Ingin Sukses Jadi Pengusaha Sembako? Cobalah Tips Buka Toko Sembako Ini

Sebarkan artikel ini

Berwirausaha merupakan salah satu kegiatan yang bisa membuat Anda menjadi seorang pengusaha besar. Meski pada awalnya Anda harus memulai dengan berbisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Namun, lama kelamaan pasti usaha tersebut akan menjadi lebih besar dan lebih berkembang.

Setelah usaha tersebut berkembang tentu memerlukan tenaga lebih. Kemudian Anda bisa mempekerjakan orang lain atau bisa disebut dengan membuka lapangan kerja baru untuk para pengangguran di luar sana. Dengan demikian, tingkat pengangguran yang ada di Indonesia bisa berkurang.

Nah, salah satu bisnis yang memiliki peluang besar di masyarakat adalah berbisnis sembako. Jadi, tentu tips buka toko sembako menjadi hal yang cukup penting. Bisnis tersebut bisa dijalankan dalam skala besar ataupun kecil. Namun sebaiknya Anda memulai dengan skala kecil terlebih dahulu. Usaha sembako ini bisa dibilang sebagai bisnis yang tidak ada matinya.

Wajar saja demikian, karena sembako adalah kebutuhan sehari-hari semua orang. Oleh karena itu, peluang usaha tersebut lebih besar dari pada usaha yang lain. Untuk kemajuan toko tersebut, Anda harus menggunakan tips dan trik khusus. Penasaran dengan tips buka toko sembako? Yuk, simak beberapa ulasan di bawah ini.

  1. Rencanakan Usaha Dengan Matang
    Apapun bisnis yang akan Anda lakukan pastikan bisnis tersebut sudah direncanakan terlebih dahulu. Sama halnya dengan membuka toko sembako ini, Anda juga harus merencanakan segala sesuatunya seperti modal, riset pasar, produk apa saja yang akan dijual, risiko, keuntungan hingga pengembangan usaha.
    Tanpa adanya perencanaan dengan baik, usaha yang akan dijalankan pun tidak akan berjalan, sehingga sebelum memulai usaha rencanakan terlebih dahulu baru kemudian jalankan secara perlahan.
  2. Lakukan Riset Pasar
    Melakukan tahapan ini sangat penting untuk kelangsungan usaha Anda. Dengan melakukan riset pasar, Anda bisa mengetahui peluang usaha sembako yang akan dibangun. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui apakah tingkat kesuksesan dari berbisnis sembako ini tinggi atau rendah.
    Dengan demikian, Anda bisa paham mengenai usaha yang akan dibangun, sehingga Anda bisa lebih teliti lagi. Nah, agar usaha yang akan dibangun berjalan dengan lancar, lakukanlah beberapa langkah riset pasar seperti. Perhatikan lokasi usaha, lihat tingkat persaingan, perhatikan perilaku konsumen.
  3. Perhitungkan Modal Dengan Benar
    komponen terpenting untuk membuka bisnis adalah modal. Tanpa modal, Anda tidak bisa membuat usaha apapun. Saat sudah mendapatkan modal, hal yang harus Anda lakukan adalah membelanjakan modal tersebut untuk membeli beberapa sembako yang sudah direncanakan.
    Gunakanlah modal tersebut secara bijak dan secukupnya saja. Selain itu, jangan selalu terpacu pada konsep yang dibuat saja. Namun, cobalah susun rencana sesuai dengan modal yang telah ada.
  4. Siapkan Tempat Usaha
    Selain modal, untuk membuka toko sembako tersebut Anda juga harus mempersiapkan tempat usaha. Sebisa mungkin pilih lokasi yang strategis dan dekat dengan keramaian dan kendaraan umum. Hal ini dikarenakan agar banyak orang yang lewat dan mampir untuk membeli sembako yang Anda jual.
    Bukan hanya itu, jika Anda berjualan di tempat umum dan banyak dilalui orang, peluang untuk dagangan tersebut laku sangat besar. Jika dibandingkan berjualan hanya di dalam desa atau di sekitar rumah saja, sehingga untuk memulai usaha ini Anda harus memilih lokasi yang paling tepat, seperti: dekat kawasan pemukiman, area pasar tradisional, dekat dengan pabrik atau perkantoran, daerah kos-kosan atau kontrakan, dekat jalan besar, dekat dengan beragam usaha makanan.
  5. Peralatan dan Perlengkapan Toko
    Tips buka toko sembako yang perlu dilakukan selanjutnya adalah dengan menata semua perlengkapannya, agar terlihat lebih rapi dan elegan. Hal ini ditujukan agar toko tersebut nyaman dilihat oleh para pelanggan. Nah, untuk kelengkapan yang harus disediakan, seperti:
    meja dan kursi untuk kasir, etalase, timbangan, rak, buku nota, kalkulator, keranjang belanja, rak telur, dan lain-lain.
  6. Perhatikan Tata Letak Barang dan Kebersihan
    Tata letak barang yang akan dijual harus rapi dan mudah dicari serta dikelompokkan dengan masing-masing produk. Seperti misalnya minuman dengan minuman, makanan dengan makanan dan lain-lain. Bukan hanya itu saja, selalu pastikan pula keadaan toko tersebut harus selalu rapi dan bersih.
    Jika toko tersebut sudah rapi dan bersih serta produk yang akan dijual tertata rapi. Toko Anda pun sudah bisa mulai dibuka. Sebelumnya, pastikan semuanya sudah lengkap mulai dari perlengkapan hingga produk yang akan dijual.
  7. Mencari Agen Terpercaya
    Nah, untuk kelangsungan perkembangan dan kemajuan toko yang telah dibangun tersebut, carilah agen terpercaya yang bisa Anda gunakan sebagai tempat membeli barang yang sudah habis. Selain itu, carilah agen yang memiliki kualitas bagus dengan harga yang termurah.
    Misalnya, Anda membeli beras di agen A harganya sekian. Kemudian Anda mencoba membeli di agen B harganya ternyata lebih murah dan kualitasnya sama. Pilihlah agen B untuk menjadi agen langganan Anda.

Sembako merupakan salah satu kebutuhan yang selalu dibutuhkan setiap hari oleh manusia, sehingga peluang untuk berbisnis sembako sangat besar. Untuk tips buka toko sembako sudah tertulis lengkap diatas. Dengan begitu, Anda bisa mencoba untuk mulai membangun usaha toko sembako menggunakan tips tersebut.

Jika Anda terarik membuka toko, Toko Modern Fastpay adalah solusi untuk Anda, memiliki toko lengkap dengan modal yang terbatas. Toko Modern Fastpay Anda bisa mendapatkan 8 layanan bisnis sekaligus, grosir sembako tanpa stok, penjualan barang, pembayaran tagihan online, pengiriman pandai, laku pandai bank.

Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Ingin Sukses Jadi Pengusaha Sembako? Cobalah Tips Buka Toko Sembako Ini

Tim SBF