Anda.

Tips bayar KPR lancar: mulailah berwirausaha dengan menggunakan layanan bisnis yang mudah, aman, dan terjamin menguntungkan. Salah satunya yaitu Fastpay. Dapatkan 7 layanan menguntungkan untuk penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah hanya dalam satu aplikasi. Info selengkapnya, klik di sini.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! 

Tim SBF