Ini Dia 5 Bisnis Paling Pas untuk Pensiunan!

Sebarkan artikel ini

Ini Dia 5 Bisnis Paling Pas untuk Pensiunan! —   Berbisnis di masa pensiun menjadi solusi menjanjikan untuk mengisi waktu luang serta mendapat penghasilan tambahan untuk kebutuhan pribadi maupun untuk anak cucu. Hal ini dikarenakan tidak selamanya Anda akan menjadi karyawan. Setelah memasuki usia tertentu, pensiun akan menjadi keputusan Anda dan tentunya diperlukan rencana matang untuk menghadapinya. Meskipun Anda merasa masih mampu bekerja, ada peraturan yang memang mengatur masa kerja seseorang yang akhirnya digolongkan masuk pada masa pensiun pada usia tertentu.

Mengenal Pensiunan

Pensiunan merupakan seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri (pensiun muda). Seseorang yang pensiun biasanya memperoleh hak atas dana pensiun atau pesangon bagi beberapa profesi. Jika mendapat pensiun, maka beberapa dana pensiun juga akan tetap diberikan meskipun sampai meninggal dunia.

Dalam aturan pemerintah Indonesia, dijelaskan bahwa usia pensiun untuk seorang pekerja adalah pada umur 55-60 tahun. Artinya di usia tersebut, Anda seharusnya sudah tidak lagi bekerja untuk menikmati hari tua.

Masa pensiun bisa dikatakan menjadi masa yang tidak produktif lagi di dalam bekerja. Dan tentunya jika sudah pensiun dari segi penghasilan bulanan tidak sebanyak saat masih bekerja. Selain itu, hari-hari Anda akan terasa membosankan jika tidak diisi dengan aktivitas yang bermanfaat, karena biasanya selalu ada pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi jika sudah pensiun akhirnya pekerjaan berkurang bahkan bisa jadi hanya menganggur tidak ada pekerjaan.

Hal ini tentu menjadi tantangan bagi sebagian orang yang sudah pensiun, sehingga biasanya mereka mencari bisnis yang bisa mengisi waktu luang dan bisa mendapatkan penghasilan tambahan setiap bulannya. Sayangnya tidak semua bisnis cocok untuk pensiunan, terutama bisnis yang membutuhkan banyak tenaga dan pikiran yang berat. Nah, berikut ini ulasan dan rekomendasi bisnis yang paling pas untuk pensiunan:

  1. Bisnis Rumah Kos/Kontrakan

Masa pensiun akan semakin indah jika keadaan rumah tidak sepi. Biasanya, di usia pensiun, anak-anak sudah memiliki keluarga masing-masing dan rumah juga sepi karena anak-anak sudah tidak bersama lagi. Anda dapat memanfaatkan rumah tersebut untuk dijadikan bisnis kos-kosan atau kontrakan. Selain suasana rumah hidup kembali, juga akan ada pemasukan tambahan secara rutin. Tips ini sangat bisa dilakukan jika Anda memiliki rumah atau tanah yang masih kosong.

Jika Anda memiliki tempat tinggal di kota dan berdekatan dengan perkantoran, kampus, atau tempat umum, bisnis rumah kos atau kontrakan bisa menjadi salah satu bisnis pensiunan yang bisa diperhitungkan. Meskipun modal membangun kos tidaklah murah, tetapi setelah terwujud, Anda hanya tinggal menerima bayaran setiap bulan dari setiap penyewa. Bisnis kos ini juga tidak ada matinya, bahkan semakin tahun semakin naik harga sewa kos-kosan. Hal terpenting yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan bisnis ini adalah perencanaan yang matang, perawatan dan layanan prima kepada penyewa, hingga promosi.

  1. Persewaan

Bisnis yang satu ini mungkin belum pernah terfikirkan oleh banyak orang. Bisnis persewaan adalah bisnis yang menguntungkan, cukup modal sekali saja untuk membeli selanjutnya uang akan masuk dengan sendirinya. Apalagi jika Anda memiliki barang yang tidak terpakai dan bisa disewakan, itu malah menjadi lebih bagus. Contohnya saja persewaan alat-alat pertanian, persewaan peralatan acara pernikahan, sewa tenda, genset, audio sound system, dan masih banyak lainnya. Yang terpenting adalah melakukan promosi yang intensif dan bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Jadi tidak perlu lelah berbisnis yang satu ini, cukup tinggal di rumah, pendapatan pun datang. Sangat pas untuk pensiunan pastinya.

