Ingin Sukses Waralaba Laundry? Wajib Simak Tipsnya!

Sebarkan artikel ini

Franchising atau yang biasa disebut dengan istilah waralaba, berdasarkan definisi yang baku merupakan suatu kelompok yang salah satu pihaknya diberi Hak Kekayaan Intelektual. Hak tersebut sebagai imbalan atas perjanjian yang sudah disetujui sebelumnya mengenai penyedia atau penjualan terhadap barang atau bisa juga jasa.

Sementara menurut Asosiasi Franchise Indonesia, waralaba merupakan sistem pendistribusian barang dan jasa, yang mana pemilik merk memberi hak pada perseorangan ataupun perusahaan. Tujuannya adalah agar bisa memperoleh keuntungan meskipun dengan modal yang minim dan tetap bisa menjual merek terkenal dengan kisaran harga yang lumayan terjangkau.

Bisnis waralaba ini sebenarnya sudah lama berkembang di Indonesia, misalnya saja waralaba supermarket, gerai dan baru-baru ini muncul bisnis waralaba laundry. Waralaba laundry sendiri bekerja dalam bidang jasa atau layanan bukan produk. Adapun jenis waralaba di bidang laundry dibagi menjadi 2 macam, yaitu:

  1. Waralaba Keagenan

Jenis waralaba laundry keagenan ini adalah bagi bisnis laundry yang sudah berkembang dan cukup besar serta telah profesional dalam pelayanannya. Nah, bisnis laundry yang sudah besar ini kemudian akan membuka agen baru yang memang khusus untuk menerima laundry. Sementara untuk hal pengerjaan akan diambil alih oleh kantor pusat. Disini waralaba laundry hanya berperan sebagai agen.

  1. Waralaba Jasa

Maksudnya adalah sang pemilik usaha memberikan tawaran untuk bekerja sama waralaba. Mengenai seluruh perlengkapan yang nantinya dibutuhkan akan disediakan oleh kantor pusat. Misalnya saja peralatan seperti mesin cuci, detergen, pewangi, penghilang noda dan juga sampai kepada urusan karyawan atau pekerja laundry.

Mengapa karyawan juga sudah disediakan? Satu-satunya alasan mengapa untuk urusan karyawan juga sudah disediakan adalah agar kemampuan yang dimiliki karyawan tersebut paling tidak merata seperti karyawan laundry yang lain. Sebab para karyawan ini sebelumnya akan mengikuti pelatihan terlebih dahulu sesuai dengan SOP yang telah ada.

Setelah mengetahui jenis waralaba laundry yang ada, berikut akan diberikan tips bagaimana memilih waralaba yang baik:

  1. Pengalaman Pemilik

Sama halnya dengan bisnis lainnya, memilih orang yang ahli dibidangnya sebagai mitra adalah pilihan yang tepat. Sebab franchisor yang sudah berpengalaman tentu saja akan lebih bisa dipercaya karena telah memiliki banyak pengalaman dan jam terbang yang sudah tinggi.

Contohnya saja ketika Anda memilih waralaba di bidang laundry ini, pastikan Anda memilih waralaba yang paling tidak sudah berjalan selama kurang lebih tiga sampai lima tahun. Karena selama masa beroperasi tersebut pasti mengalami banyak kejadian yang bisa dijadikan sebagai pengalaman.

  1. Sistem dan Keuangan

Dalam pemilihan waralaba Anda tidak hanya dituntut untuk membeli merek saja, tapi juga Anda membeli keseluruhan sistem yang telah ada. Mulai dari sistem produksi hingga sampai pada sistem keuangan yang dijalankan.

Jika Anda salah dalam memilih waralaba, bisa-bisa malah bisnis yang Anda rintis ikut terpuruk. Sebab tujuan utama bisnis waralaba adalah karena sudah menyediakan sistem yang telah teruji keefektifannya agar bisa menghemat waktu serta biaya.

