Inilah 8 Kuliner Unik yang Membuat Kamu Geli!

Sebarkan artikel ini

Indonesia sangat kaya akan budaya. Secara, ada 250 juta penduduk dan sekian ribu suku. Perbedaan mencolok itu menghasilkan beraneka kebudayaan yang membuat geleng-geleng kepala saking uniknya. Salah satunya dalam bidang kuliner. Wah, kira-kira ada kuliner apa saja ya?

Eits, kali ini kita tidak akan membahas kuliner dengan tampilan menarik hati dan membuat perut keroncongan. Melainkan kita akan membahas beraneka kuliner unik dan aneh yang akan membuat kamu merasa geli. Bahan pembuatan yang aneh dan terkesan ‘menjijikkan’ membuat orang merasa geli sendiri. Kalau bukan orang setempat dari kuliner itu berasal barangkali tidak akan doyan bila disuruh makan. Tapi ketika sudah tahu rasanya, bisa beda cerita.

Itulah keunikan budaya Indonesia. Dari kuliner saja bisa didapatkan banyak hal unik apalagi dari hal lain.

Kuliner Unik Bikin Geli!

Mengapa akan membuat geli? Karena kuliner ini dibuat dari bahan tidak lazim. Kalau biasanya makanan dibuat dari daging sapi, ayam, atau telur maka makanan-makanan ini dibuat dari bahan lain. Makanan itu amat jarang ditemui di restoran lantaran kebanyakan memang masih tradisional. Kamu barangkali tidak akan menemukan makanan ini kalau bukan di daerah asalnya.

Nah, bila nanti kamu berkesempatan untuk hadir di daerah-daerah yang akan dibahas, jangan lupa untuk membawa makanan anehnya ya! Supaya bisa merasakan cita rasa aslinya begitu.

Apa saja makanan unik bikin geli yang akan dibahas? Simak di bawah ya!

1. Kuliner Ulat Sagu

Pernah tidak kamu membayangkan akan makan ulat? Tidak pernah bukan. Ulat lebih sering terlihat geli dan membuat gatal. Kalau dimakan bisa-bisa malah membuat seluruh badan bentol-bentol. Tapi ada yang unik dari Papua. Disini, terutama di daerah Suku Kamoro, ulat sering dijadikan makanan santap yang mantap. Yakni ulat sagu. Makanan pokok penduduk Papua adalah sagu, sehingga terdapat banyak pohon sagu disana.

Tak disangka, ternyata dari pohon sagu itu masih ada bonus yang bisa didapat. Si ulat sagu ini. Biasanya ia berada di dalam batang pohon sagu yang sudah mati dan biasa dimakan mentah-mentah. Katanya ada manis-manisnya gitu!

2. Tikus Panggang

Kamu pasti lebih sering melihat bahwa tikus suka mencuri bahan makanan di rumah. Tak sekalipun ada pikiran untuk menyantap tikus demi mengurangi populasinya yang semakin bertambah. Tapi ini tidak berlaku di Minahasa. Disini, tikus menjadi satu bahan makanan yang enak. Tikus panggang mentega namanya.

Eits, tetapi bukan tikus rumahan yang dimasak, melainkan tikus hutan yang tidak terkontaminasi kotoran. Bagi yang sudah menyantapnya, katanya rasanya enak seperti ayam bakar. Tertarikkah kamu untuk mencoba?

3. Pakasam

Pernahkah kamu makan ikan yang dibiarkan selama satu minggu? Kamu pasti mengira kalau ikan tersebut sudah basi. Tapi, di Suku Banjar Kalimantan Selatan, ikan dibiarkan selama berminggu-minggu dalam rangka proses fermentasi. Nanti akan keluar sensasi rasa asam dari ikan itu. Makanan ini menjadi makanan khas Suku Banjar lho! Kalau mampir kesana jangan lupa untuk mencicipi menu ini.

4. Rujak Cingur

Rujak identik dengan buah-buahan yang diparut dan diberi bumbu saus rujak yang pedas. Sangat menyegarkan tentunya. Namun, di Surabaya rujak bukanlah terdiri atas buah-buahan, melainkan berbahan dasar cingur. Alias hidung sapi.

Bahan untuk membuat rujak cingur terdiri dari lontong, tempe, tahu, cingur, dan irisan buah seperti manga muda, bengkoang, nanas, dan mentimun. Ditambah dengan guyuran sambal petis membuat makanan ini mantap betul. Sudahkah kamu mencicipinya?

5. Belalang Goreng

Kali ini, bolehlah kita mencicipi gorengan ekstrem. Kalau makan ikan atau ayam goring sih sudah biasa. Kamu harus mencicipi belalang goreng asli Gunung Kidul ini. Tidak banyak tempat menjual jajanan renyah ini. Di sekitar jalanan Gunung Kidul, akan kamu temui belalang goreng bertebaran. Bahan dasar jajanan ini adalah belalang sawah yang kemudian digoreng hingga renyah dan diberi aneka bumbu. Rasanya pasti mantap!

6. Sate Kere

Sate kambing dan sate ayam jelas lewat! Sate kere ini tidak kalah mantap rasanya. Kamu akan menemui banyak sate kere ketika mampir di Kota Solo. Kata kere berarti miskin atau melarat, sehingga sate ini dibuat dari bahan tempe gembus. Rasanya makin mantap karena dilengkapi dengan bumbu sambal kacang seperti halnya sate-sate lainnya. Tertarik mencoba?

7. Jus Cacing Tanah

Cacing tanah tak hanya bermanfaat untuk menggemburkan tanah, tetapi ampuh juga sebagai penambah nafsu makan lho! Nah, cara mengonsumsinya dengan cara dibuat jus. Kalau kamu sedang tidak nafsu makan, boleh deh untuk mengonsumsi jus ini. Tahan napas ketika meminumnya ya!

8. Paniki Santan
Hidangan berbahan dasar kelelawar mungkin hanya akan kamu temui di Manado. Makanan ini bernama paniki. Kuliner ini terdiri atas daging kelelawar yang diberi bumbu kuah santan.

Tertarik mencoba? Kalau kamu belum mampu mendatangi lokasi tersebut untuk membeli aneka kuliner yang dibahas, kamu bisa membeli via online. Itu kalau kamu berminat untuk mencicipi ya!

Nah untuk menikmati kuliner yang tidak lazim itu pasti diperlukan tiket pesawat atau kereta dan uang saku. Selain menikmati liburan, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berbisnis. Jadilah agen travel dengan layanan paling lengkap, harga paling murah, transaksi paling aman, dan paling menguntungkan hanya bersama Fastpay. Tak perlu modal banyak untuk berbisnis travel, karena hanya Fastpay yang siap memberikan layanan terbaik untuk bisnis travel. Coba yuk pakai Fastpay sekarang juga di sini.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Inilah 8 Kuliner Unik yang Membuat Kamu Geli!

Tim SBF