Inilah 5 Cara Mencari Grosir Sembako yang Patut Anda Pelajari

Sebarkan artikel ini

Sembako merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus selalu terpenuhi. Oleh karena itu, peluang untuk menjadi pengusaha sembako terbuka lebar. Bukan hanya bisa menguntungkan saja, dengan menjual sembako ini Anda juga bisa mendapatkan hal baru yang belum pernah didapatkan sebelumnya.

Seperti misalnya kenal dengan orang baru, mempererat tali silaturahmi dan lain-lain. Untuk Anda yang akan memulai berbisnis sembako sebelumnya harus mengetahui tentang bagaimana cara mencari grosir sembako yang berkualitas. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan sarana dan prasarana untuk mulai berbisnis.

Hal yang paling utama harus dipersiapkan adalah modal, tempat usaha dan lain-lain. setelah semua terpenuhi, Anda bisa langsung memulai usaha tersebut. Penasaran dengan cara memulai usaha? Yuk, simak di bawah ini mengenai cara mencari grosir sembako rumahan dan tips memilih distributor yang benar.

Cara Memulai Usaha

Nah, untuk menjadi pebisnis besar, Anda harus bisa memulainya dari nol terlebih dahulu. Bukalah usaha kecil-kecilan dan kembangkan usaha tersebut. Dalam membuka usaha terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti modal, tempat, barang dan lain-lain. Nah, berikut cara memulai usaha sembako yang bisa Anda contoh!

1. Persiapkan Tempat Usaha

Langkah pertama sebelum modal dikeluarkan untuk menjadi pengusaha sembako adalah mempersiapkan tempat atau lahan. Sebab, jika Anda belum memiliki tempat usaha, barang yang sudah dibeli akan disimpan di mana? Jadi, tempat jualan adalah salah satu komponen penting yang harus ada.

2. Analisa Modal

Setelah memilih tempat usaha dan modal yang cukup. Analisalah modal tersebut agar pengeluarannya tidak membengkak. Pertimbangkan barang yang akan dibeli, bila perlu lakukan survey harga terlebih dahulu sebelum membelinya.

Hal ini ditujukan agar Anda bisa mempertimbangkan barang apa saja yang layak dibeli dan tidak. Setelah modal sudah dibagi menjadi beberapa bagian, tahap selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menulis daftar harga barang yang akan dibeli.  

3. Tulis Daftar Harga Barang

Tujuan penulisan daftar harga ini yaitu agar pengeluaran modal terlihat jelas dan pas. Sehingga dalam membelanjakan modal tidak akan ada kesalahan lagi. Jika daftar harga sudah tertulis jelas kemudian Anda bisa melanjutkan pembelian barang dan lakukan transaksi secara tunai.

4. Bekerja Sama dengan Distributor Produk

Agar bisnis bisa berjalan dengan lancar, lakukanlah kerja sama dengan beberapa distributor produk. Hal ini bertujuan agar Anda memiliki distributor tetap dan mempermudah pencarian stok barang. Keuntungan yang bisa didapat dari kerja sama tersebut yaitu seperti.

  • Tidak perlu bersusah payah pulang pergi ke pasar tradisional
  • Tidak perlu bernegosiasi lagi
  • Produk yang di bel sudah jelas kualitasnya.

5. Bangun Hubungan dengan Konsumen

Kebanyakan orang yang gagal dalam melakukan bisnis adalah mereka yang tidak bisa membangun hubungan dengan para konsumen. Nah, hal ini menjadi sesuatu yang harus diperhatikan lebih. Sebab, membangun hubungan dengan konsumen sangatlah penting untuk kelancaran bisnis Anda.

Cara efektif yang bisa dilakukan untuk membangun hubungan yang baik adalah dengan memberikan layanan yang ramah. Selain itu, berilah para konsumen bonus saat membeli barang yang sangat banyak. Bersikap sopan pada setiap konsumen baru atau pun konsumen lama.

Tips Memilih Grosir

Dengan membeli sembako di agen yang terpercaya, keuntungan yang bisa didapatkan kemungkinan  bisa lebih besar. Namun, jika Anda masih belum bisa menerapkan cara mencari grosir sembako ini. Cobalah beberapa tips yang bisa digunakan sebagai alternatif mencari agen seperti berikut.