  1. Agrobisnis

Bisnis agrobisnis juga sangat cocok sebagai bisnis untuk pensiunan karena sangat menjanjikan dan memberi aktivitas tambahan yang menarik. Apalagi jika Anda memiliki lahan kosong yang cukup luas, Anda bisa menanaminya dengan tanaman-tanaman yang laku untuk dijual seperti beragam sayuran hijau, cabai, tomat, terong, palawija, maupun sayur dan buah lainnya yang bisa memberi penghasilan tambahan ketika panen. Kalaupun Anda tidak memiliki lahan yang luas, cobalah untuk menyewa lahan dari orang lain untuk melakukan aktivitas ini. Bertani bukan berarti Anda harus membajak sawah, namanya investasi di usia pensiun, maka lebih baik Anda menjadi konseptor bisnis. Mencari peluang produk agrobisnis apa yang sedang di minati oleh masyarakat.

  1. Bimbingan Belajar

Pilihan bisnis lainnya yang juga sangat menarik yaitu menjadi guru untuk bimbingan belajar. Jika profesi sebelum pensiun Anda seorang guru, Anda bisa membuka jasa les privat untuk beberapa mata pelajaran. Tidak hanya itu, jika Anda memiliki modal cukup, Anda bisa juga membentuk tim, seperti tim kurikulum, tim pengajar/tutor, tim manajemen, dan tim lainnya.

Di sisi lain, jika Anda adalah pensiunan karyawan dibagian keuangan di sebuah perusahaan, Anda bisa membuka bimbingan yang fokus untuk membahas konsultasi keuangan. Bagi yang memiliki modal minim, Anda hanya membutuhkan sebuah ruangan dengan meja dan kursi yang nyaman. Sedangkan untuk cara promosi, Anda bisa mulai melakukanya dengan membuat banner yang nantinya Anda pasang di depan rumah, atau melalui promosi media sosial seperti grup yang Anda miliki, misalnya di Facebook. Bisa juga dengan promosi ke jaringan pertemanan maupun rekan kerja.

  1. Membuka Toko

Pilihan terakhir ini cukup ampuh sebagai solusi bisnis di usia pensiun karena terbukti usaha ini sangat diminati oleh mereka yang sudah ada di usia pensiun. Pasalnya, usaha ini bisa dilakukan di rumah dan tentu tidak memerlukan banyak pikiran yang bisa membuat stress. Sambil menjaga toko dan menunggu pelanggan, Anda bisa melakukan aktivitas yang Anda sukai dari mulai membaca buku atau hanya santai-santai saja. Toko di sini bisa berupa toko kelontong, toko mebel atau furniture, toko mainan dan lain sebagainya. Namun, semakin berkembangnya teknologi, tentu Anda juga tak boleh ketinggalan dengan kemajuan tersebut, terutama dalam berbisnis di usia pensiun. Saat ini toko pun juga bisa disulap menjadi toko modern yang terkoneksi internet dengan beragam pembayaran online yang memudahkan pembeli atau pelanggan Anda.

Toko modern saat ini sudah menjadi solusi tepat untuk mendapatkan untung lebih dari toko Anda dengan cara yang sederhana. Dengan toko modern, Anda dapat menjual barang secara langsung, menjual barang online dengan beragam pilihan, melayani pembelian tiket, pembayaran PPOB, pengiriman barang, dan masih banyak lagi hanya di toko Anda hanya dengan satu aplikasi handphone.

Nah, kini Anda bisa mewujudkan semua itu dengan menggunakan Fastpay. Toko modern Fastpay siap memberikan tambahan penghasilan jutaan rupiah bagi Anda yang sedang menikmati masa pensiun. Mulailah langkah sukses Anda bersama Toko Modern Fastpay

Tentang Bisnis PPOB dan Tiket Fastpay

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB dan Agen Tiket Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.
ic_daftarfastpay Ini Dia 5 Bisnis Paling Pas untuk Pensiunan! ic_temukan-di-googleplay Ini Dia 5 Bisnis Paling Pas untuk Pensiunan!
bisnis-tiket-fastpay-footer Ini Dia 5 Bisnis Paling Pas untuk Pensiunan!

 

 

Tim SBF