  1. Bukti Keberhasilan

Tidak hanya melihat sistem dan pengalamannya saja, Anda juga harus melihat bukti keberhasilan dari franchisor. Pada umumnya franchisor yang telah berhasil dan sukses pasti memiliki brand tersendiri serta telah membuka banyak cabang.

Apabila franchisor yang hendak bekerja sama dengan Anda mengatakan telah memiliki brand, pasti informasi mengenai bisnisnya telah tersebar luas. Kini tugas Anda hanya mencari infonya di berbagai media. Apabila hasil pencarian mengemukakan bahwa brand ini sudah banyak dikenal dan sering dibahas maka franchisor sudah layak.

Tips-tips di atas akan membantu Anda dalam memilih waralaba laundry yang teruji kesuksesannya. Nah. Sekarang mulailah untuk mencari waralaba laundry yang mana yang akan Anda pilih. Agar tidak kebingungan, berikut ini ada beberapa waralaba yang sudah cukup terkenal dan siap diajak bekerjasama dengan berbagai macamnya, diantaranya adalah:

  1. Kliknklin Digital Nusantara (LaundryKlin)

PT ini adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa cuci pakaian pertama yang menerapkan sistem online dalam pelayanannya melalui aplikasi. Anda bisa mengakses aplikasi ini di Playstore ataupun iOS, pilihlah dengan nama KliknKlin.

Dari keunikan dalam pelayanannya ini yang kemudian mengantarkan LaundryKlin pada kesuksesan sejak didirikan tiga tahun silam.

Kini sudah ada sekitar 45 outlet dan 250 mitra yang tersebar luas ke 11 kota-kota besar di seluruh wilayah Indonesia. Diantaranya adalah Jakarta, Bekasi, Bandung, Depok, Tangerang, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Palembang, Jambi dan juga Banjarmasin.

  1. Simply Fresh Laundry

Bisnis waralaba laundry berikutnya yang bisa Anda pilih adalah Simply Fresh Laundry. Perusahaan yang sudah berdiri dari tahun 2006 ini sudah memiliki 253 outlet yang tersebar di Indonesia.

Simply Fresh Laundry ini menawarkan keuntungan dengan layanan cuci setrika kiloan. Sehingga tentu saja harga yang ditawarkan lebih murah dengan kualitas yang sama seperti laundry lainnya.

  1. The Daily Wash (Laundromat)

Bisnis laundry yang satu ini sudah beroperasi selama lima tahun terakhir ini di Indonesia. Bisnis laundry ini berasal dari Amerika dan berdiri sejak tahun 1947. Di tempat asalnya tersebut sudah ada 30.000 Laundromat, belum lagi ditambah dengan cabang-cabang yang ada di negara lain.

Itulah sekilas penjelasan mengenai bisnis waralaba laundry mulai dari pengertian, jenisnya, tips memilih waralaba yang tepat hingga macam-macam waralaba yang bisa Anda pilih untuk diajak bekerjasama.

Ada 1 lagi yang harus Anda tahu, membuka Laundry akan jauh lebih menguntungkan jika Anda bergabung bersama Fastpay! Kenapa harus Fastpay? Karena Fastpay memiliki layanan yang komplit pastinya menunjang kebutuhan masyarakat masa kini.

Segera realisasikan rencana bisnis Anda & bergabunglah bersama Fastpay!


Terus ikuti informasi terupdate di Social Media Toko Modern Fastpay
:
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official

Berikan layanan tambahan untuk menjadi unggulan dari Laundry Anda. Dengan bergabung dengan Toko Modern Fastpay, sekali jalan bisnis laundry juga bisa bayar tagihan, isi pulsa, bahkan bisa mengirimkan uang tanpa rekening bank di Loket Laundry Anda!

banner Ingin Sukses Waralaba Laundry? Wajib Simak Tipsnya!

Tim SBF