Ingin Bisnis Lancar Jaya di Tengah Pandemi Covid? Lakukan Tips Ini!

Sebarkan artikel ini

Virus Corona yang mewabah di berbagai negara nyatanya berimbas pada sektor perekonomian termasuk dalam hal berbisnis. Di antara berbagai bisnis, yang paling terkena imbasnya adalah ritel dan servis. Apalagi sejak ada himbauan untuk tetap di rumah saja dan keluar bila perlu. Beberapa pengusaha banyak yang gulung tikar.

Kini, saatnya Anda bangkit dan memutar haluan untuk menjalankan sebuah bisnis yang berpeluang besar saat adanya pandemi Covid ini. Bisnis tersebut diantaranya yaitu bisnis masker, cemilan, kuota internet dan lain-lain. Untuk mempertahankannya, tentu saja terdapat beberapa tips agar usaha bertahan di masa krisis yang bisa Anda lakukan.

Dengan melakukan beberapa tips tersebut tentunya bisnis Anda akan terus berjalan dan kemungkinan untuk gulung tikar sangat sedikit. Nah, bagi Anda yang penasaran mengenai hal ini, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.


Macam-Macam Bisnis di Tengah Covid

Terdapat banyak sekali jenis bisnis yang bisa Anda lakukan. Namun, saat ini sebagian bisnis tidak bisa Anda jalankan karena adanya pandemi Covid. Tapi Anda jangan khawatir, sebab terdapat beberapa usaha yang berpeluang besar saat pandemi Covid ini lho, seperti:

  1. Frozen food
  2. Disinfektan
  3. Masker
  4. Cemilan
  5. Hand sanitizer
  6. Kuota internet.

Tips Agar Usaha Bertahan di Masa Krisis

Bagi Anda para pebisnis yang ingin usahanya tetap bertahan meski dalam masa krisis lakukanlah beberapa tips dengan benar. Dengan demikian, usaha Anda akan tetap berjalan meski wabah sedang melanda. Nah, berikut beberapa tips agar usaha bertahan di masa krisis yang harus Anda lakukan:

  • Sarankan Pelanggan untuk Menggunakan Mobile Payment

WHO mengatakan bahwa terdapat kemungkinan infeksi mematikan dari virus Corona ini bisa saja berasal dari uang tunai. Pasalnya, uang tunai sering berpindah tangan dan kemungkinan bisa menjadi sarang bakteri. Oleh karena itu, WHO menyarankan kepada masyarakat untuk melakukan transaksi non tunai.

Namun, bukan berarti saat ini tidak boleh menggunakan uang tunai sama sekali. Anda masih bisa melakukan transaksi secara tunai tapi harus tetap berhati-hati. Alangkah baiknya Anda menyarankan kepada para konsumen agar menggunakan mobile payment untuk sementara.

  • Fokus Pada Online Food Delivery

Seperti yang telah diketahui bahwa anjuran pemerintah untuk tetap di rumah saja harus ditaati oleh semua masyarakat. Hal ini terbukti ampuh untuk memutus rantai penyebaran Covid. Bagi Anda yang memiliki bisnis offline, akan berkemungkinan sepi sebab sebagian masyarakat lebih memilih di rumah saja.

Nah, agar bisnis tetap bertahan, lebih baik Anda berfokus pada online food delivery. Apabila Anda tidak memiliki jasa delivery, daftarakan saja kedai atau restoran Anda di GoFood atau GrabFood.

  • Analisis Strategi Bisnis

Selagi ada anjuran tetap di rumah, pasti Anda memiliki lebih banyak waktu daripada biasanya. Saat ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk menganalisis strategi bisnis yang sudah dijalani. Dengan menganalisa strategi bisnis, Anda dapat mengetahui mana yang harus diperbaiki dan mana yang harus diteruskan.

  • Tunjukan Komitmen Anda Pada Pelanggan

Saat wabah corona menyebar di Indonesia dan bisnis berada dalam posisi sulit, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Yakinkanlah para konsumen bahwa bisnis Anda akan tetap memenuhi kebutuhannya dalam kondisi apapun.

Caranya sangatlah mudah yaitu dengan menggunakan jasa GoFood atau GrabFood. Dengan demikian, para pelanggan akan tahu bahwa Anda senantiasa memenuhi kebutuhannya setiap harinya.

  • Perdalam Ilmu Bisnis

Terdapat banyak sekali sumber yang menyediakan berbagai materi dan ilmu mengenai perbisnisan. Tentunya ada yang gratis dan juga ada yang berbayar. Anda dapat memilih salah satu diantara keduanya. Nah, bagi Anda para pebisnis yang ingin tetap bertahan meski sedang ada pandemi Covid, manfaatkanlah waktu dengan sebaik mungkin.

Salah satu cara efektif untuk memanfaatkan waktu yaitu dengan menimba ilmu tentang perbisnisan. Dengan demikian, waktu Anda ketika di rumah tidak akan sia-sia. Anda dapat mencari ilmu di internet seperti media sosial, e-book dan lain-lain.

  • Tetap Transparan Dalam Berbisnis

Nah, tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan bisnis di masa krisis ini yaitu dengan cara tetap transparan dalam berbisnis. Sebagai contoh, Anda adalah seorang pebisnis ritel yang menjual berbagai jenis hijab masa kini. Berdasarkan data internal, hijab merupakan salah satu produk yang paling banyak diburu.

Nyatanya wabah Covid ini membuat keterlambatan pengiriman. Yang seharusnya 3 hari kerja, kini bisa sampai 4 hari. Agar pelanggan tidak komplain dan banyak bertanya, Anda bisa memberi info dengan jujur mengenai keterlambatan tersebut. Anda juga bisa memberikan penjelasan kapan barang akan sampai.

Fastpay menawarkan solusi untu mewujudkan keinginan Anda untuk menadi pengusaha mandiri yang sukses. Kenapa Fastpay? Karena Fastpay lengkap banget layanannya, modalnya pun minim, dan pastinya untungnya maksimal. Layanan yang ditawarkan oleh Fastpay untuk memenuhi kebutuhan pembayaran masyarakat saat ini. Dijamin deh, pelanggan yang datang akan semakin bertambah banyak!

Terus ikuti informasi terupdate di Social Media Toko Modern Fastpay:
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official

banner Ingin Bisnis Lancar Jaya di Tengah Pandemi Covid? Lakukan Tips Ini!

Tim SBF