1. Carilah Nomor Telepon Salesman Distributor

Hal yang perlu Anda lakukan agar bisa mendapat produk dengan harga yang murah yaitu dengan meminta nomor telepon salesman pada agen di pasar. Bila perlu mintalah nomor telepon salesman sebanyak-banyaknya. Setelah itu, hubungi beberapa salesman dan carilah informasi mengenai harga produk.

Pilihlah salesman yang menawarkan produk dengan kualitas yang tinggal dengan harga yang lebih terjangkau. Pastikan kualitas produk yang ditawarkan dengan cara mengeceknya langsung atau melakukan tester. Jika produk sudah jelas seluk beluknya kemudian tahap selanjutnya yaitu mengajukan pemesanan.

2. Ajukan Permohonan pada Supervisor atau Salesman

Setelah berhasil mendapatkan nomor dan mengetahui produk yang akan dibeli. Selanjutnya, ajukanlah toko Anda sebagai agen resmi mereka. Biasanya pihak salesman akan menerima Anda dengan beberapa persyaratan, seperti fotokopi KTP dan fotokopi kartu keluarga.

Apabila dalam waktu 2 minggu pihak salesman tidak menghubungi Anda. Coba hubungi kembali pihak salesman, mungkin saja nama yang diajukan belum terdaftar atau terlewatkan.

Jika pihak salesman sudah menyanggupi, tentu mereka akan datang pada toko Anda untuk melakukan survey lokasi. Setelah pengajuan Anda sudah diterima dan proses survey sudah selesai, mulailah memesan barang yang dibutuhkan.

3. Datang ke Kantor Distributor

Jika semua permohonan dan persyaratan sudah diajukan namun pihak salesman belum juga datang. Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan mendatangi kantor distributor. Dengan demikian permintaan Anda bisa segera diproses dan bisa menjadi agen resmi distributor tersebut.

Cara Mencari Grosir Sembako Online

Untuk lebih cepatnya lagi, Anda bisa melakukan pembelian barang pada agen distributor online. Selain bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, hal ini juga bisa mempercepat kinerja. Nah, berikut cara mencari distributor online yang terpercaya.

1. Pesan pada Situs Resmi Distributor

Tahap pertama yang harus dilakukan saat akan membeli produk di toko online adalah dengan mencarilah situs resmi distributor di beberapa toko online. Meski cara ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Anda harus tetap waspada dan selalu cari informasi sebanyak-banyaknya.

2. Gunakanlah Distributor Online Pihak Ketiga

Apabila informasi yang didapat sudah cukup dan distributor yang akan diajak kerja sama sudah jelas. Lakukanlah pemesanan dari distributor yang banyak dipercaya pebisnis sembako. Terdapat banyak sekali distributor yang dapat mengirimkan barang pada Anda, diantaranya seperti Kudo, mitra Bukalapak dan Toko Modern Fastpay.

Keuntungan Bisnis Sembako

Kebanyakan orang yang ingin menjadi pebisnis ini alasannya karena dengan menjalani bisnis tersebut keuntungan yang didapat akan besar. Hal tersebut disebabkan karena sembako merupakan kebutuhan pokok setiap manusia. Keuntungan yang bisa didapat dalam bisnis ini antara lain sebagai berikut:

  • Peluang usaha cukup besar
  • Daya saing yang tidak terlalu ketat
  • Bisa dibuka dimana saja
  • Pasti laku terjual
  • Cepat kembali modal.

Demikian pembahasan mengenai tata cara mencari grosir sembako yang bisa Anda ikuti beberapa langkahnya seperti di atas. Dengan melakukan bisnis ini, keuntungan yang akan diperoleh sangatlah besar dan cepat kembali modal.

Hal ini disebabkan karena sembako merupakan bahan pokok yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Tak heran jika saat ini banyak sekali orang yang sukses dalam menjadi pengusaha sembako. Jadi, apabila saat ini Anda belum memiliki pekerjaan apa pun ayo cobalah bisnis kecil-kecilan ini.


Nah itulah “Inilah 5 Cara Mencari Grosir Sembako yang Patut Anda Pelajari”. Dengan pendaftaran dan paket Gratis dari Fastpay Anda bisa meraup pendapatan sebesar-besarnya. Ingin mengetahui lebih dalam mengenai peluang bisnis Fastpay? Cek sekarang juga Official Media Sosial di :

Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official

Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Inilah 5 Cara Mencari Grosir Sembako yang Patut Anda Pelajari

Tim SBF