Indonesia Punya 5 Bandara Terluas, Dimana Sajakah itu?

Sebarkan artikel ini

Bandara jadi salah satu infrastruktur penting untuk mobilitas masyarakat di suatu negara. Indonesia sebagai negara kepulauan jelas butuh bandara untuk mendukung akses transportasi. Berikut pembahasan menarik seputar bandara di Indonesia. Simak hingga akhir ya!

Pentingnya Ukuran Sebuah Bandara

week-1-artikel-10-pic-1 Indonesia Punya 5 Bandara Terluas, Dimana Sajakah itu?

Bagi sebuah bandara, luas area tentu punya peranan yang penting dan signifikan untuk mendukung mobilitas semua yang ada di bandara. Ukuran  dapat menggambarkan kapasitas tampung dan layanan untuk kelancaran lalu lintas pesawat dan mengakomodir mobilitas penumpang.

Besarnya kapasitas tampung akan dapat menangani lebih banyak penerbangan dan penumpang yang pada akhirnya akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah tersebut. Kemampuan bandara untuk menampung pesawat dengan ukuran yang beragam juga memungkinkan maskapai penerbangan untuk memperluas jaringan rute mereka, yang dapat menguntungkan pelanggan dengan lebih banyak pilihan penerbangan.

Selain itu, ukuran lahan yang lebih besar juga berperan sebagai penghubung utama dalam sistem transportasi udara. Tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruhnya bisa sampai memudahkan hubungan berbagai kota dan negara dengan lebih efektif dan efisien. Akses transportasi jadi hemat waktu dan biaya. Ini adalah elemen kunci dalam konektivitas global yang dimana akan penting dalam perdagangan internasional dan pertukaran budaya.

Jadi ada banyak aspek yang akan terdampak dari luasnya bandara yang ada di suatu daerah yakni aspek mobilitas layanan, ekonomi, budaya, hingga konektivitas antar daerah dan negara.

Fasilitas dan Layanan yang Harus Ada di Bandara

week-1-artikel-10-pic-2 Indonesia Punya 5 Bandara Terluas, Dimana Sajakah itu?

Fasilitas dan layanan yang ada di bandara adalah komponen kunci dalam memberikan pengalaman yang nyaman dan aman bagi penumpang. Sebagai titik awal dan akhir perjalanan udara, bandara harus menyediakan fasilitas dasar seperti terminal yang luas dengan area tunggu yang nyaman dan bersih.

Penumpang juga mengharapkan adanya fasilitas toilet yang baik, termasuk toilet disabilitas, serta akses mudah ke air minum dan tempat makan. Selain itu, bandara yang baik harus memiliki sistem informasi yang efisien, seperti layar informasi penerbangan yang terkini, serta petunjuk dan peta yang jelas untuk membantu penumpang menavigasi terminal.

Selain fasilitas dasar, harus pula tersedia beragam layanan tambahan untuk menunjang kenyamanan dan keamanan penumpang. Ini termasuk layanan keamanan yang kuat untuk melindungi penumpang dan personel, serta pemeriksaan imigrasi dan bea cukai yang efisien bagi penumpang internasional.

Kayanan medis darurat pun harus jadi layanan yang harus tersedia. Saat ini sudah ada beberapa bandara besar bahkan memiliki rumah sakit mini di dalamnya. Kemudian untuk akses layanan antar jemput seperti taksi, bus, dan kereta api menuju dan dari bandara juga penting untuk meningkatkan kenyamanan penumpang.

Baca juga : Daftar Kode Bandara di Indonesia

5 Bandara Terluas di Indonesia

1. Bandara Internasional Soekarno Hatta di Benda, Kota Tangerang dan Kosambi, Kabupaten Tangerang provinsi Banten dengan lahan seluas 2.555 Ha

2. Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat dengan lahan seluas 1.800 Ha

3. Bandara Internasional Hang Nadim di Batam provinsi Kepulauan Riau dengan lahan seluas 1.762 Ha

4. Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang provinsi Sumatera Utara dengan lahan 1.650 Ha

5. Yogyakarta Internasional Airport di Kulonprogo provinsi D.I. Yogyakarta dengan luas 587 Ha

Layani Pembelian Tiket Pesawat di Loket Fastpay

Fastpay mengakomodir layanan untuk pembelian tiket perjalanan menggunakan transportasi umum, termasuk pesawat. Anda tinggal buka aplikasi Fastpay dan pilih kota asal, kota tujuan, serta tanggal keberangkatan. Selanjutnya pilih maskapai yang sesuai dengan keinginan Anda dan tiket pun telah aman di tangan Anda.

Unduh aplikasinya di Google Play Store untuk bisa akses semua layanan Fastpay. Anda juga bisa gabung jadi agen Fastpay dan mulai layani semua orang di sekitar Anda untuk bayar tagihan dan produk digital.

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

 

Nita Novita Sari