Ingin minimarket Lebih Modern? Inilah 7 Tips Menata Minimarket yang Bisa Ditiru

Sebarkan artikel ini

Salah satu daya tarik minimarket adalah penataan produk. Penataan produk yang baik dapat memberikan kenyamanan kepada konsumen saat berbelanja di minimarket. Oleh karena itu, pemilik minimarket perlu membutuhkan pemahaman yang baik bagaimana cara menata minimarket yang baik.

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda dapat meniru tips menata minimarket berikut ini supaya terlihat lebih modern. Untuk lebih jelasnya, simak 7 tips berikut ini.

Gunakan Metode Penataan Produk atau Barang

Pada dasarnya, menata produk atau barang di minimarket menggunakan metode penataan barang. Metode penataan barang ini sangat berpengaruh terhadap kebersihan dan kerapihan minimarket.

Adapun metode penataan barang di minimarket yang dapat diterapkan adalah sebagai berikut.

Metode Last in First Out (LIFO)

Metode Last in First Out (LIFO) merupakan metode penataan barang dengan cara meletakkan barang yang masuk terakhir ke minimarket harus terjual terlebih dulu dibandingkan barang yang masuk pertama kali. Namun, metode ini cocok digunakan untuk produk fashion bukan makanan dan minuman.

Metode First in First Out (FIFO)

Metode First in First Out (FIFO) atau dapat juga diartikan masuk pertama kali, keluar juga pertama kali. Metode penataan barang ini menggunakan cara meletakkan barang yang pertama kali masuk ke minimarket di bagian rak paling depan. Tujuannya supaya barang yang masuk pertama kali terjual lebih dulu.

Metode ini cocok diterapkan untuk minimarket yang menjual barang apapun kecuali produk fashion. Namun, jika minimarket Anda menjual produk makanan dan minuman, Anda perlu memperhatikan tanggal kadaluarsanya.

Metode First Expired First Out (FEFO)

Metode First Expired First Out (FEFO) merupakan metode penataan barang dengan memprioritaskan barang atau produk yang memiliki tanggal kadaluarsa lebih pendek. Artinya barang atau produk yang memiliki tanggal kadaluarsa lebih pendek diletakkan di rak bagian depan. Sementara barang dengan tanggal kadaluarsa lebih lama diletakkan di rak bagian belakang.

Metode Gabungan Penataan Barang

Sesuai dengan namanya metode gabungan penataan barang merupakan metode penataan barang dengan cara menggabungkan beberapa metode. Bisa jadi menggabungkan 3 metode, yaitu LIFO, FIFO dan FEFO.

Pastikan Minimarket Anda Selalu Bersih dan Wangi

Bukan rahasia lagi, minimarket yang bersih dan wangi selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk kembali datang untuk berbelanja. Selain itu, kebersihan minimarket yang terjaga juga akan menambah kepercayaan konsumen terhadap pelayanan minimarket Anda.

Perlu diperhatikan, kebersihan yang dimaksud adalah kebersihan seluruh minimarket, seperti: kebersihan rak, etalase, barang dagangan bahkan hingga lantai minimarket. Jangan lupa untuk menjaga ruangan minimarket selalu wangi.

Buat Layout Minimarket Supaya Terlihat Luas

Salah satu cara menata minimarket supaya konsumen nyaman berbelanja adalah menata ruangan supaya terlihat luas. Adapun tips menata minimarket supaya terlihat luas adalah sebagai berikut.

Hindari menggunakan sekat-sekat ruangan supaya ruangan terlihat luas dan lega.

Pilih rak terbuka untuk meletakkan barang dagangan. Kemudian susun barang dagangan dengan rapi baik secara vertikal maupun horizontal. Tujuan menggunakan rak terbuka supaya konsumen dapat melihat display barang dagangan di minimarket Anda.

Hindari menata rak seperti labirin. Hal tersebut karena dapat membuat konsumen menjadi tidak nyaman saat berbelanja.

Tata Barang Dagangan Sesuai dengan Jenisnya

Salah satu tips menata minimarket yang utama adalah menata barang dagangan sesuai dengan jenisnya. Caranya dengan mengelompokkan barang dagangan supaya konsumen mudah menemukan barang yang dibutuhkan.

Misalnya, letakkan produk atau barang-barang kebutuhan sehari-hari di rak paling depan, seperti: minuman ringan, snack, kebutuhan dapur. Anda juga dapat meletakkan rak di dekat meja kasir untuk meletakkan snack yang menarik perhatian konsumen.

Pastikan Pilihan Warna Cat Dinding Minimarket Tepat

Selain penataan barang dagangan, pilihan cat dinding minimarket yang tepat juga mempengaruhi minat konsumen untuk berbelanja. Warna cat dinding minimarket yang menarik akan membuat konsumen betah berlama-lama berbelanja di minimarket Anda.

Pastikan Anda memilih warna cat dinding yang tepat dan kombinasikan dengan warna produk barang dagangan Anda. Adapun warna cat dinding yang cocok digunakan untuk minimarket adalah warna terang, seperti putih, kuning, biru laut dan hijau.

Gunakan Pencahayaan yang Baik

Salah satu daya tarik minimarket adalah pencahayaan yang baik. Pastinya jika Anda menggunakan pencahayaan yang kurang terang, konsumen akan malas berkunjung ke minimarket Anda. Pastikan Anda menggunakan pencahayaan yang pas, artinya tidak terlalu terang hingga membuat konsumen silau dan tidak remang-remang.

Gunakan Teknologi Modern

Supaya minimarket Anda kekinian, Anda dapat menggunakan teknologi modern, seperti: penggunaan mesin kasir digital, CCTV dan TV. Perlu Anda ketahui, penggunaan mesin kasir digital dapat memberikan kesan bahwa minimarket Anda dibekali dengan mesin hitung berteknologi canggih.

Hal tersebut dapat menambah kepercayaan konsumen, kemungkinan besar minimarket Anda tidak salah hitung. Selain itu, pemasangan CCTV dapat membantu Anda untuk menghindari kecurangan konsumen di minimarket Anda.

Nah, tersebut adalah 7 tips menata minimarket yang bisa Anda terapkan. Selain 7 tips tersebut, pastikan Anda memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen supaya konsumen kembali datang berkunjung dan berbelanja ke minimarket Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan sukses selalu.


jangan lupa follow media sosial untuk mendapatkan tips lainnya di :
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Ingin minimarket Lebih Modern? Inilah 7 Tips Menata Minimarket yang Bisa Ditiru

Tim SBF